Tips Agar Hunian Lahan Sempit Terlihat Luas

Home » Tips Agar Hunian Lahan Sempit Terlihat Luas

Setiap orang mempunyai hunian idaman. Keterbatasan lahan bukan alasan mewujudkannya. Dengan perawatan dan penataan yang baik hunian lahan sempit jadi luas

Tidak dipungkiri kebutuhan akan rumah semakin meningkat setiap tahunnya. Karena hunian merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi. Sayangnya ketersedian lahan yang semakin sempit, juga mempengaruhi desain rumah. Salah satunya dengan konsep rumah minimalis.

Sesudah menikah kami berencana memiliki rumah melalui jalur KPR. Sayangnya di tahun awal pernikahan belum banyak tabungan yang dimiliki. Solusinya untuk tempat tinggal sementara yaitu dengan kontrak rumah atau kost untuk keluarga.

Ditahun kedua pernikahan, justru kami harus mengurungkan niat untuk mengambil KPR. Suami memilih kembali ke kampung halaman. Artinya kami nantinya juga tinggal dan hidup di desa. Bayangan awal kami, tentu membuat rumah di desa biayanya tak sebesar di kota sehingga bisa menciptakan hunian asri. Nyatanya pernyataan tersebut tidak selamanya benar. Buktinya sempitnya lahan pemukiman membuat harganya membengkak. Kami pun hanya bisa membeli lahan yang tidak terlalu luas.

Dengan memiliki lahan tidak terlalu luas, PR kami selanjutnya mengatur bagaimana hunian lahan sempit tersebut nyaman. Untuk itu kami memiliki beberapa tips untuk menyiasatinya sebagai berikut :

1. Membuat rumah yang lebih tinggi

Salah satu menyiasati bangunan agar tampak luas adalah dengan meninggikan bangunannya. Jadi ketika proses pembangunannya, bapak tukang menyarankan kami untuk meninggikan dinding rumah. Selanjutnya saat pemasangan plafon juga perlu diperhatikan. Plafon dipasang setinggi mungkin dari lantai. Dan memang benar, rumah kami meskipun kecil namun tampak luas.

2. Tidak banyak sekat ruangan.

Rumah yang banyak sekat membuat tampak sempit. Bagi yang memiliki keterbatasan lahan, mengurangi sekat bisa menjadi solusi. Bisa juga menggunakan perabot multifungsi untuk menghemat ruangan. Misalnya untuk menyekat ruangan bisa menggunakan rak buku atau lemari. Selain bermanfaat sebagai sekat juga bisa untuk tempat barang.

3. Cat rumah yang cerah

Memilih warna putih atau cerah akan membuat ruangan tampak terang. Warna akan terpantul dengan sempurna pada perabot rumah sehingga ruangan tampak luas dan nyaman

4. Menjaga kebersihan ruangan

Salah satu penentu nyaman tidaknya suatu tempat adalah kebersihannya. Ruangan yang ada dirumah usahakan terjaga kebersihannya. Misalnya tidak membuang sampah sembarangan. Menata barang dengan rapi juga membuat rumah terasa lapang. Dan yang terpenting harus juga memperhatikan kebersihan toiletnya.

Bagi yang berada di Sidoarjo dan sekitarnya jika menginginkan tempat tinggal bisa di Kost K20 hunian nyaman dan murah yang bisa juga untuk keluarga. Lokasinya pun juga strategis jadi mudah akses kemanapun juga.

Cara menjaga kebersihan toilet tentu saja menyiramnya dengan segera jika digunakan. Jika ada saluran mampet cari penyebabnya. Segera atasi saluran mampet sehingga toilet bersih kembali. Namun jika anda tidak punya waktu dan tidak memiliki kemampuan untuk mengatasinya, maka bisa menggunakan sedot wc Sidoarjo yang profesional.

Besar kecil hunian bukan penentu seseorang betah didalamnya. Namun penataan yang bagus serta terjaga kebersihan menjadi faktor utama. Hunian lahan sempit bukan alasan untuk mewujudkan rumah idaman anda.

Tinggalkan komentar