Cara Jadi Selebgram Untuk Pemula Agar Panen Endorsment

Di jaman digital seperti sekarang hampir setiap orang memiliki media sosial. Awalnya media sosial hanya digunakan untuk berjejaring sosial, saling menyapa sanak saudara dan teman. Berjalannya waktu, media sosial sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan. Banyak yang memanfaatkan untuk belajar, jualan bahkan dapat penghasilan dari panen endorsment. Tidak mengherankan jika selebgram kini menjadi salah satu pekerjaan yang banyak diidamkan. Tidak mengherankan jika banyak yang ingin tahu cara menjadi selebgram khususnya bagi pemula agar bisa dapat cuan.

Sama dengan pekerjaan lainnya, untuk menjadi selebgram tidak semudah membalikkan tangan. Selain aktif berinteraksi melalui instagram, perlu persiapan matang serta keseriusan dalam menjalankannya.

Pengertian Selebgram

Kata selebgram sendiri merupakan gabungan antara kata “selebritis” dan “instagram”. Selebgram sering ditujukan pada seseorang yang memiliki follower cukup banyak di akun instagramnya. Bagi kalangan artis atau selebritis yang wira- wiri dilayar kaca tentu tidak mudah memiliki follower yang banyak karena mereka sudah terkenal. Namun bukan berarti yang tidak terjun di dunia hiburan atau terkenal tidak bisa menjadi selebgram, karena dengan usaha serta tekad yang kuat bisa didapatkan.

Tips Menjadi Selebgram Bagi Pemula

Utnuk menjadi selebgram sukses, selain bisa mengelola media sosial instagram dengan baik, diperlukan juga skill lain yang mendukungnya sehingga bisa optimasi instagram. Untuk selengkapnya berikut ulasannya.

Pilih niche yang sesuai

Yang pertama, saat ingin menjadi selebgram tentu harus konsisten membuat konten yang menarik. Agar menjadi pembeda dan menarik follower, harus memiliki niche khusus. Niche sendiri merupakan tema postingan di feed instagram. Agar mudah mengerjakannya pilihlah tema konten yang sesuai keahlian serta sesuai dengan minat dan bakat. Jika sesuai keinginan, tentu bisa menyalurkan hobi sekaligus mendapatkan cuan dan menjadi sesuatu yang menyenangkan.

Selain memudahkan dalam pembuatan konten, ada niche pada postingan juga adanya keterkaitan antara satu konten dengan lainnya. Hal tersebut dapat menarik klien untuk kerjasama dengan sang selebgram. Beberapa niche yang bisa dipilih antara lain: kuliner, beauty, parenting, health lifestyle, otomotif dan lainnya.

Personal Branding

Cara termudah melakukan personal branding adalah dengan menonjolkan kelebihan serta keunikan yang dimiliki.  Bisa dari keahlian, minat tertentu hingga hingga karakter yang dimiliki. Tentunya sebelum melakukan personal branding terlebih dahulu kenali diri sendiri terlebih dahulu. Selanjutnya akan mengangkat karakter seperti apa di khalayak. Sebaiknya karakter tersebut merupakan cerminan diri sendiri sehingga tidak dianggap plagiat serta memiliki keunikan yang berbeda dengan orang lainnya.

Menentukan audiensi

Setelah menentukan niche serta personal branding, langkah selanjutnya yaitu menentukan target audiensi. Untuk audiensi sendiri bisa ditentukan berdasarkan usia, lokasi tempat tinggal hingga minat. Jika sudah mendapatkan audiensi yang tepat, untuk mendapatkan pengikut serta berinteraksi dengannya lebih mudah. Konten yang dibuatkan pun akan sesuai dengan keinginan follower sehingga mereka senang dan setia mengikuti akun yang sesuai dengan minatnya.

Konten yang menarik

Bisa dibilang konten adalah nyawa bagi seorang selebgram. Untuk itu, selain foto da video yang dibuat harus menarik juga bermanfaat bagi pengikutnya, juga harus memiliki nilai yang bisa menarik pengguna instagram untuk mengikutinya.

Untuk membuat konten positif harus memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Kualitas visual gambar dan video yang diunggah.
  2. buat caption yang menarik
  3. sertakan hashtag yang sesuai

Konsisten Posting Konten

Untuk menjadi selebgram diperlukan konsisten dalam posting konten. Selain agar pengikut tetap setia, mereka juga tidak merasa bosan serta mendapatkan nilai lebih dengan mengikuti akun sang selebgram. Agar konsisten sebaiknya membuat jadwal untuk posting konten instagram. Untuk mempermudah bisa menggunakan tool yang membantu membuat jadwal hingga posting terjadwal di instagram. Yang terakhir jangan lupa posting di waktu yang tepat sesuai sehingga banyak yang melihat konten tersebut. Untuk mendapatkan waktu yang tepat bisa melakukan riset terlebih dahulu sehingga konten benar- benar bisa tepat sasaran

Berinteraksi dengan pengikut

Menjadi seorang selebgram tidak berhenti memiliki banyak pengikut saja. Interaksi yang intens diperlukan karena dapat meningkatkan engagement dan kepercayaan follower. Selain itu, juga meningkatkan pengikut secara organik. Jadi tidak perlu lagi mencari layanan jual followers yang saat ini banyak tersedia.

Kesimpulan

Saat ini banyak yang berlomba- lomba menjadi selebgram. Tidak mengherankan jika persaingannya pun sangat ketat. Untuk itu agar bisa jadi selebgram sukses khususnya pemula sehingga banyak menghasilkan cuan pelajari juga caranya seperti paparan diatas.

Tinggalkan komentar