Mengenal PAFI Sebagai Organisasi Profesi Ahli Farmasi

Home ยป Mengenal PAFI Sebagai Organisasi Profesi Ahli Farmasi

Organisasi profesi tentu tidak asing bagi kita. Selain menjadi sarana silaturahim serta menyatukan anggota seprofesinya, organisasi ini juga menjadi kekuatan dalam mengembangkan kompetensi baik keilmuan maupun keahlian. Tidak terkecuali Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) memiliki peran penting dalam perkembangan dunia farmasi di Indonesia. Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Sejarah Berdirinya PAFI

Perjalanan PAFI sebagai wadah bagi ahli farmasi Indonesia sama panjangnya dengan perjalanan Bangsa Indonesia. Tidak jauh beda dengan proklamasi kemerdekaan Indonesia, PAFI telah didirikan sejak 13 Februari 1946 di Yogyakarta. Sebagai organisasi yang berada di wilayah Indonesia, keberadaan PAFI bersifat kekaryaan dan pengabdian terutama di bidang farmasi dan kesehatan masyarakat.

Hingga kini PAFI terus meningkatkan layanan terutama dalam bidang farmasi dengan mengadakan kegiatan sosial dan edukasi seperti workshop, pelatihan, bakti social dan sebagainya. Hal tersebut sesuai dengan empat tujuan utama dari organisasi yang sekaligus menjadi gambaran visi misi PAFI.

Tujuan PAFI

1. Terwujudnya Masyarakat Adil dan Makmur Sesuai Pancasila dan UUD 1945

Sesuai asas yang dipegang yaitu Pancasila, PAFI selalu berkomitmen menjunjung nilai moral dan etika khususnya dalam praktek farmasi. PAFI juga terus berupaya memberikan layanan kesehatan untuk masyarakat berdasarkan prinsip keadilan serta dasar keilmuan yang kuat. Semua itu berdasarkan tujuan organisasi yaitu terwujudnya masyarakat Indonesia yang berkeadilan

2. Mewujudkan Derajat Kesehatan yang Optimal bagi Masyarakat Indonesia

PAFI memiliki kesadaran penuh berada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Untuk itu PAFI berkomitmen mengabdikan diri dan berkontribusi dalam pembangun nasional khususnya di bidang kesehatan. Sehingga organisasi ini berperan mewujudkan kesehatan berkualitas untuk seluruh rakyat Indonesia

3. Mengembangkan dan Meningkatkan Pembangunan Farmasi Indonesia

Sebagai organisasi profesi, PAFI memberikan sumbangsih dengan mendukung kemajuan khususnya dunia farmasi melalui pendidikan dan pelatihan sehingga tercipta tenaga farmasi yang berkualitas. Tidak mengherankan jika PAFI menjadi garda terdepan dalam pembangunan farmasi di Indonesia

4. Meningkatkan Kesejahteran Anggota

Kontribusi PAFI dalam mensejahterakan anggotanya tidak dapat diremehkan. PAFI terus berjuang meningkatkan kesejateraan serta hak- hak anggotanya. PAFI juga terus berupaya menciptakan lingkungan kerja yang layak, sehat dan produktif sehingga dapat meningkatkan pelayanan ahli farmasi kepada masyarakat luas.

Kegiatan PAFI

PAFI berkomitmen kuat memberikan kontribusinya dalam pembangunan nasional khususnya bidang kesehatan dengan mengadakan berbagai kegiatan positif antara lain:

Pelatihan dan Workshop

Secara rutin, PAFI mengadakan pelatihan dan workshop untuk anggotanya terkait perkembangan teknologi dan manajemen di bidang farmasi. Selain para anggota PAFI berkesempatan mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan baru khususnya di dunia farmasi juga mempererat silaturahim antar anggota serta memperluas jaringan profesional. Workshop ini juga sebagai pendukung pengembangan karir anggota PAFI

Bakti Sosial

Tidak hanya focus pada pengembangan anggotanya, PAFI juga rutin mengadakan bakti social seperti penyuluhan kesehatan, pemeriksaan kesehatan gratis hingga konsultasi gratis. Kegiataan tersebut sebagai bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh PAFI.

Seminar dan Simposium

PAFI selalu mendukung anggotanya untuk mendapatkan pengetahuan terbaru khususnya di dunia farmasi. Untuk itu, seminar maupun symposium baik online maupun offline rutin diadakan dengan menghadirkan para ahli dibidangnya.

Selain kegiatan di atas, PAFI menjadi wadah para ahli farmasi untuk bertukar pengetahuan. Tentu hal tersebut penting sekali untuk menunjang perkembangan karier para ahli farmasi. Tentu banyak sekali bergabung dengan oragnisasi profesi ahli farmasi ini.

Apalagi organisasi ini sudah memiliki kepengurusan di berbagai kota di seluruh Indonesia salah satunya di Kupang. Bagi Anda khususnya yang berada di Kupang dan sekitarnya, untuk informasi lengkap tentang PAFI Kupang yuk kunjungi website resmi PAFI dan bagi Anda yang berprofesi ahli farmasi bergabunglah dengan PAFI Kupang untuk bersama- sama memajuakan dunia farmasi di Kota Kupang

Leave a Comment