Pentingnya Menjaga Kebersihan Toilet Umum

Home » Pentingnya Menjaga Kebersihan Toilet Umum

Kebersihan toilet umum penting dijaga. Banyaknya orang yang menggunakannya sering membuatnya kotor dan bau. Tentu tak nyaman jika digunakan

Apa kesan pertama setelah menggunakan toilet umum? Tentu pengalaman serta jawab satu dengan lainnya berbeda. Namun hasil survei mengatakan tingkat kebersihan di toilet umum sangat kurang. Terbukti toilet yang kotor dan bau masih sering kita temui.

Saya sendiri beberapa kali juga memiliki pengalaman kurang baik dengan kamar mandi umum. Namun apa daya ketika hajat harus segera ditunaikan. Mau tak mau tetap menggunakan kamar mandi tersebut. Meskipun harus menahan bau yang tidak sedap.

Masalah kamar mandi umum

Masalah yang sering ditemui di toilet umum antara lain :

1. Kotor dan bau

Sudah menjadi rahasia umum kebanyakan tempat toilet umum kotor bau. Bekas kotoran pada lantai yang tidak dibersihkan juga meninggalkan noda.

2. Pintu rusak

Saya sering menemui pintu rusak pada kamar mandi. Bisa karena tidak bisa ditutup secara sempurna atau hilangnya kunci menutupnya. Padahal pintu yang baik penting ditempat umum. Tentu saja melindungi penggunanya dari hal yang tidak diinginkan

3. Tidak adanya perlengkapan kamar mandi seperti dayung atau tisu

Gimana rasanya kalau terburu- buru ingin menggunakan kamar mandi tapi ternyata tidak ada dayungnya. Tentu harus menahan dulu dan mencari cara agar dapat bersuci dengan benar. Begitupun juga dengan tiisu kamar mandi. Tisu kamar mandi sering kali habis belum diisi kembali

4. Tidak tersedia tempat sampah di dalam kamar mandi

Keberadaan tempat sampah di kamar mandi penting sekali. Biasanya bekas pembalut atau diaper yang kotor tentu tidak bisa dibawa keluar kamar mandi dalam keadaan kotor. Karena idak ada tempat sampah orang jenderung membuat sampah sembarangan

Pentingnya sebuah toilet umum yang bersih

Toilet umum penting sekali dijaga kebersihannya. Berikut ini alasannya :

1. Tempat yang vital

Manusia setidaknya 6 kali dalam sehari untuk buang air. Sehingga bisa dibilang minimal 6 kali sehari menggunakan toilet. Tentu toilet bukan sekedar tempat pelengkap saja. Namun keberadaannya sangat vital bahkan diruang publik sekalipun.

2. Tempat bersarangnya kuman

Sebuah penelitian menyatakan setidaknya terdapat jutaan kuman yang bersarang di dalamnya. Kuman yang terbawa dari kotoran ketika buang air sangat berbahaya jika tidak dibersihkan dengan benar.

3. Tempat penyebaran penyakit

Salah satu tempat paling rawan penyebaran penyakit adalah kamar mandi. Kuman yang masih tertinggal di kamar mandi bisa saja menempel pada seseorang dan menyebabkan penyakit.

4. Indikator kemajuan suatu bangsa.

Sebuah survei bank duna menyatakan ada korelasi antara kemajuan ekonomi dan kebersihan kamar mandi. Negara yang memiliki kamar mandi bersih cenderung lebih maju tingkat ekonominya.

Keberadaan toilet di ruang publik perlu mendapatkan perhatian bersama. Rasa memiliki kedua belah pihak baik pengguna maupun pengelola penting sekali untuk mewujudkan toilet yang lebih bersih.

Bagi Pengguna Toilet Umum

Bagi pengguna harus menyadari untuk menjaga kebersihan toilet umum. Misalnya menyiram dengan bersih setelah menggunakan. Tidak membuang sampah atau bekas pembalut pada closet. Ini penting sekali agar tidak menyebabkan wc mampet. Rasa kepemilikikan harus timbul sehingga berkenan untuk ikut menjaga kebersihan toilet

Bagi pengelola toilet umum

Sebagai pengelola tempat umum yang memiliki kamar mandi harus lebih peka. Biasanya membersihkannya harus menunggu kotor dahulu. Seharusnya dibersihkan secara berkala sehingga menghindari bau serta menjadi sarang penyakit. Jika ada saluran air mampet segera menghubungi sedot wc Mojokerto untuk mengatasinya.

Penting juga menyediakan tempat sampah di toilet. Membuang sampah secara berkala agar tidak menimbulkan bau tidak sedap karena sampah. Berikan juga himbauan untuk membuang bekas pembalut pada tempatnya.

Jika toilet umum sudah bersih pengunjungpun akan merasa nyaman. Dan bagi pengelola ada nilai plus yang diingat pengunjungnya. Ternyata toilet bersih itu penting sekali ya

Tinggalkan komentar