Prakiraan Cuaca Di Sumatera Selatan Hari Ini Untuk Beberapa Daerah

Berita Sumsel hari ini diwarnai dengan prakiraan cuaca di Sumatera Selatan hari ini yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG wilayah Sumatera Selatan yang memberikan info bahwa wilayah sumatera selatan akan diguyur hujan dalam beberapa waktu. Pernyataan tersebut dikeluarkan langsung oleh pihak BMKG tepat pada hari sabtu yang memperlihatkan prakiraan cuaca beberapa hari kedepan.

Menurut hasil prakiraan cuaca diketahui bahwa pada pagi hari sampai siang harinya wilayah sumatera selatan akan cerah dengan perkiraan suhu sekitar 33°C. Kemudian memasuki sore diperkirakan cuaca akan berubah menjadi cerah berawan dengan suhu yang lebih turun. Barulah saat memasuki waktu malam cuaca diperkirakan akan sedikit mendung dan hujan ringan.

Namun meskipun begitu mengingat saat ini kondisi cuaca bisa sangat berbeda dengan hasil prakiraan cuaca pihak BMKG pun menghimbau kepada seluruh masyarakat Sumsel untuk selalu waspada. Bersiaplah selalu jika suatu waktu tiba – tiba terjadi hujan lebat yang disertai dengan angin yang kencang. Biasanya hujan tersebut pun juga akan disertai dengan petir atau kilat.

Jadi jika hujan seperti itu sedang terjadi di daerah anda sebaiknya hindari berdiam diri di area yang berbahaya seperti berteduh di bawah pohon ataupun berdiam di area terbuka. Selama musim hujan ini juga sebaiknya anda selalu bersiap membawa peralatan yang bisa melindungi anda dari hujan yang mungkin terjadi secara tiba – tiba.

Masyarakat Diminta Tetap Waspada

Terlebih bagi anda masyarakat Sumsel yang tinggal di daerah dekat dengan kaki gunung ataupun perairan untuk selalu siaga. Pasalnya kepala unit Analisa dan prakiraan cuaca di BMKG mengatakan bahwa masyarakat Sumsel perlu waspada dengan bencana Hidrometeorologi yang mungkin terjadi selama musim hujan seperti bencana banjir dan juga longsor.

Menurut hasil prakiraan pun terlihat bahwa beberapa daerah di sumatera selatan akan mengalami hujan deras yang disertai dengan angin yang kencang. Cuaca seperti itu tentunya akan memberikan dampak negative terhadap kondisi alam di sekitar dan juga bagi infrastuktur penunjang yang ada di tempat umum.

Update Selalu Informasi Terbaru

Demi menghindari efek dari kondisi cuaca ekstrem yang saat ini terjadi maka masyarakat dihimbau untuk selalu update informasi terkait prakiraan cuaca serta kondisi alam. Selain itu juga bagi masyarakat yang tidak berkepentingan saat cuaca sedang hujan deras disertai angin yang kencang sebaiknya tidak disarankan untuk keluar rumah.

Namun jika setelah adanya hujan deras ternyata di wilayah anda terjadi bencana seperti banjir atau longsor dan sebagainya maka anda diminta untuk segera menghubungi pihak terkait. Dengan begitu resiko terjadinya bencana yang lebih besar akan lebih teratasi dan tidak menimbulkan kerugian yang lebih besar.

Menurut BMKG diperkirakan bahwa kondisi cuaca hujan deras disertai angin kencang dan juga petir ini akan berlangsung selama satu pekan kedepan. Untuk itu kepada masyarakat sumatera selatan selama satu pekan kedepan diharapkan tidak melakukan kegiatan di daerah – daerah yang rawan bencana seperti ke daerah perairan ataupun pegunungan.

Masyarakat Harus Tetap Tenang

Dan bagi warga sumatera selatan terutama yang tinggal di wilayah yang rawan terjadi bencana Hidrometeorologi diharapkan untuk tetap tenang. Namun jika terjadi banjir sebaiknya segera keluar rumah dan sementara tinggal di tempat yang lebih aman. Selebihnya kepada seluruh masyarakat agar selalu waspada dan berhari – hati saat menghadapi cuaca seperti ini terutama di tengah masa pandemi yang masih cukup tinggi.

 

Tinggalkan komentar