Menikmati Kemudahan Sistem Monitoring Melalui Laptop dan Ponsel

By | Januari 13, 2022
sistem monitoring melalui laptop dan ponsel

Teknologi kini berkembang semakin canggih. Era digital ini membuat kita semakin mudah melakukan berbagai hal. Termasuk salah satunya adalah mudah memantau kondisi rumah maupun lokasi bisnis saat ditinggal bepergian. Kini sistem monitoring CCTV berjalan semakin mudah dan praktis berkat adanya teknologi yang memungkinkan sistem monitoring melalui laptop dan ponsel.

Mobilitas yang semakin tinggi menuntut kamu untuk memanfaatkan teknologi saat ini agar bisa terus mengontrol kondisi rumah atau lokasi bisnis. Pemantauan rekaman CCTV kini bisa lebih mudah dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Perangkat keamanan CCTV kini dapat dihubungkan dengan laptop atau perangkat mobile yang kamu gunakan.

Cara Menghubungkan CCTV ke Laptop

Jaringan internet tidak hanya memberikan kemudahan akses informasi dan media sosial. Jaringan ini juga bisa mempermudah kamu terhubung dengan perangkat CCTV dari mana saja lewat perangkat apapun seperti laptop. Kali ini akan dibahas bagaimana cara menghubungkan CCTV ke perangkat laptop agar sistem monitoring bisa berjalan lebih fleksibel dan praktis.

Perlu diketahui bahwa petunjuk cara ini sebenarnya bisa juga diterapkan pada komputer, tablet, maupun perangkat HP Android dan iOS. Namun agar lebih mudah dipahami maka ambil satu contoh perangkat saja dalam pembahasan kali ini yaitu perangkat laptop. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghubungkan CCTV dengan laptop agar bisa dilakukan monitoring kapan saja:

Unduh Aplikasi Monitoring

Untuk mendapatkan sistem monitoring yang fleksibel, silakan unduh dulu aplikasi monitoring CCTV. Aplikasi yang dibutuhkan adalah CMS (Camera Management System) atau VMS (Video Management System). Bisa juga dengan mengunduh aplikasinya langsung di website dari produk CCTV yang digunakan karena umumnya sudah tersedia.

Periksa IP dan Koneksi DVR atau NVR

Selanjutnya silahkan periksa IP address pada DVR atau NVR yang ingin dilihat melalui laptop atau perangkat lainnya. Kamu wajib memberikan IP address ini agar perangkat keamanan CCTv bisa terhubung dengan perangkat laptop.

Pilih IP Static

Selanjutnya kamu bisa memberi IP static pada DVR atau NVR. Tujuan pemilihan IP static ini adalah untuk membuat DVR atau NVR lebih mudah dikelola. Apabila di server jaringan ada DHCP maka bisa digunakan range IP yang tidak dimasukkan di DHCP server. Ini dilakukan dengan tujuan agar tidak terjadi bentrok perangkat pada laptop.

Cek Koneksi DVR CCTV

Sampai langkah ini sebenarnya kamu sudah berhasil menghubungkan sistem monitoring CCTV di perangkat laptop. Untuk memastikannya kamu bisa cek dulu koneksi DVR atau NVR CCTV. Caranya mudah yakni dengan ketikkan perintah “ping” di perangkat laptop diikuti dengan IP DVR atau NVR yang digunakan. Jika statusnya reply maka bisa dikatakan bahwa laptop dan DVR atau NVR sudah terhubung dan dalam jangkauan.

Lakukan Pengaturan pada Laptop

Langkah selanjutnya silakan lakukan pengaturan di perangkat laptop yang akan menjalankan sistem monitoring CCTV. Segera periksa port yang digunakan sebagai jalan masuk untuk mengakses CCTV nantinya. Port ini bisa dilihat dengan cara login ke DVR atau NVR lewat web browser yang ada lalu masuk saja ke menu network dan pilih opsi port.

Setting Laptop atau Perangkat

Jika CMS sudah di-install, maka kamu bisa langsung buka aplikasi monitoring sesuai merk DVR atau NVR yang digunakan. Tambahkan DVR atau NVR tadi dengan cara buka menu Tool lalu klik device management, pilih server, klik encoding device, lalu add device. Kemudian akan muncul kolom address dan port tinggal diisi saja dengan IP DVR atau NVR dan port yang dipakai. Jangan lupa isikan juga username serta password untuk mendapat akses masuk ke sistem monitoring.

Kamu akan menemukan tampilan menu main view. Di sana kamu bisa menemukan nama grup dari perangkat monitoring yang sudah dibuat. Langsung saja drag dan drop ke window sebelah kanan agar kamu bisa melihat live stream CCTV dari DVR atau NVR. Kini kamu bisa lebih leluasa mengawasi kondisi rumah atau tempat bisnismu. Tampilan CCTV bisa langsung terlihat di laptop maupun ponsel dan perangkat lainnya.

Aman dengan CCTV Hikvision HikCentral Enterprise

Pilihan perangkat keamanan yang tepat juga akan membuat sistem pengawasan berjalan lebih optimal. Gunakan perangkat CCTV dari Hikvision HikCentral Enterprise untuk memberikan sistem keamanan terbaik sesuai kebutuhanmu. Berikut ini deretan keunggulan yang ditawarkan oleh produk HikCentral Enterprise:

Lebih dari Pengaman

HikCentral Enterprise tidak hanya hadir sebagai perangkat sistem keamanan semata. Lebih dari itu, sistem monitoring yang ada pada produk ini bekerja lebih efisien membantu peningkatan dalam berbagai aspek sesuai dengan kebutuhan pemakaian.

cctv

Fitur Keamanan Commercial

Pada pemakaian komersial, HikCentral Enterprise menghadirkan solusi komprehensif end to end. Artinya hadir sistem keamanan terintegrasi dari pintu masuk sampai pintu keluar. Sistem ini juga menghadirkan fitur human access management meliputi pengunjung dan karyawan.

Fitur Keamanan Retail

Sistem monitoring HikCentral Enterprise diketahui dapat membantu meningkatkan efisiensi strategi di bidang industri retail. Teknologi yang diusung oleh perangkat CCTV ini akan menghadirkan strategi proactive marketing. Dihadirkan sistem analisis konsumen yang efektif untuk meningkatkan angka penjualan.

Fitur Keamanan Industri

Sistem CCTV dari HikCentral Enterprise terintegrasi dengan berbagai fitur canggih demi mengoptimalkan pengawasan di fasilitas industri. Tidak hanya bekerja melakukan pengawasan lingkungan, sistem CCTV ini juga bisa membantu meningkatkan efisiensi produk serta kontrol kualitas produk.

Fitur Keamanan Pendidikan

HikCentral Enterprise juga dapat dimanfaatkan di bidang pendidikan. Fasilitas ini bisa dipasang di lingkungan sekolah dan menjalankan fungsi yang optimal. Perangkat CCTV ini dapat menjalankan beberapa fungsi seperti pengenalan wajah di dalam kelas sekaligus kontrol keamanan di lingkungan sekolah.

Penutup

Sistem monitoring yang fleksibel menggunakan laptop akan mempermudah proses pengawasan keamanan. Kamu bisa dengan mudah mengawasi kondisi keamanan lingkungan dari mana saja dan kapan saja. Pastikan kamu menggunakan perangkat Hikvision HikCentral Enterprise yang terbukti berkualitas dengan penawaran fitur yang lengkap.

 

Author: Anis Khoir

Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagi melalui blog ini. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi email : bunhaz@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.