Beragam Jenis Alat Pemanas Air Kamar Mandi

Home » Beragam Jenis Alat Pemanas Air Kamar Mandi

Alat pemanas air kamar mandi sebenarnya sudah digunakan sejak jaman dulu. Namun tentu bentuknya berbeda dengan alat pemanas jaman sekarang, yang lebih praktis dan lebih murah dan lebih bisa diproduksi secara massal.

Alat pemanas air kamar mandi ada beragam jenisnya. Bisa dibedakan berdasarkan bahan bakarnya, atau berdasarkan cara kerjanya. Bisa juga kombinasi antara bahan bakar dan cara kerjanya.

Pemanas Air Kamar Mandi Tenaga Matahari

Jenis pemanas air ini menggunakan panas dari matahari sebagai energi untuk memanaskan air. Biasanya air ditampung dalam pipa-pipa atau wadah sejenisnya dan diletakkan di tempat yang tinggi seperti atap, atau bangunan khusus. Tempat yang tinggi diperlukan agar bisa mendapatkan sinar matahari secara penuh. Setelah air dipanaskan maka siap digunakan untuk mandi. Lamanya pemanasan air tergantung pada volume air dan paparan panas matahari.

Alat pemanas air kamar mandi matahari cocok untuk daerah tropis seperti Indonesia yang cenderung mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun. Dari segi biaya operasional juga irit karena panas matahari tersedia secara gratis.

Namun ada kelemahannya yaitu ketergantungannya pada panas matahari. Ada saat ketika sinar matahari susah didapatkan. Misalnya ketika malam hari, ketika langit mendung, ketika musim penghujan.

Kelemahan lain yaitu suplai air panas tidak terus menerus bahkan meskipun panas matahari tersedia melimpah. Karena ketika air panas habis harus diisi lagi dan menunggu untuk dipanaskan lagi.

Pemanas Air Kamar Mandi Tenaga Listrik

Pemanas air yang menggunakan listrik sebagai energi untuk memanaskan air lebih praktis. Karena bisa bekerja tanpa tergantung dengan cuaca, bisa bekerja pada malam maupun siang hari. Pada umumnya pemanas air listrik ada dua jenis yaitu yang menggunakan tangki dan tanpa tangki.

Pemanas air listrik dengan tangki cara kerjanya mirip dengan pemanas air matahari. Air ditampung di tangki, lalu dipanaskan, bedanya yang digunakan untuk memanaskan adalah listrik. Mempunyai kelemahan yang sama yaitu tidak bisa menyuplai air panas terus menerus, dan memakan tempat untuk pemasangannya terutama jika tangki airnya berukuran besar.

Pemanas air listrik tanpa tangki berbeda cara kerjanya. Ketika digunakan air yang mengalir langsung dipanaskan dan bisa digunakan saat itu juga tanpa harus menunggu. Dengan demikian maka bisa menyediakan air panas terus menerus, kapan saja dibutuhkan.

Dan bisa mandi air panas sepuas mungkin selama yang diinginkan. Beda dengan yang tangki atau tenaga matahari, bisa jadi di tengah-tengah mandi air panas habis, harus menunggu diisi lagi dan dipanaskan lagi.
Pemanas air listrik tanpa tangki sudah mengalami perkembangan teknologi yang signifikan. Misalnya produk dari Champs Industrial, sebuah perusahaan Singapura yang dikenal memproduksi pemanas air kamar mandi berkualitas tinggi.

Produk Champs tidak hanya berfungsi untuk memanaskan air. Tapi dilengkapi dengan berbagai fitur seperti pengaturan suhu, pengaturan pancuran air, indikator panas abnormal, dan sebagainya. Bahkan teknologi terbarunya, Lumiflo, luar biasa karena mampu memurnikan air secara langsung sehingga menghasilkan air yang lebih sehat.

Tinggalkan komentar


labindo.co.id