Pantai KIT, Pantai Bersih di Jalur Pantura Tuban

Home » Pantai KIT, Pantai Bersih di Jalur Pantura Tuban

Jika bicara tentang wisata di Tuban selain tentang wisata religi dengan julukan bumi walinya, dan “seribu gua” nya juga tak lepas dengan pantainya. Berada di sepanjang pantai utara, Tuban menawarkan pantai dengan ombak yang tenang sehingga cocok untuk bermain dan bersenang- senang. Tak dipungkiri, wisata bahari menjadi destinasi yang menarik dan berbagai pantai di Tuban pun sudah banyak di kenal dan jadi buah bibir masyarakat. Dari ujung timur, terdapat pantai kelapa yang terletak di desa Panyuran, Palang. Kemudian pantai Boom, Pantai Kute (kulon terminal), pantai mangrove, pantai cemara, juga tentang pantai Remen yang eksotis dengan pasir putih dan laguna-nya. Sedangkan di ujung barat konsep wana wisata plus pantai yang indah juga ditawarkan oleh pantai Sowan. Dan diantara sekian pantai,bagi kami warga sekitar khususnya sedang ngehits dengan namanya Pantai KIT.

  

Dibanding pantai lainnya, pantai KIT masih baru untuk bisa dikunjungi. Secara resmi dibuka baik oleh pemerintah daerah maupun masyarakat desa pun belum dilaksanakan. Namun karena letaknya yang strategis, sehingga banyak pengunjung yang datang ke pantai KIT. Terutama jika hari libur, atau waktu sore hari. Oh ya, pantai ini sama orang – orang dinamai pantai KIT karena letaknya tepat di depan pintu masuk Kawasan Industri Tuban (KIT) yang terletak di Desa Socorejo Kecamatan Jenu. Bagi yang ingin berkunjung ke pantai KIT, jangan harap ada plang atau papan nama yang menunjukkan kearah pantai, karena tak akan di temui. Cukup dari jalan raya pantura kita cari jalan kecil yang berada di seberang jalan KIT. Tak jauh hanya sekitar 50 meter saja.

 Baca juga Pantai lainnya di Tuban : Wana Wisata Pantai Sowan

Sebelum masuk ke pantai, pengunjung akan di sambut oleh rimbunnya pohon cemara yang berada di atas bibir pantai. Terdapat juga sebuah warung ikan bakar yang bernama Warung Bang Toyib. Hanya merogoh uang sekitar 100K, anda bisa menikmati ikan bakar plus suasana pantai KIT sepuasnya berdua dengan si dia. Iya, si dia.. Namun  sayang sekali, ketika saya berkunjung ke pantai KIT di pagi hari dan Warung Bang Toyib baru buka di sore hari.

Secara umum, pantai KIT hampir sama dengan pantai di Tuban lainnya. Laut yang tenang dengan ombak yang tidak terlalu besar serta pasir yang berwarna putih. Yang istimewa dari pantai KIT ini tempatnya bersih sekali. Karena belum banyak pengunjung, dan tak ada penjual selain Warung Bang Toyib maka sampah pun tak ada yang berserakan. Semoga saja kondisi kebersihan yang baik ini berlangsung terus sampai pantai KIT didatangi banyak pengunjung.

Selain kebersihannya dari pantai KIT pengunjung dapat melihat juga pelabuhan khusus Semen Indonesia Area Tuban dari kejauhan. Banyak juga spot- spot kece yang instagramable banget. Bagi anda yang ingin menikmati suasana pantai tanpa diganggu keramain pengunjung lainnya, pantai KIT bisa jadi jawabannya.

Karena semakin hari pantai KIT makin banyak pengunjung, menurut Kepala Desa Socorejo yang baru dilantik, pantai KIT telah dicanangkan untuk dijadikan objek wisata yang akan di kelola oleh Karang Taruna setempat. Jika hal itu benar dilakukan, besar harapan saya sebagai pengunjung bahwa nantinya sarana dan prasarana pantai KIT bisa diperhatikan dengan benar oleh pengelola. Terutama kondisi jalan yang masih berupa tanah menuju ke area wisata. Juga tentunya perlu sekali disediakan MCK yang layak yang bisa digunakan oleh pengunjung. Satu lagi yang sangat penting, kebersihan pantai yang ada sekarang selayaknya dipertahankan terus meskipun nantinya pantai KIT dikenal namanya layaknya pantai yang lainnya. Saya yakin jika pantai KIT di kelola dengan baik akan mampu membuka lahan usaha bagi warga setempat khususnya dan menjadi destinasi utama wisata bahari bagi masyarakat pada umumnya.

9 pemikiran pada “Pantai KIT, Pantai Bersih di Jalur Pantura Tuban”

Tinggalkan komentar


labindo.co.id