Inilah Alasan Menggunakan Domain Berbayar

Home » Inilah Alasan Menggunakan Domain Berbayar

domain berbayar

Bagi blogger yang ingin profesional menggunakan domain berbayar wajib hukumnya. Akan banyak keuntungan yang didapatkan. Salah satunya akan banyak penghasilan yang didapatkan

Menulis merupakan hobi saya sejak kecil. Tepatnya ketika kelas 4 SD dahulu mendapatkan apresiasi dari guruku. Sejak saat itu,  keinginan agar suatu saat tulisan bisa dibaca banyak orang muncul dan tertanam kuat. Terlebih bisa menerbitkan buku dan menjadi Best Seller.

Saya ingat benar ketika membaca buku Laskar Pelangi ada quotes yang mengatakan bahwa “Bermimpilah, maka Tuhan akan merangkul mimpimu dan menjadikan nyata”. Sesuatu yang awalnya imposible kemudian seolah menemukan jalannya sendiri. Meskipun sekarang belum menjadi penulis best seller tapi setidaknya memiliki blog pribadi dan bisa rutin mengisinya adalah suatu kebanggaan.

Bicara perjalanan ngeblog, sudah hampir 10 tahun saya menjalaninya. Tetapi dahulu ngeblog hanya untuk curhat terhadap apa yang saya lihat tetapi tidak bisa diungkapkan secara lisan. Sehingga bisa dipastikan, ngeblog masih moody. Pernah satu tahun posting tulisan hanya dua kali. Atau ketika posting pun cukup kata-kata separagraf yang tanpa arti.

Baru sekitar tahun 2016 saya coba serius untuk menekuni dunia blog karena mengetahui keuntungan dari ngeblog banyak sekali. Sehingga pada tahun itu juga saya beralih dari yang domain gratisan berubah menjadi berbayar. Awalnya saya setengah hati ketika pindah ke berbayar. Namun dengan pertimbangan berikut ini akhirnya saya memilih membeli blog aniskhoir.com.

Tantangan untuk serius ngeblog 

Ketika memilih untuk menggunakan domain tld. itu artinya saya harus serius ngeblog. Serius di sini dalam artian rutin memposting tulisan dan memiliki jadwal khusus untuk belajar tentang blog. Dengan menggunakannya tapi tidak digunakan sangat disayangkan. Karena domain itu ibarat kita menyewa rumah maya. Jadi prinsip saya, jika memakainya dengan mengeluarkan uang, minimal harus menghasilkan untuk membayar perpanjangan domain. Syukur- syukur bisa membantu keuangan untuk keperluan dapur.

Lebih keren

Sesuatu yang berbayar akan terlihat lebih eksklusif dari pada yang gratisan. Tidak terkecuali dengan domain blog. Memiliki domain berakhiran .com, net, id dan lainnya bisa digunakan untuk branding diri. Dan akan kelihatan lebih keren ketika dipasang di berbagai atribut yang dimiliki.

Domain berbayar dianggap lebih profesional

Bagi yang menjadikan blog sebagai sumber penghasilan, memiliki domain blog berbayar sangat penting. Biasanya suatu brand akan lebih percaya pada blog domain berbayar karena lebih professional. Disini bukan berarti yang tidak berbayar tidak bisa menghasilkan. Namun dari segi fee biasanya lebih tinggi dari blog gratisan, kecuali ada factor lain misalnya jumlah pengunjung.

Lebih bebas untuk mengelola blog.

Bagi domain berbayar beserta sewa hosting ibarat orang yang sudah menyewa rumah sendiri. Pemilik bebas mengelola blog tanpa campur tangan suatu platform blog misalnya saja blogspot atau wordpress. Selama bisa membayar biaya sewa, segala data atau artikel di blog aman saja. Berbeda dengan blog berdomain gratisan. Ibaratnya pemilik blog seolah menumpang sehingga tergantung dari kebaikan pemiliki platform. Selama tidak ada masalah, bisa terus menggunakannya. Namun ada kalanya karena suatu sebab, terdapat domain blog gratisan yang tiba-tiba hilang karena dihapus pemilik platform. So, bagi yang berniat professional dan ingin aman, menggunakan domain berbayar sekaligus hosting bisa menjadi pilihan.

Gimana, tertarik untuk menggunakan domain berbayar? Bagi yang ingin segera migrasi ke domain berbayar, tentu kamu survey ke penyedia domain berbayar yang cocok buat kamu. Kalau saya sih, mencari yang jarang down dan pelayanan prima. Jadi ketika ke depannya ada masalah dengan domain berbayar yang kita miliki, segera ada respon dari penyedia domain berbayar dan hosting yang kita pilih. Pada akhirnya saya mempercayakan pada Niagahoster atas rekomendasi dari beberapa artikel yang saya baca dan tentunyasaran dari teman yang telah menggunakan jasanya.

Ada yang mengatakan bahwa untuk mendapatkan pelayanan serta kualitas prima harus mahal, ternyata tidak berlaku di Niagahoster. Karena di Niagahoster juga tersedia promo domain murah bahkan Cuma seharga Rp. 15.000 saja. Jadi sebelum membeli domain yang diinginkan, kamu bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Jadi tidak ada alasan lagi, tetap menggunakan domain gratisan karena takut mahal, karena di Niagahoster tersedia domain sesuai dengan keinginan Kamu.

7 pemikiran pada “Inilah Alasan Menggunakan Domain Berbayar”

  1. Alasanku dulu pake domain berbayar, supaya rajin nulis :). Krn sayangkan udh bayar kalo ga diupdate.. Urusan dapat duit dr blog, sampe skr juga ga kepengin. Masih murni hanya utk nyalurin hobi nulis. Tapi sedihnya udh brapa minggu blm bisa nulis lg -_-. Kepikiran trus sih ama blog, tp skr ini urusan kantor hrs jadi prioritas utama.. Itulah kenapa blog jd sring dilupain 🙁

    Balas
  2. Iya mbk setuju banget. Sayang banget berbayar tp gk dioptimalkan dgn baik. Selamat y mbk thun ini udh berdomain TLD. Makasih sharingnya. Salam, muthihauradotcom

    Balas
  3. Wah sudah 10 tahunan y mbk. Luar biasa. Aku juga tertarik dengan dunia tulis menulis sejak SD. Semoga bukunya segera terbit dan jadi best seller amin. Btw makasih sharingnya. Alhamdulillah sudah berdomain jg. Salam, muthihauradotcom

    Balas

Tinggalkan komentar