5 Keuntungan Yang Diperoleh Dari Blog

Home » 5 Keuntungan Yang Diperoleh Dari Blog

 

aniskhoir.com .Dunia blog yang setahun terakhir saya tekuni banyak memberi kemanfaatan. Blog yang awalnya jadi ajang curhat tentang berbagai yang ada disekitar kemudian berkembang menjadi dunia yang tak bisa lepas dari saya. Bisa dibilang blog menjadi semacam virus baik yang menjangkiti dan memberi keuntungan yang diperoleh dari blog banyak sekali membuat tak bisa lepas dari blog itu sendiri.

Bisa dibilang saya mencintai dunia menulis sejak lama. Keinginan untuk mengirimkan karya ke media dimulai setelah tulisan dikirimkan oleh guru SD saya. Meskipun tak tahu kejelasannya apakah dimuat atau tidak, namun setidaknya saya mengetahui bahwa tulisan bisa dibagikan ke kalayak lebih luas apalagi sampai mendapatkan imbalan berupa materi sehingga memicu saya menulis hingga saat ini

 Baca juga : Karena Blogger Bukan Asal Curhat

Menekuni blog bukan perkara yang mudah. Apalagi untuk bisa konsisten menulis dan menjaga kualitas tulisan serta kualitas blog itu sendiri. Namun dengan 5 hal yang saya peroleh dari blog yang telah saya rasakan, menjadikan motivasi bagi saya untuk bisa konsisten menulis dan blogging.

 Keuntungan Memiliki Blog

1.       Menyalurkan hobi.

Selayaknya bermain bola, memasak, menggambar dan lainnya menulis juga menjadi hobi bagi saya. Ada semacam kepuasan tersendiri ketika bisa menyalurkan apa yang ada dipikiran yang tak bisa tersampaikan lewat kata namun pada akhirnya lewat tulisan.

Disaat jenuh dengan rutinitas harian, maka hobi bisa menjadi pengalihan dan semacam moodboster. Apalai bagi ibu rumah tangga penuh seperti saya menyalurkan hobi menulis bisa membuat saya tetap “waras” menjalankan hari serta menjadi penyemangat untuk pengembangan diri

2.       Pertemanan.

Blog bukan saja tempat menulis tapi jadi semacam media social bagi saya. Interaksi dengan pengunjung blog dan pembaca bisa menghadirkan jalinan pertemanan. Terlebih jika sesama blogger maka dengan seringnya blogwalking membawa peluang untuk lebih intensif berinteraksi serta adanya kedekatan.

Dengan memiliki hobi yang sama maka akan mudah sekali berinteraksi dan memiliki chemistry. Tak jarang pertemanan yang awalnya terjalin di dunia maya berlanjut dengan kopdar serta silaturahim yang erat.

3.       Materi.

Dengan semakin mudahnya akses internet menjadikan segala hal menjadi digital. Tak terkecuali orang mencari berbagai informasi melalui internet.Begitupun dengan blog sekarang juga digunakan sebagai sumber informasi sehingga produsen juga memanfaatkan blog sebagai media promosi.

Melalui review produk dan jasa yang diberikan memungkinkan blog memperoleh kompensasi berupa materi. Selain itu google sendiri pun memberikan apresiasi berupa pemberian iklan pada blog aktif dengan pengunjung yang besar. Tak diragukan sebagian orang telah menjadikan menjadikan dirinya sebagai fulltime blogger karena memang manfaat yang ditemukan dari blog banyak sekali

Baca juga : Cara Mudah Menaikkan Follower

4.       Berbagi ilmu

Informasi yang disebarkan lewat blog bisa berupa tips atau pengalaman yang lainnya bisa jadi sangat dibutuhkan oleh orang lain. Tentu blog bisa menjadi tempat membagikan pengetahuan kita ke netizen tanpa batas dan sebagai ladang amal bagi kita jika ilmu itu bermanfaat bagi kebaikan orang lain.

          5.       Eksistensi diri

Sebagai emak yang jarang keluar rumah dan bergelut dengan urusan domestic rumah tangga, menulis di blog adalah bentuk eksistensi diri. Tentu menulis bukan sesuatu yang tanpa isi seperti kepompong maka dari itu up grade diri baik melalui membaca buku, mengikuti workshop maupun seminar menjadi suatu keharusan sehingga tidak tergerus jaman.

Disitulah blog berperan bagi saya membuat hidup bergerak dinamis mengikuti arus perkembnagan yang sangat cepat dan serba digital. Selain itu dengan menuliskan sejarah pengetahuan yang kita miliki blog maka eksistensi kita tetap ada meskipun suatu saat kita tak ada di dunia.

Kesimpulan

Masih banyak yang diperoleh manfaat yang ditemukan dari blog. Namun saya berharap lima poin tentang keuntungan menulis di blog diatas bisa mewakili dan menjadi penyemangat bagi saya khususnya untuk menulis lebih banyak dan lebih berbobot lagi.

8 pemikiran pada “5 Keuntungan Yang Diperoleh Dari Blog”

  1. Setuju dengan ke-5 keuntungan yang diperoleh itu. Selain pertemanan, meskipun di dunia maya. Memang sangat cocok menyalurkan hobi, menceritakan pengalaman. Karena bagiku blog itu seperti diary. Digital diary. Tempat dimana aku menuangkan pengalaman yang dibalut dalam sebuah cerita..hehe

    Balas
  2. Bener banget ya mba. Banyak sekali manfaatnya. Dan yang paling terasa itu buat saya ya pertemanannya. Jado kenal banyak orang. 🙂

    Balas
  3. sepakaat mbak dengan 5 keuntungan dari blog yang dipaparkan di atas. Pokoknya gak rugi deh bisa ngeblog 🙂 bt salam kenal

    Balas
  4. Awalnya aku nulis blog krn aku pelupa.. Sementara aku hobi traveling dan kuliner :p. Jd supaya ga lupa dgn tempat2 yg prnh aku datangin, aku tulis di blog. Dulu masih di multiply.. Trs krn ditutup, pindah ke blogspot, nah skr baru deh di domain sendiri..

    Nulis blog jd jd terapi stress kalo buatku mba.. :D. Lg jenuh tp ga bisa traveling, obatnya ya nulis.. Makanya aku g bisa lepas jg dr blog ampe skr

    Balas

Tinggalkan komentar