Mempersiapkan Anak Saat Memasuki Fase Perkuliahan

Home » Mempersiapkan Anak Saat Memasuki Fase Perkuliahan

Anak kuliah

Fase anak kuliah membutuhkan dana yang cukup besar. Untuk itu perlu persiapan jangka panjang. Bahkan ketika anak masih kecil.

Merencanakan Pendidikan Anak

“Selamat Anda Lulus”, itulah yang tertulis dalam selembar surat dari salah satu Universitas terbaik di Indonesia yang menjadi impian anak Anda sejak dulu. Perasaan bahagia sang anak, bangga, sedih harus berpisah kota, campur aduk menjadi satu. Lalu Anda mulai kebingungan karena persiapan keuangan untuk universitas belum tersedia. Kemudian yang terpikir adalah, biaya kuliah dari mana? Haruskah sang anak merelakan pendidikannya?

Saatnya Anda mulai memikirkan untuk menggunakan produk kredit tanpa agunan Bank Panin. Buat Anda yang sedang memikirkan untuk mengambil KTA Bank Panin, perlu diketahui bahwa KTA atau kredit tanpa agunan adalah produk pinjaman tanpa jaminan dari debitur. Karena itu, produk Kredit Tanpa Agunan ini sangat memudahkan dan menguntungkan. Terlebih, kini Anda bisa mengajukan KTA secara online. Salah satu penyedia jasa pinjaman dana online yang hadir untuk menjawab kebutuhan Anda adalah CekAja.com.

Pinjaman Dana Online

Di CekAja.com Anda bisa melihat syarat, produk pinjaman, fitur, tingkat suku bunga, kelebihan, manfaat dan informasi lainnya. Anda juga bisa daftarkan kredit tanpa agunan Bank Panin dengan keuntungan sangat mudah dan fleksibel. Anda bisa ajukan pinjaman mulai dari 3 juta sampai 500 juta rupiah. Suku bunga yang diberikan juga cukup rendah dan sangat cocok bagi Anda yang sedang membutuhkan pinjaman untuk anak Anda yang akan masuk ke fase perkuliahan.

Berikut ini hal yang harus dipersiapkan ketika anak Anda memasuki fase perkuliahan:

Persiapan mental

Dukungan dari Anda sebagai orangtua sangat penting karena anak Anda baru pertama kali menghadapi masa perkuliahan. Yakinkan pada sang anak bahwa kuliah bukan hanya belajar di dalam kelas, tapi juga mencari pengalaman lain dan berteman banyak. Dunia perkuliahan membebaskan sang Anak untuk memilih tapi juga dengan tanggung jawab yang tinggi.

Persiapan menghadapi kota yang baru

Mencari kos-kosan, memasuki masa orientasi, dan menghadapi kota yang baru bukanlah tugas yang mudah. Memasuki masa perkuliahan tekankan sang Anak bahwa ia akan berpisah dengan teman-temannya dan ia akan membuat pertemanan baru. Selain itu, kota yang baru juga berbeda dengan tempat tinggalnya, jadi harus siap dengan perubahan itu.

Persiapan finansial

Anda sebagai orangtua juga harus mempersiapkan keuangan untuk sang Anak. Biaya kosan, biaya uang kuliah persemester, biaya peralatan kosan, dan lain sebagainya harus dipersiapkan agar sang Anak siap menjalani kehidupan barunya. Jangan lupa ingatkan anak bahwa ia akan diberi uang bulanan untuk ia pertanggungjawabkan sendiri. Hal ini penting agar ia mempergunakannya hanya untuk keperluan yang sangat penting.

Dari informasi di atas, Anda bisa menentukan kredit tanpa agunan mana yang harus Anda pilih. Hal ini termasuk besaran dana yang dapat dicairkan, waktu pelunasan, dan persyaratan yang dibutuhkan. Jangan lupa pilih kredit tanpa agunan Bank Panin yang bisa diperoleh dengan cepat dan mudah. Dengan proses yang cepat dan persyaratan yang mudah, Anda bisa menggunakan dananya dengan segera. Bunga dan biaya yang diterapkan juga terbilang kompetitif. Anda cukup mengajukannya secara online di CekAja.com sehingga Anda tak perlu repot lagi pergi ke bank untuk mendapatkan pinjaman. Berkas-berkas yang harus dikirimkan bisa Anda kirimkan melalui kurir, jadi Anda tinggal duduk manis sambil menunggu pinjaman cair.

Silakan cek https://www.cekaja.com/banks/panin/pinjaman untuk mengetahui tata cara, persyaratan, detail pinjaman, dan prosedur aplikasinya. Semoga bermanfaat!

9 pemikiran pada “Mempersiapkan Anak Saat Memasuki Fase Perkuliahan”

  1. Mungkin sebwgini ribet ya orangtua saya mempersiapkan masa kuliah saya dulu. Haruskah saya bersiap siap sedari awal untuk anak saya terutama urusan finansial?

    Balas
  2. Ahhh, jadi inget saat memasuki dunia kuliah dulu. Mungkin Ibuku juga serepot ini yaa. Persiapannya sepertinya lebih banyak. Materi dan mental untuk melepas anak. Apalagi kalau anaknya kuliah di kota berbeda.

    Balas
  3. Jadi ingat saat harus kuliah di Depok, menikmati masa kuliah dengan ngekost. Tapi emang bener sih, dana perkuliahan harus disiapkan dari sekarang.

    Balas
  4. Insya Allah 3 tahun lagi saya bakal sampai ke tahap ini. Persiapannya udah mulai dari sekarang. Karena 3 tahun kadang-kadang gak berasa

    Balas
  5. huwaaa masa kuliah anak ya. Masih lama nih aku tapi soal biaya emang harus dipersiapkan bertahun-tahun sebelumnya. Kaget juga biaya kuliah sekarang ini bisa ratusan juta. Semoga kelak nanti dapat beasiswa.

    Balas
  6. Pengen banget ambil KTA ini tapi ada nggak yang tidak berbau bunga ya. Maunya memang yang mudorobah atau apa gitu istilahnya yang syar'i.

    Balas
  7. Biarpun anakku kuliah masih 9 tahunan lagi, yang pasti sekarang ini udah mempersiapkan urusan finansial. Karena biayanya ga sedikit.

    Balas

Tinggalkan komentar