Syarat dan Proses Mengajukan Pinjaman KTA untuk Modal Usaha

Home » Syarat dan Proses Mengajukan Pinjaman KTA untuk Modal Usaha

Ada keinginan membuka usaha sendiri tapi modal belum mencukupi atau mumpuni? Permasalahan tersebut dialami oleh banyak orang yang bercita-cita menjadi entrepreneur. Beberapa orang kemudian mencoba mengajukan pinjaman KTA atau kredit tanpa agunan untuk mendapatkan suntikan modal usaha.

Pinjaman dana tanpa agunan dari bank cukup efektif membantu seseorang dalam membuka usaha. Anda pun juga bisa mengajukan pinjaman KTA dengan untuk segera mewujudkan rencana usaha. Mengenai nominal yang bisa Anda pinjam, beberapa bank menyediakan KTA hingga Rp300 juta. Angka yang cukup fantastis untuk mendukung segala kebutuhan memulai usaha.

Anda tidak perlu khawatir soal aset yang harus diserahkan karena KTA tidak ada syarat penjaminan. Selain itu, syarat pengajuan KTA juga sangat mudah dan prosesnya juga cepat. Anda tidak perlu repot-repot pergi ke bank karena proses pengajuan KTA bisa dilakukan secara online melalui aplikasi mobile banking.

Agar Anda semakin paham apa itu pinjaman KTA, dalam artikel ini dijelaskan syarat pengajuan KTA dan manfaatnya untuk usaha.

Syarat Pengajuan Pinjaman KTA

Pengajuan pinjaman KTA dapat dilakukan secara mudah berkat adanya aplikasi keuangan digital mobile banking. And bisa apply pinjaman dana tanpa agunan dimanapun dan kapanpun asalkan smartphone Anda terhubung internet.

Anda juga tidak perlu membingungkan soal persyaratannya. Sebab syarat pengajuan KTA sangatlah mudah. Setiap bank biasanya memberlakukan persyaratan yang berbeda. Namun secara umum, ketentuannya adalah sebagai berikut:

  • Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Cukup umur dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Berdomisili di area lembaga pemberi pinjaman
  • Memiliki penghasilan tetap

Saat mengajukan pinjaman KTA, Anda akan diminta melampirkan beberapa berkas, di antaranya fotokopi KTP, fotokopi NPWP, fotokopi kartu kredit, hingga slip gaji.

Bank membutuhkan slip gaji Anda untuk melihat kemampuan Anda dalam mengembalikan dana pinjaman. Sementara riwayat kartu kredit digunakan oleh pihak bank untuk menilai apakah Anda layak mendapatkan pinjaman atau tidak.
Jadi pastikan Anda memiliki riwayat yang baik pada kartu kredit Anda, seperti tidak menunggak tagihan dan keterlambatan pembayaran. Jika riwayat kartu kredit Anda bersih, maka pengajuan pinjaman KTA Anda akan disetujui dan lebih cepat cair.

Pencairan pinjaman KTA juga terhitung cepat. Setelah pengajuan Anda diterima, pihak bank akan segera mengkonfirmasi dan memproses pinjaman dana Anda. Proses pencairan KTA berbeda-beda di tiap bank. Namun biasanya hanya butuh waktu kisaran 4-7 hari saja. bahkan ada yang hanya 2-3 hari untuk menerima uangnya.

Manfaat KTA untuk Usaha

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan pinjaman KTA untuk modal usaha. Terlebih KTA online memiliki banyak layanan yang menyesuaikan kebutuhan di era digital. Berikut manfaat yang akan Anda rasakan.

Usaha Lebih Cepat Berjalan

Salah satu kendala yang kerap dialami oleh para wirausahawan adalah modal yang terbatas. Dengan adanya pinjaman KTA, Anda bisa mendapatkan bantuan pinjaman dana untuk memenuhi kebutuhan usaha Anda. Jadi Anda tak perlu menunggu waktu lama lagi untuk menjalankan usaha.

Proses pengajuan KTA online juga sangat praktis. Berbeda dengan dulu, di mana calon kreditur harus datang ke bank dan menemui petugas untuk mengajukan pendaftaran. Dengan adanya KTA online, proses pengajuan lebih mudah sehingga penerimaan dana pun juga cepat.
Pinjaman KTA memungkinkan orang yang butuh pinjaman dana besar. Sejumlah bank menyediakan pinjaman KTA mencapai ratusan juta.

Limit Dana Besar

Pinjaman KTA memberlakukan limit dana yang besar. Layanan ini tentunya cocok bagi Anda yang butuh dana untuk memulai usaha. Anda bisa memanfaatkan dana pinjaman untuk berbagai kebutuhan, seperti penyewaan lahan, menyewa bangunan atau gedung, membeli perlengkapan usaha, hingga membayar gaji selama beberapa bulan.

Tak Harus Memiliki Payroll dari Bank

Kelebihan lain dari pinjaman KTA adalah layanan ini bisa dinikmati siapa saja, asalkan memenuhi ketentuan dan persyaratan yang diberlakukan pihak bank. Sebelumnya pinjaman ini hanya diperuntukan bagi nasabah eksklusif, yaitu nasabah yang memiliki rekening gaji di bank penerbit KTA.

Era digital kemudian membawa kabar baik. Sekarang pinjaman KTA bisa diajukan oleh siapa saja yang membutuhkan dana ekstra atau dalam kondisi mendesak. Proses pengajuan KTA pun tidak perlu waktu lama. Dalam KTA online, sistem verifikasi kredit menggunakan sistem skor kredit.

Biaya KTA yang Perlu Diperhatikan

PermataKTA

Ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan saat akan mengajukan pinjaman KTA. Salah satunya adalah biaya-biaya yang dikenakan kepada kreditur. Berikut uraian biaya yang ada dalam pinjaman KTA.

Provisi

Provinsi adalah biaya administrasi yang ditanggung oleh kreditur. Bank akan memotong langsung biaya administrasi dari plafon yang dicairkan. Jumlah beban biayanya cukup bervariasi, rata-rata 3%.

Penalti

Biaya penalti dikenakan jika KTA dilunasi lebih cepat dari kesepakatan tenor yang dipilih. Setiap bank memberlakukan biaya penalti yang berbeda-beda. Namun ada juga layanan pinjaman KTA yang tidak membebankan biaya ini.

Biaya Keterlambatan

Biaya keterlambatan merupakan denda yang harus ditanggung karena membayar angsuran. Apabila cicilan tidak dibayarkan atau tertunda maka denda yang harus dibayar juga semakin berat.

Asuransi

Biaya asuransi disediakan untuk melindungi kreditur KTA apabila terjadi kondisi yang membuatnya tidak bisa melunasi pinjaman, seperti meninggal karena kecelakaan atau terkena musibah. Pelunasan pinjaman KTA dilakukan oleh pihak asuransi, sehingga keluarga kreditur tidak terbebani.

Pinjaman Tanpa Agunan PermataKTA

Salah satu layanan pinjaman KTA yang cocok untuk mendukung usaha impian Anda adalah PermataKTA. Produk pinjaman dana tanpa agunan dari PermataBank ini membantu Anda yang membutuhkan dana dalam jumlah besar untuk membangun usaha impian Anda.

Pinjaman dana dari PermataKTA yang bisa Anda manfaatkan bahkan mencapai ratusan juta dengan pilihan jangka waktu tenor yang cukup lama. Pinjaman ini bisa Anda dapatkan secara mudah menggunakan aplikasi mobile banking PermataMobile X. Aplikasi ini bisa Anda unduh di Play Store dan App Store. Persyaratan dan langkah pengajuan pinjamannya pun cukup mudah.

Ada berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan PermataKTA, Selain jumlah pinjaman hingga Rp300 juta, sejumlah kelebihan lain yang bisa Anda nikmati di antaranya bunga rendah dan kompetitif mulai dari 0.88%, besar angsuran tetap hingga akhir masa pinjaman, pembayaran secara autodebet, jangka waktu pinjaman fleksibel dari 3 bulan hingga 5 tahun. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, Anda bisa mengunjungi laman https://www.permatabank.com/id/kta-retail/permatakta.

Tinggalkan komentar


labindo.co.id