Inilah 8 Manfaat Olahraga Lari Bagi Kesehatan

Setiap orang pasti menginginkan sehat jiwa dan raga. Salah satu cara agar tubuh sehat yaitu dengan rutin olahraga. Olahraga penting sekali agar tubuh tidak rentan terserang penyakit dan memiliki stamina yang prima. Jika Anda masih bingung olahraga apa yang tepat, maka lari bisa jadi pilihan. Selain termasuk olahraga murah karena hanya perlu berlari, namun bukan berarti mengabaikan keamanan. Untuk itu, penting memilih sepatu lari yang tepat yaitu sepatu Hoka sehingga manfaat olahraga lari benar- benar terasa.

Untuk selengkapnya, baca tulisan di bawah ini ya.

Manfaat Lari Untuk Tubuh

Tubuh lebih kencang

Anda punya masalah dengan bentuk badan? Lari bisa jadi solusinya. Saat lari lemak akan terbakar serta kalori yang menumpuk otomatis akan terbuang sehingga tubuh menjadi lebih kencang. Selain itu, lari juga dapat mengencangkan otot tubuh karena saat berlari otot bergerak yang dapat meningkatkan massa otot.

Tulang lebih kuat

Saat berlari tulang akan digunakan secara maksimal sehingga dapat memperkuat tulang. Selain itu saat berlari di luaran ruangan dan terkena sinar matahari maka tubuh akan mendapatkan vitamin D yang baik untuk kekuatan tulang

Melatih pernafasan

Selain renang, lari menjadi salah satu olahraga yang baik untuk melatih pernafasan. Terbukti semakin sering berlari juga memperpanjang nafas. Tentunya untuk melatihnya harus bertahap. Di awal lari sebaiknya memilih jarak dekat, kemudian perlahan dapat menambah sedikit demi sedikit jarak yang ditempuh.

Menjaga kesehatan jantung

Menurut WHO, penyakit jantung merupakan satu penyakit pembunuh tertinggi di dunia. Tidak mengherankan segala upaya dilakukan untuk menghindari penyakit mematikan ini, salah satunya dengan rutin olahraga. Agar jantung terjaga kesehatannya lari menjadi salah satu olahraga yang direkomendasikan karena dapat meningkatkan sirkulasi darah serta memperkuat pembuluh darah yang mana dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Meningkatkan kualitas tidur

Lari secara rutin, menurut sebuah jurnal menyatakan dapat meningkatkan kualitas tidur serta mengatasi gangguan psikologis baik pada orang dewasa ataupun anak- anak

Menurunkan risiko kanker

Selain menyehatkan badan, hasil penelitian British Journal of Sport Medicine mengatakan lari secara teratur dapat menurunkan risiko kanker hingga 23%.

Meredakan Stres

Tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, lari juga baik untuk kesehatan mental. Saat berlari akan mengurangi jumlah kortisol yang merupakan hormon pemicu stres. Bukan hanya itu, saat berlari siapapun sejenak dapat melupakan masalah sehingga dapat mengurangi stres dalam jangka waktu tertentu.

Fungsi Otak Meningkat

Berlari juga dapat melatih lebih fokus serta memiliki tekat yang kuat untuk menyelesaikan tantangan. Ditambah lagi, lari juga meningkatnya sirkulasi darah ke otak yang dapat membantu fungsi otak jadi meningkat.

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Berlari

Untuk berlari pagi waktu idealnya yaitu pukul 05.30-07.00 atau jika ingin lari sambil terpapar sinar matahari bisa antara pukul 08.00-09.00. Sedangkan bagi yang tidak punya waktu berolahraga pagi hari bisa sore hari. Waktu yang tepat pada sore hari antara 16.30- 18.00. Kelebihan lari sore hari tubuh lebih maksimal bergerak dinamis.

Selain memperhatikan kapan idealnya waktu berlari, maka penting juga memilih sepatu lari yang tepat. Memakai sepatu yang tepat akan berpengaruh pada performa saat berlari serta mengurangi risiko lecet, nyeri kaki  hingga mengalami cedera.

Salah satu rekomendasi sepatu lari terbaik yaitu sepatu Hoka. Alas kaki keluaran Hoka One-One yang merupakan perusahaan pakaian olahraga asal Prancis yang sudah berdiri sejak 2009 ini banyak dilirik khususnya pecinta olahraga lari. Dengan desain sepatu yang tebal dan empuk memberikan perlindungan saat lari namun tetap ringan sehingga mendukung saat performa lari.

Dengan desain yang beragam, sepatu Hoka dapat dipakai siapa pun baik pelari pemula maupun profesional. Selain itu, sepatu ini juga dirancang di berbagai medan seperti lari jarak pendek, lari jarak jauh, maraton bahkan lari trail sehingga pelari bisa menyesuaikan sepatu dengan medan yang akan dihadapinya.

Bagaimana, Anda berniat untuk rutin berolahraga lari? Pastikan memilih sepatu lari yang tepat ya

Tinggalkan komentar