Tips Mengatur Keuangan Anti Boros di Bulan Ramadhan

Home » Tips Mengatur Keuangan Anti Boros di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinanti oleh seluruh umat Islam di seluruh dunia, tidak hanya karena banyak pahala yang dijanjikan, tapi juga pada bulan ini terdapat banyak tradisi unik yang tidak ditemukan di bulan lainnya. Namun, pada bulan ini pula justru banyak pengeluaran yang dilakukan. Terlebih jika memiliki online banking yang memudahkan setiap transaksi.

Pengeluaran yang paling banyak biasanya terdapat pada pos makanan. Walaupun jatah makan pada bulan Ramadhan jadi berkurang, tetap saja anggaran untuk makanan tetap banyak bahkan lebih banyak dari biasanya. Mulai dari membeli aneka makanan takjil, undangan buka bersama serta pengeluaran untuk persiapan lebaran.

Tips Mengatur Keuangan Anti Boros di Bulan Ramadhan

Mengatur keuangan di bulan Ramadhan agar tidak boros bisa Anda lakukan jauh-jauh hari sehingga ketika bulan tersebut datang, Anda lebih siap dalam mengatur keuangan. Sehingga Anda juga bisa menabung atau melakukan investasi.

Berikut adalah tips mengatur keuangan anti boros di bulan Ramadhan;

Kurangi Pengeluaran yang Tidak Penting

Siapapun pasti mengalami bahwa di bulan Ramadhan biasanya pengeluaran akan lebih banyak sebab semakin banyak makanan yang ingin dibeli terutama ketika akan berbuka. Pengeluaran yang berlebihan ini menyebabkan penghasilan Anda selama satu bulan kadang tidak cukup. Hingga ada beberapa yang harus berhutang.
Kebiasaan seperti ini tentunya tidak baik jika dilakukan terus menerus. Anda pun bisa menyiasatinya agar tidak boros saat bulan Ramadhan. Caranya adalah dengan mengurangi pengeluaran yang tidak penting.

Apalagi semakin canggihnya teknologi makin memudahkan untuk membeli apapun lewat online. Semakin tergiur untuk membeli banyak barang meskipun tidak begitu butuh. Padahal anggaran tersebut bisa Anda investasikan melalui online banking agar memiliki banyak tabungan sebagai dana darurat sewaktu-waktu.

Buat Anggaran Untuk Ramadhan

Membuat anggaran keuangan memiliki banyak manfaat. Diantaranya adalah Anda bisa menentukan apa saja yang akan Anda beli selama bulan tersebut. Nah, selama bulan Ramadhan agar tidak semakin boros, Anda pun bisa membuat anggaran keuangan.

Tentukan berapa pengeluaran yang harus dikeluarkan untuk pos-pos tertentu agar tidak melebihi budget. Membuat anggaran yang sesuai dengan pemasukan juga dapat membuat Anda paham dan tahu pengeluaran uangnya dialokasikan kemana saja.

Pahami Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

Pada saat bulan Ramadhan memang godaan untuk membeli apapun semakin besar. Apalagi sekarang terdapat fasilitas online banking yang mempermudah transaksi pembayaran lewat bank melalui smartphone.

Online banking adalah layanan melakukan transaksi perbankan melalui jaringan internet. Memanfaatkan teknologi internet kini transaksi semakin aman dan cepat. Termasuk pula transaksi menjelang hari raya yang biasanya semakin besar, perlu diwaspadai agar tidak membuat kantong Anda jebol.

Cara menyiasatinya adalah dengan memahami manakah yang merupakan kebutuhan dan keinginan. Saat membeli barang, cek dahulu apakah Anda butuh barang tersebut atau sekedar ingin saja. Jika memang barang tersebut dibutuhkan, maka tak ada salahnya jika Anda membelinya.

Buat Rencana Keuangan dari Jauh-Jauh Hari

Online banking adalah aktivitas perbankan yang memberikan fasilitas lebih mudah dan cepat bagi Anda. Hingga tak salah semakin banyak yang memanfaatkannya untuk setiap transaksi yang dilakukan.

Online banking juga memungkinkan bagi Anda semakin mudah untuk melakukan investasi meskipun pada bulan Ramadhan sekalipun, sebab biasanya bulan ini pengeluaran semakin banyak. Sebagai tips penting, agar tetap bisa investasi dalam jumlah banyak saat Ramadhan adalah dengan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu.

Cara mudahnya adalah dengan membuat rencana keuangan jauh-jauh hari. Misalnya membuat rencana keuangan untuk sahur, berbuka, zakat, belanja kebutuhan sehari-hari, kebutuhan jelang hari raya hingga bingkisan bisa Anda buat budgetnya sebelum Ramadhan tiba.
Setelah Anda membuat rencana keuangan, Anda juga bisa meminimalisir kegiatan berbuka di luar agar tidak mengeluarkan banyak uang. Anda bisa mengumpulkan dana berbuka di luar untuk investasi di online banking.

Sedangkan untuk keperluan belanja kebutuhan pokok, Anda bisa melakukannya sebelum Ramadhan karena harganya belum naik tinggi.

Memiliki Komitmen Kuat Terhadap Budget yang Dibuat

Terakhir, apabila Anda telah membuat anggaran keuangan atau budget selama bulan Ramadhan yang harus Anda lakukan selanjutnya berkomitmen terhadap budget yang telah Anda buat. Mulai dari budget menu berbuka setiap harinya, budget untuk sahur, budget belanja harian hingga budget buka bersama di luar.

Taat pada budget yang telah dibuat akan memberikan banyak keuntungan, diantaranya adalah lebih banyak dana yang bisa dialokasikan ke online banking untuk tabungan atau investasi. Di samping itu Anda juga tidak harus merasakan besar pasak daripada tiang dan berhutang sana-sini untuk menutupi anggaran keuangan yang kurang.

Online Banking dari Digibank by DBS untuk Atur Keuangan yang Bijak

Adanya online banking memang telah mempermudah aktivitas keuangan Anda serta aktivitas transaksi yang dilakukan lewat bank. Namun, memilih aplikasi online banking tidaklah semudah yang dibayangkan. Agar tetap amanah dan terpercaya, sebaiknya Anda memilih mitra bank yang profesional.

Aplikasi digibank by DBS bisa jadi pilihan terbaik bagi Anda karena memiliki beberapa keunggulan diantaranya adalah;

  • Transaksi lengkap, mudah dan aman
  • Tersedia produk kartu kredit serta pinjaman dengan approval 60 detik
  • Menyediakan produk asuransi dan lebih dari 150 produk investasi

Dengan berbagai kemudahan dan fasilitas yang diberikan online banking, aktivitas Anda dalam melakukan transaksi selama bulan Ramadhan juga akan semakin mudah dan lancar. Anda tidak perlu bingung lagi ketika ada kendala transaksi keuangan serta mencari tempat investasi yang tepat dan cocok. Untuk informasi lebih detail, silakan klik di sini.

Satu pemikiran pada “Tips Mengatur Keuangan Anti Boros di Bulan Ramadhan”

Tinggalkan komentar