Mengenal Jenis-jenis Mesin Bor: Dari Bor Tangan hingga Bor Magnetik

Home » Mengenal Jenis-jenis Mesin Bor: Dari Bor Tangan hingga Bor Magnetik

Banyak orang punya bangunan impian termasuk rumah hingga gedung perkantoran. Selain faktor keindahan, merasa aman dan nyaman berada di dalamnya juga tidak luput perhatian. Namun dari semua itu pernahkan berpikir bagaimana komponan bangunan tersebut dapat kokoh sehingga sesuai standar? Ya, selain diperlukan bahan bangunan serta skill pertukangan mumpuni, keberadaan power tool yang membantu proses konstruksi termasuk di dalamnya yaitu mesin bor tidak dapat diabaikan

Bicara mesin bor memang bukan faktor utama kokohnya suatu proyek konstruksi. Namun proses konstruksi tanpa mesin bor akan memakan waktu lama dan hasilnya juga tidak maksimal.

Tidak heran jika setiap proses kontruksi alat satu ini selalu ada dan jenisnya pun menyesuaikan dengan kebutuhannya. Untuk itu, yuk simak ulasan lengkap jenis mesin bor di bawah ini.

electric drill

Apa Itu Mesin Bor?

Sebelum lebih jauh membahas jenis- jenisnya, penting mengetahui pengertian mesin bor. Mesin bor adalah alat yang membantu membuat lubang pada kayu, papan hingga logam dengan gerakan putar yang cepat. Selain berfungsi membuat lubang, mesin bor juga membantu proses pasang lepas skrup.

Mesin bor tentu tidak lepas dari proses pengeboran yaitu proses pembuatan lubang dengan menggunakan mata bor. Proses pengeboran ini merupakan tahap dasar pada suatu proyek konstruksi sehingga bisa dibilang penting mengetahui tentang jenis- jenis bor dan fungsinya sehingga tidak terjadi kesalahan.

Jenis – jenis Mesin Bor dan Fungsinya

Setiap mesin bor didesain sesuai dengan fungsinya serta bahan yang dibor. Agar dapat tepat menggunakannya, simak yuk jenis- jenis mesin bor berikut ini

Mesin Bor Core

Mesin bor jenis satu ini termasuk yang jarang digunakan karena fungsinya untuk melubangi lantai atau tanah yang cukup besar. Proyek yang sering menggunakan mesin bor core yaitu proses pembuatan lubang pada instalasi pipa pada konstruksi gedung.

Selain itu mesin bor core juga digunakan untuk mengukur ketebalan aspal pada proyek pembuatan jalan. Tidak mengherankan jika mata bor salah satu electric drill ini berbentuk tabung sehingga dapat membuat lubang yang besar. Untuk mata bor dapat diganti dengan mudah sehingga menyesuaikan sesuai kebutuhan

power drill

Mesin Bor Coreless

Jenis mesin bor coreless ini cukup banyak digunakan. Sesuai dengan namanya, mesin bor ini tanpa menggunakan kabel sehingga mudah dibawa kemana- mana. Saat pengoperasiannya tentu saja menggunakan baterai bor. Dari segi ukuran, kekuatan hingga harga mesin drill pun beragam. Jadi Anda bisa membelinya sesuai budget dan kebutuhan

Mesin Bor Berdiri (Drill Press)

Power drill satu ini digunakan pada proyek konstruksi yang membutuhkan tingkat presisi yang tinggi dan konsisten. Disebut drill press karena memiliki meja datar yang dapat diatur tinggi serta sudutnya dengan mudah sehingga memudahkan pada pembuatan lubang pada konstruksi rangka baja, tiang dan lainnya.

Mesin Bor Impact

Bagi yang membutuhkan mesin bor listrik yang sangat kuat khususnya untuk melubangi logam, mesin bor impact jawabannya. Cara kerja mesin bor satu ini yaitu dengan memahat dengan gerakan maju mundur memutar dengan cepat dengan bantuan palu sehingga mesin bor impact disebut juga mesin bor palu.

mesin bor listrik

Mesin Bor Gantung

Saat akan melakukan pengeboran tapi memiliki keterbatasan tempat, mesin bor gantung pilihannya. Alat bor ini cukup fleksibel karena bias dipasang pada dinding maupun langit- langit. Selain itu, bor gantung juga didesain untuk menghindari tumpahan bahan bor yang terjadi pada bor konvensional.

Mesin Bor Genggam

Jenis mesin bor satu ini dikenal juga dengan mesin bor tangan. Cara kerja mesin bor genggam yaitu gerakan pahat secara berputar dengan bantuan tenaga listrik. Biasanya salah satu jenis bor listrik ini digunakan untuk mengebor kayu, papan hingga logam yang tipis.

Keunggulan mesin bor genggam yaitu memiliki ukuran mata bor beragam yaitu dari 6,5 mm, 10 mm, 13 mm dan lainnya sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan. Keunggulan lain dari bor genggam yaitu ergonomis dimana dapat digunakan pada area yang sulit dijangkau oleh jenis bor lainnya. Sedangkan kekurangannya , jenis bor satu ini tidak dapat digunakan sebagai bor tembok yang berupa beton atau papan logam tebal

Mesin Bor SDS

Mesin bor SDS (Slotted Drive System) merupakan varian dari mesin bor impact. Keunggulan mesin bor SDS dibanding mesin bor impact yaitu lebih mudah dalam penggantian mata bor tanpa memakai kunci sehingga lebih cepat. Ditambah lagi ukurannya yang lebih kecil sehingga dapat menjangkau area yang sempit sekalipun.

Mesin bor SDS cocok untuk digunakan pada konstruksi kecil meliputi pemasangan jaringan listrik, pemasangan pipa dan lain sebagainya. Untuk jenisnya terdapat SDS + dan SDS Max dimana SDS Max memiliki mata bor lebih besar dari SDS+

Mesin Bor Duduk

Keunggulan mesin bor duduk yaitu memiliki hasil lubang dengan tingkat presisi yang tinggi. Untuk itu mesin bor ini membutuhkan dudukan yang kuat sehingga dapat mengatur akurasi bor dengan tepat.

Kekurangannya tentu saja mesin ini sulit dipindahkan. Sedangkan untuk cara kerjanya cukup memutar tuas sehingga mata bor akan turun ke bawah sehingga dapat melubangi kayu atau logam

harga mesin drill

Mesin Bor Magnetik

Saat ingin melakukan pengeboran pada atap atau bidang vertikal, maka mesin bor magnetik jawabannya. Sesuai dengan namanya, mesin bor magnetik dilengkapi dengan magnet yang cukup kuat sehingga cocok untuk melubangi jenis logam. Selain itu, kedalaman proses pelubangan juga dapat diatur sehingga hasilnya dapat presisi.

Bagi yang berkecimpung di dunia konstruksi, mengetahui jenis- jenis mesin bor penting sekali. Tentunya dengan memilih jenis mesin bor yang sesuai akan dapat menjaga keamanan pada proyek konstruksi. Apabila Anda sedang berencana membeli mesin bor, pastikan mempertimbangan jenis serta harga mesin bor sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sumber:
https://www.detik.com/properti/tips-dan-panduan/d-7029295/ketahui-8-jenis-bor-beserta-fungsinya

18 thoughts on “Mengenal Jenis-jenis Mesin Bor: Dari Bor Tangan hingga Bor Magnetik”

  1. Memilih bor ini susah gampang, asalkan tahu kebutuhan dan kapasitas yang akan digunakan. Untuk skala rumahan menggunakan bor coreless sepertinya cukup.

    Reply
  2. aku kira mesin bor itu semua sama tapi ternyata banyak jenis dan kegunaanya masing-masing yaa,,,,
    harus bener2 diputuskan mau beli mesin bor yg seperti apa sblm kita memutuskan utk membelinya

    Reply
  3. Baru tahu ternyata mesin bor banyak macemnya. Tahunya yg buat tembok aja bornya yang dipakai itu² aja. Biasanya urusan² bor ini paksu pasti yang turun tangan hehe

    Reply
  4. Ini alat yang diimpi impikan sama suamiku, beuh.. ngotot dia mau dibelikan ini Bor, katanya biar bisa berkreasi haha. dari sini aku jadi tau deh mau beliin bor yang jenis mana, thanks informasinya mbak yaaa…

    Reply
  5. asli, setelah baca ini bener-bener baru tau banget loh kalo ada mesin bor duduk, kirain aku tuh bor cuma yang modelan tangan aja wkwk
    ternyata yang buat ngelobangin logam-logam gitu ya si bor duduk ini, kirain alatnya tuh bukan bor kalo yang buat lobangin logam..

    Reply
  6. Ini benda yang wajib banget dimiliki di tiap rumah.. terkesan ga perlu padahal perlu banget.. daripada pake paku dan palu mending pake bor.. aku ada tapi ga bisa makenya karena agak berat ya.. tp asli deh bor tu wajib punya

    Reply
  7. Ternyata mesin bor juga banyak berbagai macam variasinya ya. Selama ini aku pikir mesin bor itu cuma 1 macam aja. Jadi dapat pengetahuan baru lagi deh tentang mesin bor.

    Reply
  8. wah ternyata bor ada banyak macamnya ya, Saya tahunya bor ya bor saja. beneran saya minim banget pengetahuanya. Baca artikel ini jadi bertambah pengetahuan saya.

    Reply
  9. Beberapa bulan yang lalu habis beli mesin bor. Memang ada banyak jenisnya sesuai dengan kebutuhan penggunaan, sehingga gak salah beli.

    Reply
  10. Saya selalu penasaran tentang jenis-jenis mesin bor tapi sering bingung karena terlalu banyak informasi teknis. Namun, setelah membaca artikel ini, saya jadi lebih mengerti karena penjelasannya sangat mudah dipahami. Saya jadi tahu perbedaan antara mesin bor tangan, mesin bor tekan, dan mesin bor tanah.

    Reply
  11. sebagai orang yang tidak pernah bekerja dan berkaitan dengan alat-alat listrik seperti ini kadang suka masih bingung mengenai mesin bor ini, ternyata memang banyak ya jenisnya dan pastinya digunakan sesuai dengan kebutuhannya

    Reply

Leave a Comment