Penyebab dan Cara Mengatasi Tidak Percaya Diri pada Wanita

Tidak percaya diri muncul pada siapapun, tidak terkecuali pada wanita. Biasanya hal itu karena mereka sering overthinking. Istilah overthinking sekarang banyak digunakan baik pada tulisan maupun pembahasan. Overthinking artinya pemikiran yang berlebihan. Tidak sedikit orang di dunia ini yang memiliki sering overthinking. Dimana mereka memikirkan suatu hal yang berlebihan, padahal belum tentu apa yang dipikirkan itu benar adanya. Jika hal tersebut terus dilakukan maka bisa menyebabkan tidak percaya diri.

Sebuah riset mengatakan kalangan wanitalah cenderung lebih tidak PD dibandingkan pria. Hal itu karena pada dasarnya wanita selalu menggunakan perasaan daripada logika. Misalnya saja saat badannya gendut mereka akan berpikiran orang akan menghinanya padahal pada kenyataannya tidaklah demikian.

Penyebab Wanita Tidak Percaya Diri

Disini ada beberapa informasi yang sering membuat wanita tidak percaya diri antara lain:

1. Insecure

Pada dasarnya wanita sangatlah memperhatikan penampilan. Terlebih pada jaman sekarang banyak wanita memiliki bentuk tubuh yang ideal dan kulit yang bersih putih. Dari sinilah wanita yang terkhusus baru menjadi ibu akan tidak percaya diri dengan penampilan yang membuatnya insecure karena perubahan fisiknya. Dia tidak lagi langsing seperti sebelum melahirkan.

2. Terlalu percaya omongan orang lain

Ada yang bilang kalau mulut tetangga lebih pedas dari mie setan level 5 bisa jadi memang benar. Apalagi jika tetangga tersebut paling suka kepo dan komentar dengan urusan kita. Hal tersebut tentu bukan masalah saat tidak menanggapinya. Sebaliknya jika percaya dengan omongan yang keluar dari mulut mereka dapat membuat tidak percaya diri.

3. Kurangnya mencari informasi

Pada umumnya wanita memang selalu menggunakan perasaan dibandingkan dengan pikiran. Banyak wanita yang kurang rasional memutuskan masalah. Penyebabnya mereka kurang berliterasi dan suka menelan informasi bulat- bulat tanpa mencari kebenarannya terlebih dahulu.

Tanda Seseorang Mengalami Tidak Percaya Diri

1. Hanya fokus pada permasalahan tanpa memikirkan solusi

Rata-rata orang yang mengalami tidak percaya diri dan kemudian overthinking ialah selalu panik dengan masalah, baik yang sudah terjadi ataupun yang belum terjadi. Dia merasa takut sendiri sebelum melakukan kegiatan karena yang dipikirnya hanya akan mengakibatkan hal-hal buruk saja. Mereka tidak bisa mencari solusi suatu masalah melainkan selalu memikirkan permasalahn tersebut.

2. Menyalahkan diri sendiri

Dalam menjalani kehidupan tidak selamanya apa yang diharapkan berjalan semestinya. Penyebabnya bisa faktor ekstern yaitu dari luar atau intern yang berasal dari diri sendiri. Sayangnya saat seseorang mengalami tidak percaya diri yang ada hanya menyalahkan diri sendiri saja. Akibatnya kedepannya seseorang tersebut akan ragu mengambil keputusan dan hilangnya kepercayaan dirinya.

3. Insomnia atau susah tidur

Saat mengalami kesulitan tidur biasanya cenderung pikiran kemana- mana. Jika berlarut- larut maka insomnia bisa mengakibatkan tidak percaya diri. Untuk itu jika mengalami gangguan tidur dan mulai mengganggu aktivitas harian sebaiknya segera minta pertolongan pada ahlinya.

Bahaya Tidak Percaya Diri dan Cara Mengatasinya

Tidak Percaya diri sangatlah berbahaya karena berdampak pada kesehatan mental dan mengakibatkan stress bahkan gangguan jiwa. Selain mental, fisikpun juga akan terganggu akibat overthinking seperti sakit kepala, pegal karena keseringan begadang, dll.

Berikut beberapa cara mengatasi tidak percaya diri

1. Percaya diri

Ketika kita yakin telah melakukan sesuatu dengan maksimal, maka akan menerima apapun hasil akhirnya. Yakinkan juga pada diri sendiri tidak harus memperoleh hasil sempurna karena yang terpenting sudah usaha.

2. Fokus pada solusi dan bertindak

Ketika hasil tidak sesuai apa yang dipikirkan, terimalah dengan ikhlas karena memang semua ekspektasi tidak harus direalisasikan. Fokus cari solusi tanpa berfikir negatif atas apa yang terjadi

3. Melakukan positive self-talk

Berbicaralah pada diri sendiri, bahwa kita tidak salah dengan keputusan yang telah diambil. Lebih sering memberikan nasehat positif kepada diri sendiri.

4. Batasi informasi yang kurang penting

Penyebab utama tidak percaya diri adalah overthinking. Overthinking bisa terjadi karena banyaknya informasi tidak penting yang membuat overthinking. Apalagi ditengah gencarnya arus informasi baik melalui media sosial maupun layar televisi kita harus pintar memilah informasi.

5. Lebih mendekatkan diri kepada Tuhan

Percayalah, semua yang terjadi adalah takdir Tuhan. Lebih mendekat kepada Tuhan adalah hal positif yang menjadikan kita menerima keadaan dan mengambil hikmah apa yang telah terjadi. Dan jangan lupa untuk selalu bersyukur dengan nikmat yang Tuhan berikan.

Tinggalkan komentar