Cara Mudah dan Praktis Memasang Sendiri Kamera Pengintai di Rumah

Kamera pengintai atau CCTV, saat ini sudah semakin banyak digunakan baik di rumah, kantor, toko ataupun public area. Hal ini dikarenakan CCTV memberikan keamanan lebih, terutama bagi sebuah usaha. Baik dari kecurangan orang dalam ataupun tindakan orang jahat.

Sayangnya, harga perangkat CCTV sendiri sudah cukup mahal. Apalagi jika Anda menggunakan CCTV berkualitas dengan banyak fitur pendukung. Terlebih jika ditambah dengan ongkos teknisi untuk pemasangannya. Sebagai alternatif menekan anggaran, kami hadirkan langkah mudah untuk pemasangan sendiri perangkat CCTV.

Tips Memasang Sendiri Kamera Pengintai Tanpa Bantuan Teknisi

Sebelum membahas mengenai pemasangan kamera pengintai tanpa bantuan teknisi, sebaiknya Anda juga melakukan perencanaan yang matang dalam menentukan titik pemasangan. Hal ini akan mempengaruhi luasnya jangkauan kamera untuk memantau dan panjang kabel jika Anda menggunakan CCTV analog, bukan kamera pengintai wireless.

Selain menentukan titik yang paling strategis untuk pemasangan kamera, Anda juga harus sudah memikirkan jenis CCTV yang akan dipakai, sesuai penempatannya. Dengan begitu, selain lebih awet juga bisa berfungsi lebih optimal. Apabila semua persiapan di atas sudah dilakukan, kini saatnya Anda mengikuti langkah-langkah berikut untuk cara memasang sendiri CCTV.

Pemasangan Kamera Pengintai atau CCTV Analog

Seperti yang Anda ketahui, ada dua jenis CCTV yang populer digunakan, yakni yang memakai kabel dan juga wireless atau tanpa kabel. Kali ini, kita akan mengikuti langkah-langkah pemasangan CCTV analog yang masih menggunakan kabel dan DVR terlebih dahulu. Adapun langkah-langkahnya, yaitu:

  • Apabila Anda menjadikan kayu sebagai media penopang CCTV, maka harus mengebor permukaannya terlebih dahulu di cetakan sekrup. Selanjutnya kendurkan tiga sekrup kamera pengintai yang ada di bagian dasar dan arahkan ke permukaan kayu
  • Jika kamera sudah Anda pastikan terpasang dengan kuat, langkah berikutnya ialah memasukkan kabel ke dalam soket yang tersedia
  • Sambungkan kabel power DC kamera dengan output video dengan benar sesuai alurnya
  • Selanjutnya, setiap ujung kabel sambungan bisa Anda hubungkan ke input DVR,.serta pastikan bahwa setiap ujung kabel telah terkunci dengan sempurna
  • Terakhir, buat sambungan antara power adaptor dengan stop kontak yang ada. Apabila kamera yang Anda gunakan cukup banyak, sebaiknya gunakan kabel power splitter. Jika tidak ada, bisa di skip dan sambungan akan tetap aman

Cukup mudah bukan untuk dipraktikkan? Hal penting lain yang harus Anda perhatikan saat memasang sendiri CCTV adalah, mengelola jalur kabel agar rapi dan tidak membahayakan. Selain itu, DVR sebagai hard disk yang menyimpan seluruh rekaman CCTV, sebaiknya diletakkan dalam kompartemen yang terkunci.

Dengan demikian sistem keamanan akan lebih terjamin. Hal ini memperkecil risiko adanya orang jahat yang ingin menghilangkan bukti rekaman.

Pemasangan Kamera Pengintai wireless atau Nirkabel

Jika tadi kita telah membahas langkah pemasangan CCTV dengan kabel, kini beralih ke kamera pengintai wireless. Pemasangannya jauh lebih sederhana, karena Anda tidak perlu mengelola kabel yang cukup panjang dari tiap kamera ke DVR.

Jenis CCTV yang satu ini, menggunakan transmisi khusus yakni jaringan internet untuk bisa sharing hasil rekaman ke receiver. Di mana media visualisasinya bisa di komputer, laptop, atau bahkan smartphone.

cctv untuk rumah
Foto oleh Scott Webb: https://www.pexels.com/id-id/foto/dua-kamera-keamanan-peluru-abu-abu-430208/

Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk bisa memasang kamera pengintai nirkabel sendiri.

  • Pertama, hidupkan IP kamera pada device agar Anda bisa memperoleh visualisasi kamera
  • Kedua, sambungkan atau konfigurasikan antara IP kamera dengan IP receiver, kita ambil contoh komputer. Anda bisa melakukan pengaturan IP pada komputer di menu control panel tepatnya di
  • IP configuration
  • Install perangkat lunak IP installer yang sudah Anda dapatkan beserta rangkaian kamera pengintai wireles
  • Buka browser di komputer untuk kemudian masuk ke situs resmi dari IP kamera pengintai yang Anda beli. Ketik IP pada browser, maka visualisasinya akan otomatis muncul di komputer Anda. Ini bertujuan sebagai uji coba pemasangan cctv
  • Apabila langkah uji coba belum berhasil, Anda bisa mengulang dari langkah pertama. Bisa jadi ada langkah kecil yang terlewatkan

Apabila Anda berhasil memasang CCTV wireless sendiri, jangan lupa juga untuk mengingat kata kunci untuk login ke situs resmi IP kamera tersebut. Jangan memberitahukan kata kunci tersebut pada siapapun.

Solusi Kamera Pengintai Terbaik dan Berkualitas

Nah, setelah memahami langkah-langkah memasang CCTV sendiri tanpa teknisi, kini saatnya Anda mencari CCTV yang terbaik dan berkualitas. Adapun CCTV yang sudah terbukti kualitasnya ialah Hikvision. Sebuah inovasi produk keamanan yang sudah terkenal di dunia, dan menghadirkan teknologi AcuSense sebagai penyempurna performanya.

Apa keunggulan Hikvision AcuSense? Hikvision dengan teknologi AcuSense, merupakan sistem keamanan yang mudah untuk digunakan, cerdas, dan mempunyai sentuhan intelijen.
Secara spesifik, Hikvision AcuSense memberikan berbagai kelebihan sebagai berikut:

1. Lebih cepat

Dalam memberikan alarm peringatan ke receiver ketika terdapat ancaman penyusupan, diberikan secara real time, sehingga kemungkinan terburuk bisa lebih cepat dicegah.

2. Lebih Akurat

Tingkat akurasinya lebih tinggi dibandingkan alarm konvensional yang kerap memberi alarm palsu. Teknologi Hikvision AcuSense mampu membedakan gerakan kendaraan, manusia, atau sekadar binatang kecil, bahkan benda jatuh. Sehingga tidak perlu melihat alarm notifikasi palsu yang disebabkan oleh binatang, angin, dll.

3. Lebih Efisien

Kelebihan selanjutnya yaitu, lebih efisien dalam mencari hasil rekaman. Hal ini dikarenakan Hikvision AcuSense menerapkan pelabelan pada manusia juga kendaraan. Dengan begitu akan sulit melakukan sabotase video secara manual dan lebih mudah menemukan bagian rekaman yang dibutuhkan.

4. Mudah Diakses dan Digunakan

Kamera AcuSense dari Hikvision juga mudah digunakan serta diakses. Dengan teknologi ini, terdapat AI yang memudahkan semua orang mengaksesnya, proses konfigurasinya pun cukup mudah dan sederhana.

Dengan berbagai keunggulan atau kelebihan di atas, tidak ada alasan lagi untuk mencari CCTV yang lain. Gunakan kamera pengintai AcuSense dari Hikvision, untuk sistem keamanan yang optimal dan juga cerdas.

Tinggalkan komentar