Menikmati Keindahan Senja di Pantai Panduri

Pantai menjadi salah satu pilihan banyak orang untuk menghabiskan liburan. Selain keindahan yang membuat mata nyaman memandang, sepoi angin serta pasirnya yang putih membuat siapapun ingin datang ke pantai. Tidak terkecuali dengan Pantai Panduri Tuban yang kini layak sekali dikunjungi wisatawan. Panduri sendiri berasal dari pandan berduri yang merupakan tumbuhan banyak terdapat di pantai tersebut yang memiliki akar yang kuat sebagai penahan abrasi

Sebagai daerah pesisir pantai utara, Tuban tidak bisa lepas dengan pantai. Apalagi sejak masyarakat sekitar pantai khususnya sadar akan potensi lokal untuk dikembangkan menjadi tempat wisata sehingga meningkatkan Pendapatan Asli Daerah serta membuka lapangan pekerjaan. Kini perlahan, banyak pantai yang dikelola menjadi wisata bahkan menjadi wisata unggulan Tuban. Sebut saja pantai pasir putih remen, pantai cemara, pantai kelapa, pantai semilir dan kini pantai panduri yang kini menjadi tempat wisata pantai.

Lokasi dan Aksesbilitas Pantai

Pantai Panduri tepatnya berlokasi di desa Tasikharjo Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban. Tepat di sebelah makam Syeih Subakir. Selain lokasi yang mudah ditemukan, untuk menuju ke pantai ini akses jalan cukup bagu dan bisa menggunakan berbagai kendaraan. Termasuk bis besar sekalipun karena sudah tersedia tempat parkiran yang luas dan dekat dengan pantai.

Untuk rutenya sendiri, jika dari arah Tuban kota cukup ke arah barat jalan Tuban- Semarang. Sampai di pertigaan arah ke PT. TPPI ikuti jalan kembar sekitar 2 km nanti sebelah kiri jalan ada makam Syeih Subakir. Pantai Panduri tepat berada disamping makam tersebut. Dari jalan sudah terlihat kok pantai, tidak perlu jalan jauh apalagi turun naik pegunungan dahulu untuk menuju pantai.

Tiket Masuk Pantai Panduri

Untuk masuk ke pantai Panduri tidak dikenakan tiket alias gratis. Itulah yang menarik dari sebagian wisata pantai di Tuban yang hanya menarik biaya parkir kendaraan saja. Untuk parkir roda dua cukup membayar Rp. 3000,- sedangkan mobil Rp. 5.000,-. Murah sekali kan? Jangan khawatir, kendaraan pengunjung akan aman dan lokasi parkirnya juga di bawah pohon. Jadi kendaraan tidak akan kepanasan.

Keindahan Pantai Panduri

Jika menyukai pantai dengan suasana tenang dan tidak terlalu ramai, Pantai Panduri tempatnya. Apalagi bagi anak senja yang ke pantai sekaligus menikmati sunset, pantai ini paling tepat. Karena meskipun di Tuban banyak pantai, tapi yang benar- benar letaknya pas menghadap barat hanya Pantai Panduri.

Pantai ini memang belum banyak pengunjungnya seperti pantai di Tuban lainnya yang lebih dulu dibuka yaitu pantai pasir putih remen, pantai kelapa dan sekarang yang lagii viral pantai Semilir. Namun dari segi keindahan tidak kalah pastinya. Pasir putih yang bersih serta ombak yang tidak terlalu besar selayak pantai utara lainnya menjadi daya tarik tersendiri. Bagi yang suka bermain air tentu aman bahkan sudah tersedia kamar mandi bilas bagi pengunjung yang mandi di pantai dengan cukup membayar Rp. 2000,- saja

Di pagi hari, banyak ditemui kapal nelayan baru datang dari melaut. Jadi selain pemandangan pantai, kita juga disuguhi aktivitas nelayan beserta kapalnya. Memang sebelum di buka tempat wisata, pantai ini sudah menjadi lokasi nelayan untuk bersandar.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Panduri

Pantai Panduri sejatinya dibuka sudah sejak tahun 2020. Pada awal pembukaan masih banyak fasilitas yang belum tersedia dan pantai belum betul- betul dikelola. Apalagi setelah itu pandemi menerpa sehingga pengembangannya pun sempat terhenti juga.

Baru beberapa hari yang lalu, saya ke pantai Panduri lagi setelah penasaran dengan beberapa postingan teman yang instagramable. Dan memang benar, pantai ini sudah jauh mengalami perbaikan dari segi fasilitas serta pengelolaan pantainya.

Pantai Panduri kini jauh lebih bersih dari awal pembukaan serta mengalami penghijauan. Dukungan dari berbagai pihak baik masyarakat sekitar, pemerintah desa hingga perusahaan di sekitarnya membuat pantai cepat berkembang. Termasuk tersedianya aula yang bisa disewa untuk acara pertemuan yang cukup luas dan bersih.

Bagi pengunjung disediakan cukup banyak gazebo dan tempat duduk untuk bersantai. Jadi jika tidak membawa tikar bisa memanfaatkan fasilitas tersebut asalkan tidak ramai. Dan di sebelah pantai terdapat pepohonan yang banyak disediakan hammock dan ayunan. Jadi tidak hanya bisa menikmati keindahan pantai bisa juga bersantai diantara rerimbunan pepohonan.

Selain untuk sekedar wisata, bagi pecinta camping juga bisa di Pantai Panduri. Tersedia camping ground yang nyaman dengan support air bersih, listrik dan juga kantin. Khusus pengunjung yang ingin nge-camp ini dikenakan biaya Rp.5000,-/orang saja. Saat saya kesana, pada siang hari diadakan acara kopdar salah satu komunitas di Tuban. Itu buktinya pantai ini mulai dilirik masyarakat luas.

Tips Liburan ke Pantai

Agar liburan ke pantai menjadi menyenangkan dan memorable, tentu harus dipersiapkan dengan matang. Untuk itu tips berikut ini bisa membantu liburan ke pantai berjalan lancar.

  • Cari waktu yang tepat

Bagi yang ingin liburan ke pantai, sebaiknya pilih waktu yang tepat yaitu saat musim panas/ kemarau. Sebaiknya hindari ke pantai saat musim hujan, karena jika hujan bisa berbahaya. Selain gelombang tinggi, tentu tidak maksimal menikmati pantai karena bisa saja hujan dan angin kencang.

  • Gunakan sunscreen

Tentu tidak akan afdhol kalau liburan ke pantai tanpa bermain air ombak dan pasir. Tentunya saat melakukannya harus berada di bawah sinar matahari. Agar kulit terhindar dari bahaya sinar UV serta mencegah iritasi bisa menggunakan sunscreen dengan SPF yang cukup tinggi

  • Bawa makanan dan minuman

Untuk pantai yang telah di kelola dan dibuka untuk umum, tentu tersedia kantin. Bagi yang malas dan tidak mau ribet dengan urusan makanan maka bisa langsung membelinya. Namun bagi yang mau berhemat atau menikmati makanan sendiri bisa membawa bekal. Saya pun termasuk yang kedua terutama untuk makanan berat dan minuman. Sedangkan untuk Snack anak- anak saya membeli di lokasi wisatab

Bawa pakaian ganti dan perlengkapan mandi

Rasany kurang lengkap jika ke pantai tanpa renang dipantai. Atau bagi yang tidak suka renang, paling minimal bermain ombak dan pasir. Tentu tak nyaman jika pada saat pulang menggunakan pakaian basah dan kotor. Maka agar tetap bersih jangan lupa membawa pakaian ganti plus perlengkapan mandi ya. Di Pantai Panduri juga menyediakan tempat bilang yang cukup bersih.

  • gunakan topi dan kaca mata

    hitam

Selain menyiapkan sunscreen agar nyaman jalan di tepi pantai, bawa juga topi dan kaca mata hitam ya. Selain sebagai pelindung, topi dan kaca mata bisa jadi aksesoris untuk menunjang penampilan saat berfoto di pantaiS

  • Siapkan kondisi hape

Agar momen liburan bareng keluarga atau teman tidak hilang begitu saja, tentu kurang lengkap jika tanpa diabadikan dengan menggunakan hape. Untuk itu siapkan baterai hape jangan sampai habis. Jika ingin lebih aman, siapkan juga kantong khusus pelindung hape agar tidak terkena air.

Penutup

Pantai Panduri bisa menjadi pilihan untuk destinasi wisata di Tuban. Dengan mempertahankan dan meningkatkan pengelolaan yang sudah baik seperti sekarang, saya yakin pantai ini kedepannnya bisa menjadi wisata andalan Tuban. Apalagi di pantai ini masih banyak area yang belum dikelola secara maksimal, jadi potensi serta keindahan pantai yang dimiliki Pantai Panduri ke depannya sangat bisa untuk dikembangkan.

Satu pemikiran pada “Menikmati Keindahan Senja di Pantai Panduri”

Tinggalkan komentar