Berikut 9 Tips Ampuh Untuk Atasi Rumah Langganan Banjir

Tips rumah langganan banjir akan sangat membantu Anda dalam menangani masalah banjir, apalagi ketika musim penghujan datang tidak jarang beberapa wilayah tergenang banjir hal ini semakin diperparah dengan adanya banjir kiriman yang membuat rumah Anda akan semakin tergenang.

Banjir sendiri masih menjadi masalah utama apalagi jika rumah Anda berada di kawasan langganan banjir, pasalnya hal ini akan menimbulkan banyak kerugian mulai dari kerugian material karena rumah terendam banjir, kerugian ekonomi, hingga timbulnya penyakit.

Jika banjir datang tak jarang rumah di Tangerang Selatan, rumah di Bekasi, rumah di Depok, serta beberapa kawasan rumah di Jakarta ikut tergenang, walau hujan yang datang sedikit atau bahkan deras tetapi jika Anda tidak mempersiapkan rumah Anda dengan baik maka siap-siap rumah Anda akan tergenang oleh banjir.

Maka dari itu ketika musim penghujan datang Anda harus mempersiapkan rumah Anda secara matang agar tidak tergenang oleh banjir.

Cara Menghalau Banjir Bagi Rumah Langganan Banjir

berikut 9 tips rumah langganan banjir yang bisa Anda terapkan untuk menghalau banjir.

1. Naikan pondasi rumah

Tips rumah langganan banjir yang pertama adalah Anda harus naikan pondasi rumah terutama jika rumah Anda berada di dataran yang rendah, ketinggian pondasi yang ideal untuk rumah yang berada di kawasan langganan banjir adalah 40-50 cm, hal ini perlu Anda perhatikan agar kelak rumah Anda tidak tergenang oleh banjir.

2. Buat halaman rumah lebih tinggi dari permukaan jalan

Tips berikutnya buatlah halaman rumah Anda menjadi lebih tinggi dari permukaan jalan, karena biasanya banjir yang datang akan menggenangi jalanan jika Anda meninggikan halaman rumah hal ini akan meminimalisir banjir supaya tidak masuk ke dalam rumah.

3. Buat daerah resapan air

Salah satu penyebab rumah Anda tergenang banjir mungkin tidak adanya daerah resapan air yang bisa menyerap air banjir ke dalam tanah, untuk itu resapan air ini sangatlah penting, jika rumah Anda tidak ada daerah resapan air maka Anda bisa membuat sumur resapan atau lubang biopori dirumah. Lubang biopori ini adalah lubang kecil yang dibuat di atas tanah tujuannya agar air banjir cepat terserap ke dalam tanah dan tidak sampai menggenang di permukaan.

4. Pilih perabotan anti banjir

Jika rumah Anda sering menjadi langganan banjir maka Anda harus bijak dalam memilih perabotan yang anti banjir. Anda bisa memilih jenis perabotan yang tahan air seperti bahan besi stainless anti karat, kayu solid, maupun plastik.

Pemiihan perabotan yang tepat akan membantu Anda, pasalnya jika rumah Anda terendam banjir maka bahan perabotan yang anti air tidak akan rusak dan bahkan bisa digunakan dan dibersihkan kembali, jadi Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi jika perabotan Anda banyak yang rusak akibat genangan banjir.

5. pilihlah lemari/rak yang ada permukaan bawah

Jika Anda mempunyai lemari/rak yang sudah ada permukaan bawahnya Anda beruntung, pasalnya hal ini akan mempermudah Anda ketika membersihkan sisa-sisa air genangan banjir tanpa harus memindahkannya. Tidak hanya itu mempunyai lemari/rak yang memiliki celah dibagian bawah membuat air banjir tidak langsung mengenai furniture karena biasanya lemari/rak yang memiliki celah dibawahnya akan membuat posisinya lebih tinggi.

6. Pilih perabotan besar dengan roda

Tips berikutnya Anda bisa memilih perabotan besar seperti kulkas, lemari, tempat tidur, sofa dan perabotan besar lainnya yang sudah mempunyai roda kecil, ketika banjir datang hal ini akan memudahkan Anda dalam memindahkan barang ke tempat yang lebih aman atau tinggi karena tidak perlu mengangkatnya jadi bisa menghemat tenaga Anda deh.

7. Tinggikan posisi barang elektronik

Jika di rumah Anda mempunyai banyak sekali barang elektronik mulai dari barang elektronik kecil hingga barang elektronik besar maka barang-barang inilah yang harus Anda selamatkan agar tidak rusak, jika ada barang elektronik yang besar dan susah dipindahkan Anda bisa beri pengganjal yang lebih tinggi agar tidak langsung terkena air banjir yang bisa menyebabkan kerusakan.

8. Tinggikan stop kontak

Tips berikutnya jika Anda mempunyai stop kontak yang berada di bawah/ di lantai maka segeralah ubah posisi stop kontak menjadi lebih tinggi, karena kalau posisinya tetap di bawah dan jika banjir datang lalu masuk ke dalam rumah hal ini akan sangat berbahaya, karena stop kontak mempunyai aliran listrik dan ketika aliran listrik tersebut bersatu dengan aliran air banjir maka ini akan membahayakan pemilik rumah.

Maka dari itu ubahlah posisi stop kontak menjadi lebih tinggi untuk keamanan Anda dan juga keluarga.

9. Gunakan cat waterproof

Tips rumah langganan banjir yang terakhir adalah Anda bisa mengganti cat rumah yang biasa menjadi cat waterproof, karena cat waterproof sangat berguna dan berfungsi untuk melindungi dinding rumah Anda dari kebocoran, cat waterproof juga berguna untuk menjaga kelembapan serta membantu untuk mengatasi rembesan air yang disebabkan oleh banjir, tidak hanya itu cat waterproof juga berguna untuk menjaga pondasi rumah dari kerusakan loh.

 

Kesimpulan

Nah, itu dia tadi 9 tips rumah langganan banjir yang bisa Anda terapkan di rumah apalagi sekarang sudah memasuki musim hujan maka tidak ada salahnya untuk sedia payung sebelum hujan bukan? mempersiapkan rumah Anda sebelum banjir juga banyak manfaatnya loh Anda bisa memilah barang mana yang harus diselamatkan terlebih dahulu, jadi ketika banjir datang Anda sudah tidak panik lagi karena sebelumnya Anda sudah melakukan persiapan secara matang.

Jika Anda sedang mencari properti terbaik dengan lokasi yang strategis, akses mudah, serta bebas dari banjir Anda bisa cek di cariproperti karena disana banyak sekali pilihan properti dengan kualitas terbaik serta harga yang terjangkau loh. Yuk cek sekarang juga!

Tinggalkan komentar