Kenali 6 Tanda Rambut Menua dan Tips Ampuh Mengatasinya

Home » Kenali 6 Tanda Rambut Menua dan Tips Ampuh Mengatasinya

Memiliki rambut berkilau dan sehat tentu jadi dambaan setiap orang. Terlebih bagi yang sangat memperhatikan penampilan, kondisi rambut turut mempengaruhi rasa percaya diri. Sayangnya seiring dengan bertambahnya usia, rambut menua. Penuaan pada rambut ditandai dengan perubahan warna, tekstur hingga kekuatan rambut.

Umumnya penuaan rambut terjadi pada usia sekitar 40-an tahun. Namun pada kondisi tertentu rambut menua terjadi di usia 20 tahun. Untuk itu, sebagai langkah preventif penting selalu menjaga kesehatan rambut dan segera mengatasinya jika menunjukkan tanda- tanda rambut menua.
Memang untuk ciri- ciri rambut menua setiap orang bisa tidak sama. Untuk selengkapnya mengenai ciri rambut menua, simak ulasan pada artikel di bawah ini.

Ciri- Ciri Rambut Menua

Ketika merasa tanda- tanda rambut menua ada pada rambut, sebaiknya segera melakukan perawatan rambut karena jika terlambat dapat berakibat fatal. Berikut ini ciri- ciri rambut menua antara lain:

Rambut beruban

Seiring bertambahnya usia pigmen alami kulit akan mengalami penurunan produksi. Akibatnya rambut mengalami perubahan warna dari hitam menjadi keabuan bahkan menjadi putih. Memang munculnya ubah adalah hal wajar. Namun saat muncul pada usia muda karena rambut menua dapat mengganggu penampilan

Rambut kering

Tidak hanya berubah warna, rambut menua menjadi lebih kering. Hal itu karena menurunkan kelenjar minyak.

Rambut rapuh

Saat rambut menua akan mengalami penurunan kesehatan. Terlihat dari rambut rapuh, mudah patah dan rontok berlebihan. Tidak mengherankan saat rambut rapuh membuat volume rambut berkurang sehingga rambut menipis bahkan sebagian orang sampai mengalami kebotakan.

Rambut kusam

Yang paling terlihat dan mempengaruhi penampilan, rambut menua akan berkurang kilaunya sehingga tampak kusam.

Rambut bercabang

Ketika sering menggunakan catokan, rambut dapat menua lebih cepat. Salah satu tandanya ujung rambut menjadi bercabang

Susah diatur

Salah satu ciri rambut rusak yaitu memiliki tekstur kasar dan sulit diatur. Kondisi rambut yang sulit diatur dapat mengganggu penampilan.

Cara Mengatasi Rambut Menua dengan Tepat

Sebagai mahkota diri, rambut menjadi pembentuk kesan tentang seseorang. Untuk itu, saat rambut mengalami penuaan agar segera mengatasi sehingga keindahan rambut kembali seperti semula.

Keramas saat diperlukan

Sering keramas tidak selamanya menjadikan rambut sehat namun justru mempercepat rambut menua. Hal itu karena minyak alami rambut berkurang sehingga rambut menjadi kusam. Untuk menjaga kesehatan rambut, cukup keramas 2-3 kali dalam seminggu. Atau hanya keramas ketika rambut terasa gatal dan lebih berminyak.
Selain itu penting menggunakan shampoo yang tepat, khususnya tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan bebas detergen. Jika perlu, gunakan juga kondisioner untuk merawat kelembaban rambut.

Konsumsi makanan bergizi

Untuk menjaga kesehatannya, rambut juga membutuhkan nutrisi yang cukup. Untuk memenuhi nutrisi rambut dengan cara konsumsi makanan bergizi serta cukup minum air putih. Selain itu perlu menjaga pola hidup sehat dengan cara :

  1. Istirahat yang cukup
  2. Kelola stress dengan baik
  3. Rutin olahraga
  4. Hindari merokok serta polusi
  5. Memakai penutup rambut saat berada langsung di bawah matahari

Rutin pakai vitamin rambut

Selain menggunakan shampo dan kondisioner yang tepat, sebaiknya setelah keramas juga memakai vitamin rambut. Kandungan yang ada pada vitamin rambut dapat mengatasi rambut menua seperti Moroccan oil dan antioksidan. Vitamin rambut juga mengandung heat protectant yang melindungi rambut dari panas akibar sinar matahari atau alat styling rambut

Ellips Hair Vitamin with Moroccan Oil, Menutrisi Rambut Menua Agar Kembali Memancarkan Kilaunya
Bagi yang sedang mencari vitamin rambut untuk mengatasi rambut menua, Ellips Hair Vitamin solusinya. Ellips memiliki kandungan Moroccan oil atau argan oil yang mampu mengembalikan kelembaban dan tekstur rambut sehingga tampak berkilau. Sehingga menjaga kondisi #RambutTetapMuda.

Selain Moroccan oil, Ellips Hair Vitamin juga diperkaya dengan Vitamin E yang mengandung antioksidan. Antioksidan ini penting untuk menangkal radikal bebas karena polusi dan sinar UV. Bagi yang sering menggunakan alat styling rambut, Ellips Hair Vitamin juga mengandung heat protectant yang menjaga rambut dari panas alat styling rambut. Heat protectant akan melindungi batang rambut dari panas alat styling sehingga terhindar dari kerusakan.

Jadi, masih bingung mengatasi rambut menua? Tentu tidak, karena Ellips Hair Vitamin jawabannya, jaga #RambutTetapMuda.

Tinggalkan komentar


labindo.co.id