Cara Mencegah Penyakit Jantung di Usia Dini

Home » Cara Mencegah Penyakit Jantung di Usia Dini

Daftar bpjs

Cara Mencegah Penyakit Jantung di Usia Dini – Penyakit jantung adalah suatu gangguan yang terjadi pada jantung dimana gangguan tersebut bisa bermacam-macam. Ada gangguan yang menyerang pembuluh darah, katup hingga gangguan yang disebabkan oleh genetik.

Jantung adalah orang tubuh yang sangat penting bagi tubuh manusia sebab fungsi jantung adalah mengalirkan oksigen ke seluruh bagian tubuh lewat darah. Apabila terdapat malfungsi pada bagian jantung maka hal ini dapat berdampak pada orang tubuh lainnya. Misalnya otak, otak akan menjadi kekurangan oksigen dimana oksigen ini sangat diperlukan bagi otak untuk memaksimalkan fungsi kerja otak.

Baca juga : Tips Merawat Orang Tua Stroke

Pada zaman sekarang, penyakit jantung tidak lagi menyerang lansia saja. Kelompok umur muda pun dapat terjangkit penyakit ini dan kasus penyakit jantung yang dialami oleh usi 20-30an sudah sangat masif terjadi. Untuk mencegah penyakit jantug di usia muda, berikut adalah beberapa tips pencegahan yang bisa Anda terapkan:

Rutin Berolahraga

Berolahraga selain dapat memberi bentuk tubuh yang bagus juga dapat menyehatkan tubuh khususnya untuk organ tubuh jantung. Anda dapat melakukan olahraga sederhana seperti jogging, berenang, naik sepeda, dsb. Siapkan waktu untuk berolahraga selama minimal 30 menit dalam 1 hari.

Minum Air Putih yang Banyak

Air putih memang memiliki banyak manfaat salah satunya adalah untuk kesehatan jantung. Kurangi minuman dengan perasa dan mulai biasakan untuk lebih banyak mengonsumsi air putih sehingga kualias jantung Anda senantiasa terjaga.

Kurangi Stres

Stresndapat memicu serangan jantung tiba-tiba. Hal ini dikarenakan saat Anda sedang stres tubuh akan memproduksi adrenalin yang membuat jantung bekerja lebih keras sehingga membuat tekanan darah meningkat. Belajar mengelola stres yang Anda alami dengan memberikan respons yang bijak. Melakukan meditasi juga dapat membuat perasaan Anda menjadi lebih tenang dan mengurangi stres yang ada.

 Baca juga : Cara mendaftar BPJS Kesehatan di Tuban

Berhenti Merokok

Apabila Anda termasuk perokok aktif maka berhentilah merokok demi kesehatan jantung Anda. Namun bagi Anda perokok pasif, bergerak menjauhlah ketika ada orang di sekitar yang merokok untuk menghindari bahaya dari asap rokok.

Tanpa adanya pencegahan seperti di atas, besar risiko Anda terjangkit penyakit jantung. Harga obat dan biaya perawatan yang mahal dapat membuat Anda stres dan memperburuk kondisi Anda. Terlebih apabila perlu melakukan operasi, seperti operasi pemasangan ring yang memakan biaya tidak sedikit. Anda perlu mendaftarkan diri Anda ke BPJS Kesehatan untuk mengurangi biaya yang akan dikeluarkan jika Anda sakit. BPJS Kesehatan bukan hanya akan menanggung biaya rawat inap dan operasi namun juga pembiayaan obat dan konsultasi medis.

Tinggalkan komentar