Inilah Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Bahan Alami, Terbukti Ampuh

Home » Inilah Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Bahan Alami, Terbukti Ampuh

Memiliki bau mulut tentu membuat tidak nyaman. Selain membuat tidak percaya diri dalam pergaulan, adanya bau mulut jadi menjadi gangguan kesehatan khususnya pada gigi, mulut, atau keadaan medis lainnya. Termasuk jadi tanda adanya komplikasi ganguan kesehatan. Untuk itu penting mengetahui cara menghilangkan bau mulut termasuk menggunakan bahan alami.

Bau mulut muncul bukan tanpa sebab. Penyebab utama bau karena kesehatan gigi yang buruk sehingga bakteri berkembang biak di dalam mulut. Akibatnya saat mulut terbuka baik ketika berbicara atau bernafas lewat mulut muncul bau yang tidak sedap.

Penyebab Muncul Bau Mulut

Ada beberapa hal yang bisa memicu bau mulut antara lain:

Mulut kering

Pada saat puasa atau tidak makan dan minum daam jangka waktu tertentu bisa jadi sebab bau mulut. Hal tersebut saliva yang berfungsi sebagai pembersih mulut alami berkurang produksinya. Keadaan mulut yang kering menjadi tempaat ternyaman bagi bakteri dan kuman yang ada dalam mulut untuk berkembang. Tidak mengherankan jika saat puasa bau mulut banyak orang mengalaminya

Makanan, minuman dan obat- obatan

Makanan yang beraroma kuat seperti petai, durian hingga bawang bisa menyebabkan bau mulut. Hal itu karena senyawa kimia yang ada dalam makanan tersebut terserap darah. Saat bernafas akan diembuskan keluar oleh paru- paru sehingga menyebabkan bau mulut saa berbicara atau bernafas lewat mulut. Sedangkan jenis obat seperti antipsikotik, obat dioretik dan antihistamin juga berisiko menyebabkan bau mulut

Merokok

Saat merokok membuat mulut menjadi kering dan lebih berisiko menyebabkan penyakit gusi. Hal tersebut membuat merokok menjadi penyebab umum bau mulut.

Penyakit

Walaupun bau mulut biasanya karena bakteri, namun ada beberapa penyakit bisa bisa menyebabkan bau mulut antara lain : penyakit gusi, kanker, diabetes dan juga alergi

Cara Mengatasi Bau Mulut Dengan Bahan Alami

Bau mulut bukan sesuatu yang berbahaya, namun jika dibiarkan bisa mengganggu aktivitas harian. Untuk itu selain menjaga kebersihan mulut dengan rutin sikat gigi, bau mulut harus segera diatasi termasuk dengan cara menggunakan bahan alami sebagai berikut:

Cuka apel

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi bau mulut yaitu cuka apel. Cuka apel mengandung antibakterial serta mengenmbalikan keseimbangan Ph mulut. Untuk penggunaannya pun cukup mudah dengan cara melarutkan 1-2 sendok cuka apel dengan air. Kemudian gunakan untuk berkumur selama 2-5 menit setiap pagi dan sore hari.

Minyak kelapa

Selain dikenal sebagai bumbu masakan, minyak kelapa juga memiliki manfaat bagi kesehatan khususnya mengatasi bau mulut. Minyak kelapa mengandung anti-mikroba dan anti-flamasi yag berguna menghilangan bau mulut. Cara menjadikan minyak kelapa sebagai penghilang mulut yaitu dengan menyiapkan 1 sendok minyyak kelapa kemudian gunakan untuk berkumur. Selanjutnya untuk membilasnya cukup berkumur dengan air hangat. Ulangi cara tersebut hingga bau mulut menghilang.

Minyak wijen

Selain minyak kelapa, minak wijen juga bisa digunakan sebagai penghilang bau mulut. Caranya dengan menggunakan minyak wijen sebagai obat kumur alami setiap pagi hari hingga bau mulut menghilang.

Garam Epsom

Jenis garam ini tidak digunakan sebagai bumbu masakan tetapi untuk kesehatan. Sekilas penampilan garam epsom ini mirip dengan garam dapur namun memiliki rasa yang pahit. Kandungan ati bakterial mampu membunuh kuman dan bakteri yang menimbulkan bau pada mulut.

Kapulaga

Bumbu apur satu ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut. Memiliki aroma yang khas, kapulaga bisa igunakan sebagai aromatik pada mulu. Cara menggunakannya pun cukup mudah dengan mengunyah kapulaga setiap makan makanan yang memiliki bau kuat atau merasa bau mulut tidak sedap.

Jahe

Sebagai sebagai bahan minuman dan bumbu dapur, jahe juga bermanfaat sebagai penghilang bau mulut. Kandungan antimikroba membantu menyembuhkan infeksii mulut dan tenggorokan yang menyebabkan mulut bau. Cara menghilangkan bau mulut dengan jahe cukup mudah. Cukup parut jahe segar, tambahkan air hangat dan kemudian gunakan untuk berkumur setiap pagi dan malam hari

Kesimpulan

Bau mulut jika tidak segera diatasi akan sangat mengganggu. Untuk mengatasinya pun bisa dengan menggunakan bahan alami yang ada disekitar kita termasuk berbagai macam bumbu dapur seerti diatas. Selamat mencoba

Tinggalkan komentar


labindo.co.id