Manfaat dan Tips Membuat Landing Page Untuk Bisnis

Home » Manfaat dan Tips Membuat Landing Page Untuk Bisnis

Kalian pernah meng-klik iklan kemudian masuk ke halaman suatu website? Jika iya, itu artinya kamu sudah masuk ke landing page website dari pengiklan. Keberadaan landing page ini penting sekali bagi dalam dunia digital marketing lho. Mengapa demikian? Untuk penjelasan lengkapnya simak ulasan pada tulisan ini ya

Pengertian Landing Page

Bagi pemilik website atau blogger tentu tidak asing dengan istilah landing page meskipun tidak semua website atau blog menggunakannya. Landing page memang dibuat dengan tujuan khusus. Untuk blog personal misalnya jarang yang menggunakan landing page. Berbeda dengan website untuk marketing, keberadaan landing page penting sekali.

Jadi, dari uraian diatas sebenarnya apa sih landing page itu? Dari asal katanya landing page berarti halaman landasan. Sedangkan pengertian landing page adalah halaman dalam suatu website yang dibuat khusus untuk tujuan tertentu misalnya iklan atau campaign bisnis

Banyak yang masih belum perbedaan antara website dengan landing page. Untuk lebih memahami landing page bisa menganalogikan website sebagai rumah. Sedangkan ruang tamu sebagai landing page. Jadi landing page merupakan bagian website yang memiliki tujuan spesifik misalnya untuk promosi atau iklan.

Manfaat Landing Page

Selain memegang peranan penting, landing page memiliki beberapa manfaat antara lain:

Sebagai sarana promosi

Salah satu keunggulan landing pagi bisa menjadi media promosi yang efektif dan mudah digunakan. Landing page dapat diisi promosi dan diskon satu produk sehingga lebih terfokus. Agar pengunjung tertarik, bisa dengan membuat gambar yang menarik serta tulisan yang cukup menonjol pada landing page.

Meningkatkan traffic website

Manfaat dari landing page lainnya yang penting adalah meningkatkan pengunjung website. Itu artinya website lebih dikenal dan sekaligus meningkatkan engagement website.

Meningkatkan conversion rate

Banyak pengunjung yang datang ke website merupakan calon pembeli produk dan jasa potensial. Itu artinya semakin banyak pengunjung maka peluang mendapatkan banyak transaksi pun semakin besar

Mendapatkan data leads

Pada landing page bisa sekaligus digunakan untuk mengumpulkan informasi pengunjung. Pengunjung diarahkan untuk mengisi berbagai informasi seperti nama, email hingga no telpon. Meskipun untuk saat itu tidak melakukan pembelian/ transaksi saat itu, namun berkesempatan promosi ke pengunjung melalui kontak yang telah dituliskan lain waktu.

Tips Membuat Landing Page

Setelah mengetahui peranan landing page, dibutuhkan cara yang tepat membuatnya agar dapat optimal. Berikut tips membuat landing page yang wajib diperhatikan antara lain:

Tujuan yang jelas

Sebelum membuat landing page, hal yang pertama harus dilakukan yaitu menentukan tujuan sehingga landing page lebih spesifik. Tujuan tersebut apakah untuk penjualan, leads atau branding.

Untuk landing page dengan tujuan promosi misalnya maka secara spesifik akan dijelaskan mengenai produk tersebut mulai dari jenis, manfaat, harga hingga diskon yang berlaku serta harus mempertimbangkan copywriting dalam memberikan berbagai informasi tersebut.
Untuk tujuan leads bisa dengan memberikan produk gratis untuk mendapatkan data pengunjung.

landing page adalah

Desain landing page

Agar tujuan yang hendak dicapai landing page bisa maksimal maka perlu terlebih dahulu membuat rancangan dengan menggunakan script. Di dalam script tersebut dapat memasukkan poin penting yang ada pada landing page. Untuk membuat script bisa secara manual atau menggunakan tool tertentu sehingga lebih memudahkan pekerjaan.

Buat headline menarik

Untuk membuat pengunjung tetap bertahan pada landing page serta melakukan berbagai aksi sesuai harapan maka landing page harus dibuat semenarik mungkin. Caranya bisa menggunakan judul dengan singkat, padat dan jelas tetapi mampu mewakili isi landing page

Kalimat pembuka yang menarik

Selain judul, membuat kalimat pembuka yang menarik juga perlu diperhatikan. Kalimat pembuka tersebut hendaknya mengandung deskripsi produk secara singkat, latar belakang produk serta kelebihan serta manfaat dari produk atau jasa yang ditawarkan.

CTA yang menarik

Agar pengunjung tidak hanya berkunjung ke landing page kemudian meninggalkan halaman begitu saja tetapi melakukan suatu tindakan maka perlu memperhatikan CTA (Call To Action) pada landing page. Misalnya dengan menggunakan kata perintah yang tepat, kalimat dibuat sesederhana mungkin sehingga mudah dipahami serta perhatikan juga jenis font, ukuran serta warnanya.

Testimoni

Agar pengunjung tertarik dan percaya terhadap produk atau jasa dari agensi digital di Jakarta, maka bisa menampilkan testimoni pada landing page. Dari testimoni digital agency Indonesia tersebut pengunjung dapat menilai apakah produk yang sesuai yang diinginkan sehingga kemudian segera melakukan transaksi. Misalkan saat berkunjung ke landing page digital marketing agency Jakarta maka pengunjung membaca testimoni klien atas layanan yang diberikan.

Menyerahkan pada ahlinya

Bagi yang akrab dengan pembuatan website, tentu bukan hal sulit membuat landing page. Bisa dengan menggunakan landing page builder dari plugin elementor yang ada di wordpress. Cara ini cukup mudah dan harganya yang terjangkau.

Anda yang paham koding dan ingin memiliki landing page yang berbeda bisa membuatnya sendiri dari nol. Sedangkan bagi yang tidak mau repot membuat landing page sendiri serta mendapatkan hasil maksimal bisa menggunakan jasa pihak ketiga seperti digital agency Indonesia untuk membuatnya.

Redcomm, Pilihan Digital Agency Indonesia Terpercaya

Keberadaan digital marketing agency Indonesia sangat dibutuhkan dalam pengoptimalan marketing perusahan seperti pembuatan landing page. Tentu tidak mudah memilih digital agency Jakarta yang profesional sehingga hasil optimal. Penting mengetahui rekam jejak jasa digital agency Jakarta tersebut hingga akhirnya memutuskan menggunakan layanannya.

Redcomm sebagai campaign Asia Agency of the year 5 tahun berturut- turut

Salah satu rekomendasi digital agency Indonesia terpercaya yang tepat untuk menjadi relasi dalam mengembangkan bisnis yaitu Redcomm Indonesia. Sebagai agensi terpercaya untuk digital marketing di Indonesia Redcomm fokus dalam komunikasi pemasaran berbasis data, kreatif dan strategis dengan pemanfaatan media digital.

Eksistensi dan keunggulan dibuktikan Redcomm sebagai Campaign Asia Agency of the Year 5 tahun berturut-turut. Kemenangan tersebut sekaligus menjadikan Redcomm digital marketing agency Indonesia dengan 5x Gold Winner. Tentu menjadi prestasi membanggakan di tengah persaingan ketat agensi digital di Indonesia.

Kesimpulan Digital Marketing Agency Jakarta

Saat ini memang keberadaan agensi pemasaran digital di Jakarta menjamur bak jamur di musim hujan. Semua menawarkan harga bersaing demi menarik klien untuk menggunakan layanannya. Namun tentu dalam pembuatan landing page tidak boleh menyerahkan ke sembarang digital agency di Jakarta. Beberapa tips membuat landing page diatas semoga bisa jadi masukan bagi Anda yang sedang mencari agensi digital di Indonesia sehingga tujuan awal pembuatan landing page benar- benar tercapai

19 pemikiran pada “Manfaat dan Tips Membuat Landing Page Untuk Bisnis”

  1. nah yang begini ini memang banyak dari kami2 nih gak paham. Baru bisa bikin blog aja udah berasa yay, aku bisa… 🙂 Padahal jika ada sesuatu yang ingin ditawarkan , maka yang namanya landing page ini juga harus jadi perhatian. Dan sebaiknya memang menyerahkannya pada digital agency terpercaya ya

    Balas
  2. Ternyata ajakan klik link di bawah ini, itu udah masuk ke ramah landing page ya…
    Hanya secara detail dan spesifik memang belum sejauh itu.
    Memang sih daripada ribet buat saya yg gak ngerti alias gaptek mending menggunakan jasa seperti redcomm saja ya

    Balas
  3. Aku tuh berusaha bikin landing page sendiri buat blog aku. Tapi yaaa gitu deh, maklum tanpa ilmu, kok rasanya kurang menarik deh.
    Untunglah ada RedComm yah sebagai digital agency, pastinya punya pengalaman marketing yang OK.

    Balas
  4. Setuju jika membuat landing page agar mendapatkan hasil maksimal mendingan menggunakan jasa pihak ketiga seperti Redcomm digital agency Indonesia yang memang mengfokuskan dirinya dalam komunikasi pemasaran berbasis data, kreatif dan strategis dengan pemanfaatan media digital.

    Balas
  5. Awal-awal memang bingung apa ya landing page itu, dan masih belum paham perbedaannya dengan website biasa. Tapi setelah tau manfaatnya, tertarik untuk belajar. Untuk perusahaan atau bisnis sebaiknya memang diserahkan ke ahlinya biar hasilnya juga maksimal

    Balas
  6. Aku baru menyadari pentingnya landing page bagi sebuah website apalagi website bisnis. Karena pernah membuka sebuah website seller gamis, tapi gak responsif sama sekali. Sangat disayangkan, beberapa pembeli yang ogah ribet kaya aku gini jadi gak mood belanja gara-gara websitenya yang gak user-friendly.
    Jadi penting banget untuk memercayakan pada digital agency marketing yang terpercaya seperti Redcomm.

    Balas
  7. saya sebagai orang yang ga paham koding dan istilah dalam dunia digital sangat perlu bantuan redcomm nih kayaknya hehe, beruntung ya di jaman sekarang ada digital agency yang membantu para blogger khususnya untuk promo “produk”nya

    Balas

Tinggalkan komentar