Tips Mempersiapkan Masa Tua dengan Investasi Reksadana Saham

Home » Tips Mempersiapkan Masa Tua dengan Investasi Reksadana Saham

Ketika memasuki masa tua, tingkat produktivitas seseorang akan menurun karena kondisi tubuh yang kian melemah. Sehingga tidak bisa lagi bekerja seperti saat muda dan menyebabkan pendapatan berkurang drastis.

Hal tersebut harus disadari mulai dari sekarang agar Anda dapat menikmati masa tua dengan nyaman. Berinvestasi di Reksadana Saham (RDS) merupakan salah satu cara mempersiapkan finansial yang mapan di masa tua.

Mengapa RDS menjadi pilihan yang tepat? Karena menawarkan tingkat keuntungan yang lebih tinggi dibanding jenis Reksadana lain dan sangat tepat untuk investasi jangka panjang. Tingkat risikonya juga tergolong lebih rendah bila dibandingkan investasi saham murni, sehingga lebih aman bagi investor pemula.

Tips Mempersiapkan Masa Tua dengan Invest Reksadana Saham

Setiap orang pasti menginginkan kehidupan yang layak di masa tuanya, oleh karena itu perlu dipersiapkan selagi Anda masih di usia produktif. Dikutip dari sikapiuangmu.ojk.go.id Reksadana termasuk investasi yang aman karena sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sehingga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mempersiapkan dana pensiun dalam jangka panjang. Meskipun RDS lebih rendah risiko dibandingkan investasi saham, tetap saja investor harus mengatur langkah investasinya. Supaya keuntungan yang dihasilkan lebih maksimal dan terhindar dari kerugian. Sebelum melakukan investasi di RDS sebaiknya pahami tips berikut terlebih dahulu.

Merencanakan Target

Sebelum melangkah lebih jauh, hal pertama yang harus dilakukan adalah merencanakan target investasi yang diinginkan. Setiap orang memiliki target pengumpulan dana pensiun yang berbeda-beda, sehingga Anda perlu menghitungnya secara cermat.

Setelah menghitung target nominalnya, selanjutnya Anda perlu memperkirakan jangka waktu investasi yang akan dilakukan. Untuk mempersiapkan dana pensiun biasanya Anda perlu melakukan investasi jangka panjang yakni di atas 5 tahun.

Memilih RDS Sesuai Profil Risiko

RDS merupakan jenis Reksadana yang paling tinggi tingkat risiko dan keuntungannya. Maka dari itu lebih cocok untuk orang-orang yang memiliki profil risiko agresif. Jika, profil risiko Anda dalam kategori konservatif atau moderat maka sebaiknya jangan memilih investasi RDS.
Karena orang-orang yang masuk dalam kategori tersebut belum siap menghadapi risiko investasi yang terlalu besar. Sebagai alternatifnya, Anda dapat beralih ke Reksadana Pendapatan Tetap yang memiliki tingkat risiko lebih rendah.

Lakukan dalam Jangka Panjang

Investasi Reksadana Saham akan lebih maksimal jika dilakukan di atas 5 tahun. Karena keuntungannya akan lebih maksimal jika dilakukan dalam jangka panjang. Itu sebabnya, RDS tidak disarankan untuk investasi jangka pendek dan menengah.

Investasi RDS yang dilakukan setidaknya selama 5 tahun biasanya tidak rugi karena setidaknya akan mengalami break even point/BEP. Hal tersebut memungkinkan Anda mendapat semua modal yang sudah diinvestasikan, sehingga dana akan kembali dalam jumlah utuh.

Sabar dan Jangan Gegabah

Saat melakukan investasi rasa khawatir sering kali muncul, sehingga membuat seseorang selalu mengecek portofolio Reksadananya setiap hari. Jika, sudah menentukan pilihan untuk melakukan investasi jangka panjang, maka tidak perlu terlalu sering memantau perkembangan portofolionya.

Karena hal tersebut justru akan membuat Anda semakin merasa was-was dan khawatir. Bila kinerjanya menurun sebanyak 5 persen dalam sebulan, maka tidak perlu terlalu khawatir. Karena masih ada waktu beberapa tahun lagi untuk mencapai target yang Anda inginkan.
Bila dalam setahun tidak menunjukkan peningkatan kinerja yang bagus, maka perlu dipertimbangkan kembali. Sebaiknya tarik dana Anda dan pindahkan ke produk RDS yang lebih potensial.

investasi reksadana saham

Macam-Macam Strategi Investasi Reksadana

Selain harus memahami hal-hal tadi Anda juga perlu mengetahui macam-macam strategi dalam investasi Reksadana. Berikut beberapa strategi tersebut.

Buy and Hold

Strategi ini tergolong sederhana namun tidak semua orang dapat benar-benar melakukannya. Strategi buy and hold dilakukan dengan membeli sejumlah unit Reksadana. Lalu mempertahankannya dalam jangka waktu yang lama setidaknya selama 15 tahun.
Strategi ini sangat tepat untuk investor muda yang ingin mempersiapkan dana pensiun.

Namun, akan sulit dilakukan jika orang tersebut mudah merasa was-was dan khawatir dengan fluktuasi nilai investasi. Untuk menjalankan strategi buy and hold Anda harus memiliki kesabaran ekstra dan rasa yakin yang kuat.

Lump Sum

Apakah sebelumnya Anda sudah mengumpulkan dana pensiun? Bila iya maka strategi lump sum ini akan sangat tepat. Strategi tersebut dilakukan dengan membeli unit Reksadana dalam jumlah besar dan tidak melakukan pembelian kembali di lain waktu.

Jadi, Anda cukup sekali melakukan investasi namun dalam jumlah yang besar. Strategi ini akan memudahkan investor yang tidak ingin repot-repot melakukan investasi secara berkala. Selain simpel, potensi keuntungannya juga tergolong lebih tinggi dibandingkan investasi secara bertahap.

Dollar Cost Averaging

Jika, ingin lebih aman Anda dapat menerapkan strategi dollar cost averaging (DCA). Strategi ini dilakukan secara berkala dalam jangka waktu tertentu, misalnya setiap 3 bulan sekali atau 6 bulan sekali. Selain lebih aman, Anda juga berpotensi mendapat keuntungan besar ketika membeli Reksadana saat harganya sedang turun.

Persiapkan Masa Tua dengan Invest RDS

Perbankan prioritas DBS Treasures dapat menjadi solusi yang tepat bagi para Nasabah yang ingin berinvestasi dengan aman dan nyaman. Tersedia banyak pilihan aset investasi untuk mempermudah Anda dalam mendiversifikasi dana guna meminimalisir risiko.

Dengan menjadikan DBS Treasures sebagai mitra manajemen kekayaan, maka Anda dapat melakukan jual, beli, maupun switch Reksadana dengan mudah melalui Aplikasi digibank by DBS. Dengan aplikasi tersebut segala kegiatan investasi bisa dilakukan secara praktis dan cepat.

Anda akan didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Dengan semua kelebihan yang ditawarkan Anda tidak perlu ragu untuk invest Reksadana Saham di DBS Treasures. Segera jadikan DBS Treasures sebagai mitra Anda dan mulai persiapkan bekal masa tua mulai dari sekarang! Cari tahu informasi selengkapnya di sini!

Tinggalkan komentar


labindo.co.id