Tips Mengelola Toko Kelontong Agar Untung Besar

Home » Tips Mengelola Toko Kelontong Agar Untung Besar

Siapa bilang di rumah saja tidak dapat menghasilkan cuan? Membuka toko kelontong salah satunya bisa jadi salah satu sumber penghasilan keluarga. Terutama bagi ibu- ibu seperti aku yang tidak bisa bekerja di luar rumah karena harus mengasuh anak yang masih butuh perhatian ekstra. Terus bagaimana agar toko kelontong tersebut sukses dan untung besar? Simak ulasan pada tulisan ini ya

Dijaman serba digital seperti sekarang keberadaan toko kelontong tetap diperlukan meskipun bisa belanja secara online. Namun untuk barang- barang tertentu yang sifatnya konsumtif lebih mudah membeli di toko kelontong yang ada di sekitar tempat tinggal. Faktor kedekatan dengan penjual juga menjadi faktor berbelanja di toko kelontong. Tentu hal tersebut membuka peluang bagi toko kelontong sebagai peluang usaha rumahan atau usaha untuk dikembangkan dengan keuntungan yang besar.

Pengertian Toko Kelontong

Kata kelontong memang sudah akrab di telinga. Namun sudah tahukah pengertiannya? Jadi, toko kelontong adalah tempat atau toko yang menyediakan barang kebutuhan sehari- hari dan perlengkapan rumah tangga yang meliputi sembako, alat mandi, kebutuhan dapur, minuman, obat- obatan dan lainnya.

Toko kelontong sendiri dibagi menjadi 2 jenis yaitu kelontong eceran dan kelontong grosir. Bagi yang memiliki keterbatasan modal bisa membuka toko kelontong kecil- kecilan atau ecer. Terutama yang menjadikan usaha kelontong hanya sampingan karena punya pekerjaan lain atau sekaligus mengurus rumah tangga sehingga tidak bisa maksimal mengelolanya.

Sedangkan bagi yang memiliki modal besar bisa membuka toko kelontong grosir maupun usaha minimarket. Tentu saja peluang profit yang didapatkan juga akan besar. Namun sejalan hal tersebut perlu pengelolaan serta managemen yang baik agar dapat berkembang serta mendapatkan terhindar dari kerugian.

Cara Mengelola Toko Kelontong

Tidak dipungkiri, persaingan usaha toko kelontong cukup tinggi. Untuk tetap bertahan apalagi bisa berkembang perlu strategi serta cara tepat mengelolanya. Berikut ini tips mengelola toko kelontong antara lain:

Menghitung HPP

Bagi yang ingin memulai usaha toko khususnya, menghitung HPP penting sekali. HPP merupakan akronim dari Harga Pokok Penjualan adalah biaya total yang dikeluarkan untuk bisa menjual satu unit barang. Dengan menghitung HPP sebelum berjualan maka tidak akan mengalami kerugian serta harga yang dibandrol pun bisa disiasati tidak terlalu mahal sehingga laris terjual.

Indentifikasi produk laris

Keuntungan toko berasal dari produk yang dijual. Semakin banyak produk laris maka keuntungan pun semakin besar sehingga perlu memperbanyak stok produk laris. Selain itu, dengan selalu tersedia produk yang banyak dicari pelanggan membuat mereka nyaman berbelanja di tempat kita dan tidak berpindah ke toko lainnya.

tips mengelola toko kelontong

Melakukan promosi

Promosi bisa menjadi strategi penting agar toko kelontong ramai pembeli sehingga mempengaruhi hasil penjualan. Apalagi bagi yang baru memulai usaha dan belum banyak konsumen yang mengenal, maka promosi harus dilakukan. Caranya bisa dengan menggunakan media sosial, memasang banner di beberapa titik penting sekitar tempat usaha serta memberikan diskon khusus untuk pembeli.

Memberikan pelayanan terbaik

Ada pepatah mengatakan “pembeli adalah raja” yang artinya harus mendapatkan pelayanan terbaik serta kenyamanan saat berbelanja. Caranya bisa dengan membangun interaksi yang akrab dengan pelanggan yaitu memberikan pelayanan lebih personal seperti mengetahui namanya, menanyakan kabar hingga mengetahui barang yang sering dibutuhkan.

Membuat pembukuan

Bagi pelaku usaha toko kelontong khususnya banyak yang tidak menyadari pentingnya membuat pembukuan. Padahal melalui pembukuan pelaku usaha lebih mudah mengatur usaha, melihat tren penjualan serta membuat keputusan. Untuk membuat pembukuan secara sederhana pun sangat mudah. Caranya yang pertama catat seluruh pengeluaran, catat pemasukan dan terakhir catat laba rugi

Mencatat stok barang

Sebagai bentuk loyalitas kepada pelanggan tentu tidak ingin mengecewakannya. Caranya dengan menyediakan selalu barang yang dicarinya. Untuk itu perlu mencatat stok barang sehingga mengetahui mana barang yang tersedia atau yang sudah habis sehingga bisa segera restok kembali

Menggunakan Aplikasi Stok Barang Untuk Toko Kelontong

Di jaman serba digital tentu lebih mudah melakukan apapun dengan bantuan teknologi termasuk kontrol stok barang. Untuk menunjang pengelolaan toko kelontong lebih efektif dapat menggunakan aplikasi kasir iReap POS (Point of Sale). Point of Sale adalah alat atau mesin untuk mempermudah transaksi pembayaran atas barang yang dibeli oleh pelanggan.

Aplikasi POS ini selain sebagai aplikasi stok barang untuk toko kelontong juga bisa menjadi mesin kasir. Sebagai Point of Sale, aplikasi iReap memiliki banyak fungsi antara lain:

  1. Mencatat stok barang lebih cepat, mudah dan otomatis
  2. Mencatat saat ada penjualan atau pengembaian barang
  3. Dapat meminimalkan terjadinya kesalahan akibat salah hitung stok maupun transaksi penjualan.

Cara menggunakan aplikasi iReap POS

Setelah mengetahui ada aplikasi stok barang sekaligus bisa jadi aplikasi kasir android membuat saya penasaran dan segera mendownload-nya di Playstore. Untuk aplikasinya ukurannya cukup ringan terutama untuk handphone-ku yang telah memiliki banyak beban aplikasi.

aplikasi iReap

Saat aplikasi di buka ada 5 fitur yang tersedia yaitu :

Master data

Di fitur ini, pengguna bisa memasukkan data stok barang berdasarkan kategorinya, data pelanggan dan juga data supplyer. Jadi saat data- data tersebut tidak perlu lagi mencari buku, cukup buka aplikasi ini semua data akan tersaji

Transaksi penerimaan

Di fitur ini untuk mencatat data barang masuk atau stok yang tersedia termasuk tanggal saat barang tersebut masuk

Transaksi pengeluaran

Fitur ini untuk mencatat barang apa saja yang sudah tidak tersedia. Bisa karena barang rusak, expired atau hilang sehingga segera dapat menyesuaikan dengan stok fisiknya

Sales

Saat ada penjualan maka bisa memilih fitur sales ini. Pengguna tinggal memilih barang apa saja yang dibeli pelanggan. Setelah selesai fitur ini secara otomatis akan menghitung jumlah yang harus dibayarkan oleh pelanggan. Selain itu ada fitur “pengembalian” yang bisa langsung mencatat jika ada retur dari pelanggan. Jadi aplikasi POS ini sekaligus dapat menjadi aplikasi kasir android

Pelaporan

Saat membutuhkan laporan baik penjualan harian, penjualan terbanyak, keuntungan serta grafik keuntungan tidak perlu repot lagi. Cukup membuka fitur “laporan” semua data yang dibutuhkan sudah tersajikan

Oh ya, untuk aplikasi iReap POS tersedia dengan 2 versi yaitu iReap POS Lite yang mana gratis seperti yang telah aku coba berbagai fiturnya. Ada juga iReap Pro yaitu berbayar dengan harga 41.667/ bulan jika langganan langsung satu tahun. Jika berlanggan perbulan maka tiap bulan cukup hanya 99.000,-/bulan.

Terus apa sih yang membedakan versi lite dengan pro? Untuk iReap versi Pro akan mendapatkan fitur tambahan yang tidak ada di versi lite antara lain: fitur piutang dan invoice, absensi karyawan, user administrator, multiple user, penyimpanan data base, koneksi baik online maupun offline, master data secara otomatis dan data dari aplikasi bisa di eksport ke dalam berbagai bentuk file.

Keberadaan aplikasi iReap POS benar- benar sangat membantukan? Jadi tunggu apalagi segera download dan gunakan aplikasi kasir terbaik untuk mengembangkan usaha yang Anda miliki.

19 pemikiran pada “Tips Mengelola Toko Kelontong Agar Untung Besar”

  1. Aplikasi iReap keren, pasti banyak pedagang toko kelontong terbantu karena sering sekali melihat toko kelontong di kampung saya, banyak barang menumpuk tidak karuan. Saat ada yang membeli, penjual masih harus mencarinya karena lupa stock barang masih ada atau sudah habis. Dengan menggunakan iReap tidak perlu bongkar-bongkar lagi untuk mengetahui stock barang.

    Balas
  2. Toko kelontong juga ngga boleh ketinggalan jaman di era global dan digital seperti sekarang. Salah satu tips mengelola toko kelontong adalah menggunakan aplikasi stok iReap yang bantu mncatat stok barang lebih mudah dan cepat.

    Balas
  3. Artikel ini sangat bermanfaat dan informatif. iReap sepertinya merupakan alat yang sangat kuat untuk pemilik toko kelontong dan usaha kecil lainnya. Saya benar-benar menghargai cara aplikasi ini memudahkan pengelolaan inventaris, penjualan, dan laporan keuangan.

    Salah satu hal yang saya anggap sangat penting adalah kemudahan penggunaan iReap. Bukan hanya bagi pemilik toko yang mahir teknologi, tetapi juga bagi mereka yang tidak terlalu akrab dengan teknologi. Dengan antarmuka yang intuitif dan panduan yang jelas, iReap memastikan bahwa siapa pun dapat memanfaatkan alat ini untuk mengoptimalkan operasi mereka.

    Balas
  4. Wah toko kelontong pun sebenernya bisa yaa make ini, keren sih. iReap bisa nih buat temen2 yang pengen memajukan UMKM atau pedagang di pasar tradisional sampe ke modern, soalnya kalo udah terintegrasi sama iReap gini bakal lebih mudah ngelolanya juga kan yaaa..

    Balas
  5. SAudaraku yang punya toko kelontong juga coba ini mbak, dan memang banyak membantu perihal pencatatan, apalagi bisa ditambahkan harga jual, harga beli, diskon gitu
    Lengkap kok fiturnya, sangat membantu lo iReap ini

    Balas
  6. toko kelontong ini meski usaha kecil tapi bisa menghasilkan omset besar jika pengelolannya dilakukan dengan benar ya kak. pakai iReap salah satunya. Aplikasi pendukung untuk mengelola toko kelontong jadi lebig terorganisir dan fleksibel.

    Balas
  7. Membuka toko kelontong di rumah justru menguntungkan sekali ya apalagi yang punya anak kecil di rumah, bisa sambil mengawasi anak dan juga jaga toko kelontong.

    Untuk pengelolaannya sendiri sekarang nggak perlu bingung lagi dan takut rugi, karena kita bisa mengelolanya melalui aplikasi kasir iReap ya mbak. Detail banget banyak fiturnya.

    Balas
  8. iReap sptny benar2 sebuah aplikasi yang lengkap dan simpel karena tidak perlu lagi mempersiapkan beberapa buku yang berbeda untuk setiap transaksi..iReap membantu usaha UMKM untuk semakin berkembang dan go digitalisasi

    Balas
  9. Jujur sebenernya saya pernah punya mimpi pengen punya kelontong eceran hehe. Apalagi sekarang teknologi sudah canggih ya, sudah banyak berbagai kemudahan dalam mengolola toko termasuk aplikasi kasir seperti iReap

    Balas

Tinggalkan komentar