Hal yang Harus Diperhatikan sebelum Memasang CCTV Wireless

By | April 21, 2022
cctv wireless

CCTV wireless merupakan satu salah satu jenis kamera pengintai bebas dan modern ini lebih banyak digunakan. Hadir tanpa kabel membuat pemasangan CCTV tidak membutuhkan waktu lama dan ruang terlalu luas.
Kamera tidak perlu lagi menggunakan kabel data layaknya CCTV dengan kabel. Manfaatnya pun sama yaitu untuk merekam situasi di area tertentu demi menjaga keamanan. Berbeda dengan CCTV kabel, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memasang CCTV tanpa kabel ini.

5 Hal dalam Pemasangan CCTV Wireless yang Wajib Diperhatikan

Tidak lagi mengandalkan kabel, ada banyak sekali keuntungan yang ditawarkan CCTV ini. Pertama adalah pemasangan yang jauh lebih praktis sehingga cepat. CCTV juga lebih mudah dioperasikan karena selama berada dalam jangkauan wifi, rekaman dapat dilihat langsung dari perangkat smartphone atau tablet.

Kelebihan selanjutnya adalah tersedia fitur lanjutan dengan kombinasi teknologi tertentu. Misalnya saja CCTV wireless yang sudah dilengkapi dengan sensor malam sehingga tangkapan gambar lebih jernih. Ada juga kamera dengan resolusi terbaik yaitu hingga 4K.

Hanya saja dalam hal pemasangan Anda tidak bisa melakukannya sembarangan. Demi hasil rekaman bagus, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan berikut ini.

Hal yang Harus Diperhatikan sebelum Memasang CCTV Wireless

pict : pexels.com

1. Titik Pemasangan CCTV

Hal pertama yang bisa Anda perhatikan adalah lokasi pemasangannya. Apakah Anda ingin memasang di tempat indoor atau outdoor? Apakah lokasi pemasangannya ada di rumah, kantor, tempat parkir atau area lainnya?

Semua pertanyaan ini harus dijawab dengan benar sebelum Anda memasang CCTV karena akan mempengaruhi jenis produk apa yang digunakan. Antara CCTV indoor dan outdoor berbeda baik kualitas fitur dan juga harganya. Selama Anda sudah tahu lokasi pemasangan ini, maka membeli CCTV yang tepat jadi lebih mudah.

2. Cek Kualitas dan Format Rekaman

Sudahkah Anda mengetahui jenis-jenis kamera CCTV? Jenisnya bukan hanya CCTV wireless atau CCTV kabel. Namun kamera dan format rekaman bisa berbeda-beda. Nantinya kualitas dan format ini akan disesuaikan dengan kebutuhan dan lokasi pemasangannya.

Seperti misalnya Anda ingin menggunakan CCTV outdoor yang beroperasi 24 jam di area lobi kantor. Maka pilihlah kamera CCTV yang memiliki sensor malam dan bisa menghasilkan gambar rekaman berwarna serta bagus. Setidaknya kamera yang digunakan harus memberikan warna tajam sehingga detail rekaman dapat terlihat.

3. Membandingkan Harga dengan Fiturnya

Tidak ketinggalan juga soal harga yang perlu disesuaikan dengan fitur. Saat ini CCTV tanpa kabel memiliki fitur yang berbeda antar produsen. Harga mahal belum tentu fiturnya lengkap dan sesuai kebutuhan Anda.

Paling tidak ada beberapa fitur pokok seperti fungsi perekaman berjalan baik, tersedia operasional jarak jauh, dan jumlah pixelnya yang tinggi. Dengan begitu Anda bisa memperoleh CCTV dengan perekaman warna terbaik dan juga kapasitas penyimpanan cukup besar apabila digunakan 24 jam.

4. Pilih CCTV dengan Garansi

Selain soal kualitas rekaman, pilihlah CCTV wireless yang sudah dilengkapi dengan garansi. Tanpa garansi Anda tidak akan memperoleh jaminan ketika alat mengalami kerusakan padahal baru digunakan selama beberapa minggu saja.

Biasanya CCTV dengan garansi agak sedikit mahal namun Anda bisa merasa aman karena adanya jaminan tersebut. Sebaiknya ketika mengecek garansi ini, Anda bisa menyesuaikan harganya dengan kantong.

5. Apakah Sudah Lengkap dengan Pemasangannya?

CCTV wireless adalah jenis CCTV yang juga membutuhkan tenaga khusus dalam hal pemasangannya. Anda tidak bisa memasang sendiri untuk memperoleh sudut perekaman yang tepat.

Ketika memilih produk, cek juga apakah CCTV sudah lengkap dengan paket pemasangan CCTV. Dengan begitu Anda tidak perlu kesulitan untuk memasang CCTV tanpa kabel sendiri.

Pilihan CCTV Wireless Paling Tepat untuk Anda

Soal pilihan mana CCTV yang bagus, Anda bisa menggunakan ColorVu dari Hikvision. CCTV tanpa kabel yang disediakan sudah menggunakan teknologi ColorVu dimana warna hasil rekaman CCTV lebih baik bahkan dalam keadaan gelap seperti malam hari.

Hikvision memanfaatkan teknologi ColorVu yang membuatnya sebagai produsen CCTV terdepan. Hasil rekaman yang akan Anda peroleh selama 24 jam satu minggu adalah detail dan berwarna. Petugas keamanan pun bisa melindungi gedung atau area dengan lebih mudah khususnya malam hari.

Ada beberapa keuntungan yang akan Anda peroleh ketika menggunakan CCTV wireless dari Hikvision sebagai berikut ini.

1. Informasi Warna Sesungguhnya

Hasil warnanya dihasilkan dari perenderan yang akurat bahkan kinerjanya baik di area bercahaya rendah. Resolusi standar HDTV 1080p dianggap sudah cukup bagus, namun kerap kali kurang mencukupi untuk hasil rekaman CCTV saat malam hari. Mengatasi hal tersebut, Hikvision dengan teknologi ColorVu menghadirkan kamera CCTV yang menghasilkan resolusi 4K.

2. Detail Lebih Banyak

Hikvision ColorVu mampu memberikan informasi rekaman CCTV yang berwarna dan jauh lebih detail. Anda bisa menyaksikan rekaman yang lebih kaya warna dibandingkan pencitraan hitam dan putih pada cctv konvensional lainnya.

3. Pengalaman Visual yang Lebih Baik

Selain dua point di atas, kamera CCTV ini juga memberikan pengalaman visual yang lebih baik. Kecerahannya lebih seimbang dengan aperture super F1.0 serta sensor lanjutan yang memberikan jaminan perenderan lebih realistis. Kelebihan lain adalah sudah dikombinasikan juga dengan teknologi AcuSense. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk mencari rekaman secara efisien.

Selama menggunakan CCTV dari Hikvision ini Anda juga akan memperoleh peringatan visual serta pendengaran sehingga bisa mencegah penyusup. Melalui fitur Live Guard, staf keamanan bisa mengetahui siapa saja yang sedang menyusup.

Memasang CCTV wireless demi keamanan kini sudah jadi kewajiban khususnya di area yang rawan kejahatan. Menggunakan CCTV yang sudah dilengkapi teknologi canggih adalah langkah bijaksana yang bisa membuat aman. Apalagi CCTV akan beroperasi selama 24 jam non stop, jadi penting untuk memilih produk yang berkualitas.

Author: Anis Khoir

Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagi melalui blog ini. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi email : bunhaz@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.