Doa Sebelum Dan Sesudah Wudhu Beserta Tata Caranya

Home » Doa Sebelum Dan Sesudah Wudhu Beserta Tata Caranya

Doa Sebelum Dan Sesudah Wudhu Beserta Tata Caranya. Sholat merupakan ibadah yang paling utama untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Namun, sebelum melaksanakan sholat baik sholat fardhu maupun sunnah, Anda diperintahkan untuk terbebas dari hadas kecil maupun besar.

Untuk membersihkan diri dari hadas besar, Anda dianjurkan untuk mandi junub atau mandi besar. Sementara, untuk membersihkan diri dari hadas kecil bisa dilakukan dengan berwudhu.

Setelah wudhu, Anda dianjurkan untuk membaca doa wudhu baik sebelum maupun sesudahnya agar ibadah sholat yang dilaksanakan sempurna. Meski, tidak termasuk dalam rukun wudhu, namun membaca doa wudhu ini merupakan ibadah mulia mulia yang memiliki beberapa keistimewaan sehingga Anda disunnahkan untuk mengamalkan doa wudhu tersebut.

Bacaan Wudhu

Sebelum melakukan wudhu, Anda dianjurkan untuk memulainya dengan membaca ‘basmallah’ terlebih dahulu. Setelah membaca ‘basmallah’, lanjutkan dengan membaca niat wudhu dalam hati atau dengan suara pelan.

Doa sebelum Wudhu

Adapun bacaan doa sebelum wudhu yang dapat diamalkan setiap hari adalah sebagai berikut :

“Nawaitul wudhu’a liraf’il hadatsil ashghari fardhan lillaahi ta’aala.”
Artinya : “Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadas kecil fardhu (wajib) karena Allah Ta’ala.”

Setelah selesai doa wudhu, Anda juga dianjurkan untuk membaca doa sesudah wudhu. Doa sesudah wudhu ini dibaca setelah keluar dari tempat wudhu atau ketika hendak masuk ke mesjid.

Doa Setelah Wudhu

Berikut bacaan doa sesudah wudhu yang dapat diamalkan setiap hari :

“Asyhadu an laa ilaaha illallaahu wahdahuu laa syariika lah, wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhuu wa rasuuluh. Allaahummaj’alnii minat-tawwaabiin, waj’alnii minal mutathahhiriin, waj’alnii min ‘ibaadikash-shaalihiin.”
Artinya :
“Saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah jadikanlah aku golongan orang yang bertobat, golongan orang suci dan jadikanlah aku golongan hamba – hamba-Mu yang shaleh.”

Tata Cara Wudhu Sesuai Ajaran Rasulullah

Wudhu memiliki adab serta tata cara yang telah diajarkan Rasulullah SAW. Berikut dibawah ini penjelasan tentang tata cara wudhu sesuai dengan rukun wudhu :

1. Niat

Membaca niat merupakan rukun wudhu yang pertama. Anda diwajibkan untuk mengawali wudhu dengan membaca niat dalam hati.

2. Membasuh Wajah

Setelah membaca niat wudhu, lanjutkan dengan membasuh wajah dengan air sampai mengenai semua bagian wajah. Bagian wajah yang dibasuh meliputi kening hingga dagu, serta kedua pipi sampai ke pinggir telinga.

3. Membasuh Kedua Tangan Sampai Siku

Selanjutnya membasuh kedua tangan sampai siku. Hal tersebut sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Al – Maidah ayat 6 yang artinya adalah “..Dan basuhlah tangan – tanganmu hingga siku..”

4. Mengusap Sebagian Kepala

Setelah itu, mengusap sebagian kepala. Usaplah sebagian kepala dengan air sampai terkena rambut. Bagian rambut kepala yang dibasuh tidak semuanya, namun hanya bagian rambut depannya saja.

5. Membasuh Kedua Kaki Hingga Mata Kaki

Selanjutnya, membasuh kedua kaki dengan air hingga mata kaki. Hal tersebut sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Al – Maidah ayat 6, yang artinya “Basuhlah kaki kalian sampai kedua mata kaki.”

6. Tertib

Tata cara berwudhu yang sesuai dengan rukun wudhu terakhir adalah tertib. Yang dimaksud tertib disini adalah tahap – tahap dalam melaksanakan wudhu dilaksanakan sesuai urutan yang benar, tidak boleh lompat – lompat.

Jika tidak melaksanakan urutan rukun wudhu dengan benar, maka bisa dibilang wudhu tidak sah.

Tinggalkan komentar


labindo.co.id