Kesalahan yang Harus Dihindari Setelah Buka Rekening Online

Home » Kesalahan yang Harus Dihindari Setelah Buka Rekening Online

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini semua hal menjadi lebih mudah dilakukan. Sekarang manusia lebih memanfaatkan adanya perkembangan teknologi untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Sama halnya dengan buka rekening online juga bisa dilakukan melalui teknologi seperti handphone, laptop atau komputer.

Adanya kemajuan teknologi ini akan memudahkan manusia dalam menjalani kehidupan. Kemajuan teknologi tidak hanya digunakan untuk membuka tabungan online saja, melainkan bisa dimanfaatkan untuk transfer uang dan lain sebagainya. Anda juga bisa menggunakan kemajuan teknologi untuk membayar tagihan bulanan.

Berbagai Kesalahan yang Harus Dihindari Setelah Membuka Tabungan Online

Banyaknya trend belakangan ini membuat manusia sering lalai ketika memanfaatkan adanya kemajuan teknologi. Bahkan banyak masyarakat sekarang ini tidak sadar jika melakukan berbagai kesalahan setelah buka rekening online dan kesalahan tersebut bisa merugikan berbagai pihak.

Bagi Anda yang mungkin merasa sering mengalami kesalahan-kesalahan setelah membuka tabungan online, bisa menyimak beberapa hal yang perlu dihindari. Pasalnya kesalahan-kesalahan tersebut jika tidak dihindari bisa fatal akibatnya.

Berikut ini 5 kesalahan yang perlu Anda hindari setelah membuka rekening secara online untuk meminimalisir risiko:

1. Menggunakan PIN serta Password dalam Akun yang Sama

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh beberapa orang setelah membuka rekening secara online adalah menggunakan PIN dan password sama dalam beberapa akun. Memang menggunakan password atau PIN perlu sebagai bentuk keamanan pengguna. Namun jika password atau PIN yang digunakan sama untuk semua akun bisa mempermudah orang lain mengetahui akun Anda.

Menggunakan password atau PIN yang sama dalam semua akun juga sangat berbahaya. Pasalnya jika satu akun Anda telah berhasil diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Maka semua informasi pribadi Anda bisa hilang. Oleh karena itu sebaiknya Anda menggunakan PIN atau password yang berbeda dalam setiap akun e-banking.

Sudah banyak kasus peretasan data seperti data akun e-commerce yang berhasil diretas karena menggunakan PIN sama dalam semua akun. Sebaiknya Anda mengkombinasikan angka, huruf hingga simbol ketika ingin membuat PIN.

Jika Anda ingin membuka rekening secara online, Anda juga dapat menggunakan aplikasi mobile banking, karena dalam aplikasi ringan tersebut terdapat fitur keamanan tambahan yang berguna untuk melindungi data pribadi Anda.

2. Menyebarkan Data Pribadi Secara Sembarangan

Kesalahan-kesalahan selanjutnya yang sering dilakukan oleh sebagian orang setelah buka rekening online ini adalah menyebarkan data pribadi secara sembarangan.

Tentu saja membagikan atau menyebarkan data pribadi seperti tanggal lahir, alamat, nomor rekening dan password rekening sangat berbahaya dan dapat merugikan Anda. Pasalnya sekarang ini sudah banyak kasus penipuan akibat kesalahan hal ini.

Maka dari itu Anda bisa menghindari kemungkinan terjadinya penipuan adalah tidak memasukkan data yang sensitif seperti alamat rumah, nama ibu kandung, nomor telepon dan lain sebagainya dalam situs tidak terpercaya. Selain itu Anda juga harus berhati-hati ketika dibagikan link dalam email yang tidak jelas atau tidak terpercaya.

3. Lupa Memperbarui Nomor Telepon

Lupa memperbaharui atau tidak mengupdate nomor telepon merupakan salah satu kesalahan-kesalahan setelah buka rekening online melalui handphone atau komputer yang sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Tidak hanya itu terkadang kode penting seperti kode OTP (One Time Password) setelah membuka rekening baru secara online akan dikirim melalui nomor telepon tersebut.

4. Mengatur Login Otomatis dalam Akun Rekening

Mengatur login otomatis tanpa adanya sistem keamanan dalam akun rekening merupakan kesalahan yang sering dilakukan setelah buka rekening online. Sebaiknya ketika telah membuka tabungan secara online jangan mengatur login otomatis. Hal tersebut akan memudahkan orang lain dalam mencari informasi mengenai akun rekening Anda.

Sebaiknya Anda menggunakan fitur keamanan dalam akun rekening seperti sidik jari, pengenal wajah, kata sandi, pola atau sistem metode lainnya yang tidak diketahui orang lain jika ingin login dalam akun rekening. Pasalnya sistem keamanan tersebut akan membantu mengamankan berbagai informasi pribadi Anda.

5. Mengakses Rekening Online Menggunakan Wifi Publik

Setelah buka rekening online pastinya Anda akan melakukan berbagai aktivitas seperti transfer melalui handphone atau komputer. Sebaiknya jika Anda ingin melakukan aktivitas perbankan, jangan mengakses rekening online melalui atau menggunakan wifi publik.

Ketika menggunakan wifi publik untuk mengakses rekening online, Anda tidak bisa mengetahui siapa saja yang melihat data rekening. Namun jika Anda terpaksa menggunakan wifi publik untuk mengakses rekening online, Anda bisa menggunakan aplikasi VPN untuk meminimalisir adanya data pribadi yang dicuri.

Buka Tabungan Online paling Mudah dan Aman dengan digibank by DBS

Kenyamanan bertransaksi bisa Anda dapatkan melalui Aplikasi digibank by DBS. Menggunakan layanan serta fitur didalamnya, Anda bisa melakukan berbagai hal. Mulai dari layanan buka rekening online dengan mudah hingga investasi. Berikut beberapa keunggulan produk aplikasi ini:

Buka Tabungan tanpa Datang ke Kantor Cabang

Kemudahan perbankan semakin nyata ketika Anda bisa membuka rekening online dengan hanya di rumah saja. Pasalnya, Aplikasi digibank by DBS, menyediakan layanan online yang memungkinkan para calon nasabah untuk membuka rekening secara mudah.

digibank
Foto oleh Thirdman: https://www.pexels.com/id-id/foto/laptop-kantor-bekerja-duduk-7984728/

Verifikasi Mudah

Kemudahan berikutnya adalah fitur verifikasi yang mudah dan cepat. Anda hanya perlu menyiapkan data seperti KTP kemudian mengisi berbagai data yang diperlukan. Selain itu, aplikasi ini juga menggunakan verifikasi kamera depan handphone calon nasabah.

Gratis Transfer dan Tarik Tunai

Tidak seperti bank pada umumnya, Anda bisa leluasa melakukan transfer menggunakan Aplikasi digibank by DBS maupun tarik tunai di semua ATM tanpa biaya. Namun dengan syarat, saldo dalam rekening Anda rata-rata minimal Rp1 juta perbulannya.

Itu dia beberapa kesalahan pengguna rekening online yang cukup membahayakan data pribadi dan saldo rekening jika Anda tidak memahaminya. Dapatkan rekening online paling aman bersama digibank by DBS sekarang juga!

Tinggalkan komentar


labindo.co.id