Tips Membuat Plang Nama Toko yang Bagus

Membuka bisnis dagang dengan cara membuka toko banyak dilakukan orang. Pemilik toko tentu saja berharap agar usaha dan nama toko yang bagus bisa dikenal oleh banyak orang. Berbagai upaya dilakukan agar nama toko semakin dikenal salah satunya dengan menempatkan plang nama toko atau papan nama di lokasi usaha.

Manfaat plang nama toko

Plang atau papan nama toko yang bagus banyak digunakan baik untuk usaha komersial ataupun organisasi nirlaba. Papan nama memberi banyak manfaat buat penggunanya. Berikut ini sebagai beberapa manfaat plang nama untuk toko:

Sebagai identitas toko

Saat anda memiliki satu merek atau usaha, tetapi merek belum dikenal oleh banyak orang tentunya akan kesulitan dalam pemasaran. Plang nama dapat berperanan sebagai identitas usaha karena bentuknya yang memikat. Dengan tempat penempatannya di tepi jalan, ini akan membuat orang – orang yang melewati akan mengenal usaha Anda

Membantu menunjukkan lokasi usaha

Tanpa identitas atau plang papan nama toko yang bagus, orang pasti kesusahan untuk menemunkan lokasi toko anda. Saat mereka tidak bisa memperolehnya, mereka berpeluang akan beralih ke toko yang lainnya. Plang nama dengan design khusus menjadi penunjuk lokasi usaha anda . Maka ketika orang menemui plang itu, mereka langsung bisa mengenali jika toko anda ada di dekat plang itu.

Sebagai media promosi

Plang nama toko selainnya sebagai identitas bermanfaat juga sebagai media promo. Terutama untuk pengguna jalan yang lewat di sekitar lokasi. Design plang nama yang menarik bisa memancing perhatian orang untuk menyaksikannya.

Panduan membuat desain plang nama toko

Membuat desain plang nama untuk toko tentunya tidak boleh sembarangan. Yang mana plang itu membantu pengunjung untuk mengenal toko anda dan menjadi pusat perhatian . Maka makin menarik papan nama itu, rasa ingin datang ke toko semakin besar. Selain itu papan nama itu juga akan mereka ingat.

Papan nama harus dibikin dengan design yang efektif dan efisien karena termasuk dalam marketing usaha. Oleh karena perhatikan berbagai tips membuat desain papan nama yang bagus adalah :

Ukuran papan nama

Sebelum menentukan design plang nama, anda harus tetapkan lebih dulu ukurannya. Ingat, ukuran papan nama akan mempengaruhi gambar dan content yang bisa termuat di dalamnya. Dan, ukuran papan nama dan isinya tidak boleh melanggar aturan terutama dalam hal SARA.

Selain itu pikirkan juga anggaran dari segi pembuatan hingga pemasangan. Jangan sampai anggaran plang nama memberatkan terutama untuk usaha yang baru berdiri. Jadi sesuaikan anggaran yang dimiliki.

Lokasi penempatan papan nama

Lokasi penempatan papan nama juga punya pengaruh pada design yang hendak dibikin. Anda harus tentukan plang nama toko akan terpasang di depan bangunan toko atau menghadap ke dua arah jalan. Walau bentuknya dapat sama, namun finishing-nya dapat betul-betul berlainan.

Terkait dengan tempat, anda juga harus memerhatikan tinggi dan rendahnya papan nama itu. Pada daerah tertentu terutama pada jalan protokol ada ketentuan dalam pemasangan papan nama. Sebaiknya harus mengetahui terlebih dahulu sehingga tidak melanggar Undang- Undang yang berlaku..

Letakkan di tempat yang mudah dilihat

Simpel yang disebutkan di sini tidak memiliki makna anda membuat papan nama yang asal terlihat namun bentuknya yang tidak terlalu berlebih. Makin simpel design dari papan nama, pesan dapat ketangkap secara efisien oleh khalayak. Dan, tatanan letak yang tidak sulit memudahkan arah dari tulisan agar dapat dikenang dalam penghitungan detik. Jika anda ingin menambahkan informasi di papan nama, usahakan supaya menulisnya sesingkat kemungkinan dengan tatanan letak yang gampang dipahami

Tinggalkan komentar