Tips Membangun Dana Darurat Keluarga Anda

Setiap orang tidak ingin berada di kondisi darurat, namun ini bisa terjadi kapan saja. Oleh sebab itu penting untuk memiliki dana darurat untuk menutupi pengeluaran tak terduga yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Menyiapkan tabungan khusus atau dana darurat adalah salah satu cara penting untuk melindungi diri Anda sendiri, dan ini adalah salah satu langkah pertama yang dapat Anda ambil untuk mulai menabung.

Kita semua pernah mengalami keadaan darurat keuangan yang tidak terduga, misalnya saja tagihan medis yang tidak terduga, biaya perbaikan mobil yang tinggi, kerusakan rumah yang tiba-tiba, dan banyak lagi. Besar atau kecil, pengeluaran yang tidak direncanakan ini sering kali terasa seperti terjadi pada saat-saat tak terduga.

Apa itu dana darurat?

Dana darurat merupakan cadangan uang yang secara khusus disisihkan untuk pengeluaran yang tidak direncanakan atau keadaan darurat saat membutuhkan uang. Contoh paling umum yaitu perbaikan mobil, biaya medis, kehilangan pendapatan, perbaikan rumah dan banyak lagi.
Secara umum, tabungan darurat dapat digunakan untuk tagihan besar atau kecil yang tidak direncanakan atau pembayaran yang bukan merupakan bagian dari pengeluaran dan pengeluaran rutin bulanan Anda.

Cara Membangun Dana Darurat

Dengan menyisihkan uang, meskipun dalam jumlah kecil untuk pengeluaran yang tidak direncanakan ini, Anda dapat pulih lebih cepat dan kembali ke jalur yang benar untuk mencapai sasaran tabungan yang lebih besar. Ikuti beberapa tips berikut ini!

1. Tentukan Tujuan

Langkah pertama dalam membangun dana darurat adalah dengan menentukan tujuan Anda menyimpan tabungan Anda. Memiliki tujuan spesifik untuk tabungan Anda dapat membantu Anda tetap termotivasi dalam menyiapkan dana darurat.
Menetapkan dana darurat Anda mungkin merupakan tujuan yang dapat dicapai yang membantu Anda tetap pada jalurnya, terutama saat Anda baru memulai. Mencari tahu berapa banyak yang perlu Anda hemat, membantu Anda menyisihkan uang Anda untuk dana darurat Anda.
Anda bisa menggunakan alat perencanaan tabungan untuk menghitung berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk mencapai tujuan Anda, berdasarkan seberapa banyak dan seberapa sering Anda dapat menyisihkan uang.

2. Tentukan Anggaran

Setelah mengetahui berapa banyak yang perlu ditabung, langkah selanjutnya adalah membuat anggaran dan mulai menyisihkan uang setiap bulan. Bahkan jika Anda hanya mampu menabung sedikit setiap bulan, semuanya akan bertambah seiring waktu.
Ambil langkah lebih jauh dengan mengotomatiskan tabungan Anda untuk mengurangi kemungkinan kesalahan manusia. Siapkan transfer otomatis dari rekening Anda ke rekening tabungan darurat Anda di awal setiap bulan atau setiap kali Anda menerima gaji.

3. Simpan Dana Darurat Anda di Rekening Terpisah

Akan lebih baik jika membedakan tabungan darurat dengan rekening untuk menyimpan untuk kebutuhan sehari-hari. penting untuk menyimpan dana darurat Anda di rekening terpisah. Ini supaya uang yang Anda siapkan untuk darurat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.
Memisahkan rekening dana darurat akan membantu Anda menghindari godaan untuk merogoh tabungan Anda untuk pengeluaran non-darurat. Plus, memiliki dana darurat Anda di rekening terpisah akan membantu memastikan bahwa uang itu ada saat Anda benar-benar membutuhkannya.

4. Secara Teratur Memantau Kemajuan Anda

Anda perlu memeriksa tabungan Anda secara teratur. Entah itu dengan pemberitahuan otomatis tentang saldo akun Anda atau menuliskan total kontribusi Anda, menemukan cara untuk melihat kemajuan Anda dapat menawarkan kepuasan dan dorongan untuk terus maju.

Memantau dan menyesuaikan rencana tabungan Anda secara teratur dapat memberikan ketenangan pikiran karena mengetahui bahwa Anda memiliki dana untuk menangani pengeluaran tak terduga. Menyisihkan sedikit waktu setiap beberapa bulan dapat mengetahui berapa uang yang telah Anda kumpulkan untuk dana darurat.

5. Pikirkan Untuk Membeli Asuransi

Hal-hal tak terduga seperti kesehatan yang menurun, perbaikan kendaraan hingga perbaikan kerusakan rumah sering kali terjadi. Dana darurat mungkin tidak cukup untuk membayar tagihan rumah sakit saat Anda sakit. Atau Anda mengalami pencurian mobil dan uang darurat Anda tidak cukup untuk membeli mobil lagi. Hal ini sering kali membuat Anda frustasi bukan? Anda sudah menyisihkan uang Anda untuk dana darurat namun dana tersebut tidak cukup untuk menangani kondisi darurat Anda.

Akan lebih baik jika menyiapkan dana darurat dibarengi dengan memiliki asuransi. Asuransi sangat penting karena dapat melindungi Anda dari resiko-resiko yang tidak diinginkan. Anda dapat membeli asuransi kesehatan untuk diri Anda dan keluarga Anda supaya saat kondisi kesehatan Anda menurun, Anda bisa menggunakan asuransi Anda untuk membayar biaya medis yang dibutuhkan.

Untuk melindungi mobil Anda dari resiko kecelakaan dan pencurian, Anda bisa mengasuransikan mobil kesayangan Anda. Selain untuk melindungi dari resiko, mobil yang diasuransikan juga memiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan mobil yang tidak memiliki asuransi.
Rumah juga perlu dilindungi dengan asuransi, asuransi kebakaran rumah sangat penting dan perlu Anda miliki untuk melindungi resiko-resiko kerusakan rumah yang diakibatkan oleh kebakaran, bencana alam dan banyak lagi.

Anda bisa membeli asuransi kesehatan, asuransi mobil maupun asuransi kebakaran rumah di Gardaoto.com yang merupakan perusahaan asuransi terbaik di Indonesia. Asuransi melindungi Anda dari resiko-resiko yang tidak Anda inginkan. Jangan tunda lagi untuk membeli asuransi yang Anda butuhkan.

Tinggalkan komentar