Inilah Tips Cek Aki Mobil Masih Bagus atau Tidak

Aki merupakan salah satu komponen mobil yang penting agar kinerja mobil dapat optimal. Untuk itu, sebagai pemilik mobil harus paham mengetahui tentang aki serta cara cek aki mobil masih bagus atau tidak sehingga dapat melakukan langkah terbaik saat dibutuhkan. Untuk selengkapnya tentang aki, baca ulasan lengkap dibawah ini.

Apa Itu Aki Mobil

Aki atau yang accu adalah komponen pada kendaraan bermotor yang memiliki fungsi menyuplai daya listrik serta memiliki peranan dalam proses pengapian mesin mobil. Keberadaan sel- sel aki ini akan menghasilkan aliran electron yang bermanfaat menyimpan energy listrik.

Jenis- jenis Aki Mobil

Ada dua jenis aki yang sering digunakan pada kendaraan bermotor termasuk mobil yaitu:

Aki kering

Pada aki kering, menggunakan baterai yang di dalamnya terdapat gel yang berisi elektrolit. Keunggulan aki kering ini air aki tidak mudah menguap sehingga bisa tahan hingga 5 tahun

Aki basah

Berbeda dengan aki kering yang menggunakan gel, pada aki basah menggunakan air aki. Untuk masa penggunaannya biasanya sekitar satu tahun dan dapat digunakan kembali dengan mengisi air aki zuur dan demineral.

Fungsi Aki Pada Mobil

Peranan aki pada mobil diantaranya yaitu:

Menstabilkan energi listrik

Pada aki terdapat stabilizer menstabilkan tegangan listrik sebelum dialirkan ke bagian lain mobil.

Menyalakan mobil

Saat aki dalam kondisi rusak akan kesulitan menyalakan kendaraan bermotor termasuk mobil karena tidak adanya suplai energy listrik. Energi listrik inilah yang membuat flywheel berputar sehingga kendaraan dapat berjalan.

Sumber energy listrik

Keberadaan aki sebagai sumber energy komponen mobil antara lain:

  • Lampu. Keberadaan lampu penting untuk penerangan saat mobil berjalan sekaligus sebagai isyarat dalam berkendara
  • AC (Air Conditioner). Saat berkendara akan terasa nyaman di dalam mobil karena AC menyala.
  • Sistem Pengapian
    Gesekan platina akibat adanya aliran listrik yang berasal dari aki akan membuat percikan api pada busi

sehingga system pengapian pada mobil menjadi aktif.

Selain bagian mobil d atas, keberadaan aki juga untuk mendukung pengoperasian radia, charger dll.

Cara Cek Kualitas Aki Mobil

Saat mengendarai mobil Anda bisa saja mengalami aki tiba- tiba mati. Jika hal itu terjadi, yang pertama Anda lakukan yaitu jangan panik. Selanjutnya Anda dapat melakukan 3 cara cek aki mobil masih bagus atau tidak sebagai berikut:

1. Perhatikan indicator elektrolik

Saat aki tidak bisa menyala jangan melakukan pembongkaran apapu yang akan memperparah kondisi mobil. Cobalah membuka bagian kap depan mobil untuk melihat indicator elektrolit. Kemudian perhatikan indikator elektronik yang memiliki 3 warna berbeda. Jika aki masih menunjukan pada angka biru, maka aki dalam kondisi baik. Sebaliknya jika sudah berada pada warna merah atau putih itu artinya kondisi aki tidak bagus.

2. Lihat lampu indikator

Selain melihat indikator pada kap mobil, Anda juga harus memperhatikan lampu indikator pada dashboard mobil. Lampu tersebut akan otomatis menyala saat memasukkan kunci mobil dan memutarkan ke posisi on. Jika aki dalam kondisi rusak tentunya lampu indikator tidak akan menyala meskipun sudah distarter

3. Hidupkan mesin

Saat aki dalam kondisi normal akan segera menyala saat mesin dihidupkan. Sebaliknya jika mesin sudah dihidupkan namun mobil tidak kunjung menyala maka kemungkinan aki bisa saja sudah rusak

Selain cek aki mobil masih bagus atau tidak dengan cara diatas, Anda sebaiknya sudah mengantisipasi dengan segera melakukan servis aki saat menemukan berbagai ciri- cirri berikut : klakson tidak nyaring, lampu mobil menjadi redup, mengalai kesulitan saat menyalakan mobi serta tercium bau yang tidak sedap yang menyalakan mobil.

Tinggalkan komentar