Panduan Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Normal & Terhindar Dari Diabetes

Home ┬╗ Panduan Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Normal & Terhindar Dari Diabetes

Menjaga kadar gula darah tetap normal pada dasarnya merupakan hal yang penting dilakukan agar Anda bisa terhindar dari penyakit diabetes melitus. Tentunya sudah tidak asing dengan istilah yang satu ini bukan, jenis penyakit yang dapat menyerang siapa saja ditandai dengan kadar gula darah tinggi.

Sebenarnya berapakah kisaran kadar gula darah yang dikatakan normal itu? Setidaknya dalam keadaan sebelum makan atau setelah puasa gula darah berkisar antara 70 hingga 100 mg/dL dan sebelum tidur atau 2 jam setelah makan adalah sebesar 140 mg/dL.

Penting untuk melakukan pengecekan kadar gula darah secara rutin agar Anda bisa mengetahui jika seandainya terdiagnosis diabetes melitus, paling tidak ini adalah upaya yang dilakukan untuk screening awal.

Mengingat penyakit yang satu ini sering kali tidak disadari dan termasuk momok yang mematikan atau menakutkan, karena ia dapat menjadi pemicu berbagai macam kondisi kesehatan berbahaya lain, seperti penyakit gagal ginjal, katarak sampai dengan gangguan jantung juga dapat dipicu oleh diabetes.

Lalu adakah cara yang bisa dilakukan untuk bisa terbebas dari penyakit tersebut? tentunya ada, yaitu dengan senantiasa menjaga kadar gula darah tetap normal

Cara Menjaga Gula Darah Tetap Normal

1. Rutin olahraga

Aktivitas fisik seperti olahraga penting dilakukan jika Anda ingin tetap sehat dan terhindar dari diabetes melitus. Karena berolahraga membantu untuk menjaga agar kadar gula darah tetap normal. Anda sendiri pastinya juga sudah tahu bahwa obesitas atau berat badan berlebih meningkatkan resiko bagi seseorang untuk terserang diabetes melitus, sehingga harus waspada.

2. Mengelola asupan karbohidrat

Ingat bahwa glukosa tidak hanya ada pada gula pasir, melainkan juga semua makanan yang mengandung karbohidrat memiliki senyawa glukosa didalamnya. Batasi jumlah yang dikonsumsi atau bisa juga dengan cara mengganti jenis karbohidrat sederhana seperti yang biasa Anda konsumsi layaknya nasi putih menggunakan jenis karbohidrat kompleks misalnya adalah nasi merah atau nasi hitam.

3. Mengonsumsi makanan tinggi serat

Anda bisa menurunkan kadar gula darah secara alami diantaranya adalah dengan meningkatkan asupan serat, yaitu dari makanan seperti sayur dan buah-buahan, namun juga harus hati-hati karena beberapa jenis buah pada dasarnya tinggi akan kandungan gula.

4. Kelola stres dengan tepat

Management stres adalah hal penting yang harus dilakukan jika tidak ingin mudah sakit. Karena memang pada dasarnya banyak penyakit yang menjangkiti berasal dari pikiran. Termasuk diantaranya adalah tingkat stres ini juga bisa meningkatkan kadar gula darah menjadi semakin tinggi. Anda bisa meditasi, kemudian juga jalan-jalan atau melakukan hal-hal yang disukai agar tidak stres.

5. Menjaga berat badan ideal

Anda juga bisa menghindari diabetes dengan cara menjaga berat badan agar tetap ideal, karena faktanya berat badan berlebih atau obesitas juga punya resiko yang tinggi untuk menyebabkan penyakit diabetes melitus.

6. Tidur berkualitas

Pastikan memiliki waktu tidur yang pas serta berkualitas, karena akan sangat membantu dalam menjaga gula darah, sekaligus juga dapat meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh sehingga tidak mudah stres.

Selain upaya untuk menjaga kadar gula darah  tetap normal, penting sekali untuk Anda menyiapkan proteksi terbaik ketika sakit, sehingga tak perlu bingung dengan mahalnya biaya pengobatan, seperti dengan mengandalkan produk asuransi dari Allianz, tersedia jenis asuransi penyakit kritis juga yang dapat memproteksi

Leave a Comment