Obat Tradisional Kumis Kucing Dan Manfaatnya

Home » Obat Tradisional Kumis Kucing Dan Manfaatnya

kumis-kucing-manfaatnya

Ketika kita berada di sebuah pedesaan tentu kita akan merasakan sejuknya udara, asri serta banyak sekali tanaman yang mungkin kita belum familiar dengan tanaman tersebut. Justru tanaman yang kita temui di semak-semak ataupun di pinggiran pematang sawah banyak sekali tanaman yang bisa dijadikan sebagai Obat Tradisional. Tanaman obat kumis kucing misalnya, tanaman ini memiliki nama latin Orthosiphon Arittarus  tumbuh liar di semak-semak bersama rumput lannya, disebut kumis kucing memang mirip seperti kumis kucing, berdaun hijau, dan memiliki bunga berwarna putih serta terdapat banyak putik yang menyerupai kumis kucing, makanya tanaman ini disebut kumis kucing.

Bagi yang tinggal diperkotaan dan daerah padat penduduk maka jarang bisa menemukan aneka tanaman. Terlebih tanaman kumis kucing yang kadang kita tak tahu bentunya. Jika Anda masih belum tahu cirri tanaman kumis kucing, secara umum tanaman kumis kucing mempunyai cirri-ciri sebagai berikut:

1.Mempunyai akar tunggang

2.Memiliki batang tegak dan tekstur basah

3.Memiliki daun loncong dengan panjang 1 samapi 10 cm

4.Memiliki tulang daun bercabang-cabang

5.Memiliki mahkona bungan putih keunguan

6.Benang sari mirip dengan kumis kucing

7.Biji kumis kucing yang muda berwarna putih kehitaman sedangkan yang tua berwarna coklat kehitaman.

Tanaman kumis kucing terutama daunnya ternyata mempunyai zat-zat yang terkandung yang dimanfaatkan sebagai obat. Zat- zat tersebut antara lain lipophilic, flavonoids, acid, orthosiphol dan rosmarinic. Zat- zat tersebut berfungsi sebagai pereda sakit sekaligus anti oksidan.

Manfaat dari tanaman ini dikenal sebagai pengobatan kencing batu. Tanaman ini dapat meluruhkan kencing batu, sehingga dapat melancarkan saluran kemih. Selain untuk mengobati kencing batu, tanaman ini juga dapat digunakan sebagai obat asam urat dan rematik. Pada penyakit rematik dan asam urat manfaat kumis kucing adalah untuk mengurangi rasa nyeri, menjaga persendian agar dalam keadaan baik serta mengurangi peradangan.

Selain itu kumis kucing juga bermanfaat untuk mengobati batuk, diabetes, obat masuk angin, hipertensi bahkan sembelit. Ternyata tanaman kumis kucing mempunyai banyak manfaat ya jika tahu penggunaannya. Sehingga jika Anda menemukan tanaman kumis kucing, jangan dirusak karena sangat bermanfaat sekali untuk mengobati berbagai macam penyakit yang disebutkan tadi.

Untuk mengolahnya cukup mudah, biasanya direbus dengan air, dan air rebusan kumis kucing tersebut diminum setiap hari. Ada juga yang menggunakan kumis kucing dengan cara sebagai dibagian yang sakit. Sifat kumis kucing yang antimikroba serta anti-inflamasi bermanfaaat mengurangi rasa sakit. Jadi memang khasiat dari produk obat herbal terbaik kumis kucing ini sudah banyak dirasakan manfaatnya oleh orang-orang sebaga tanaman tradisional yang dapat mengobati ragam penyakit.

Satu pemikiran pada “Obat Tradisional Kumis Kucing Dan Manfaatnya”

Tinggalkan komentar