Berkunjung ke Kwan Sing Bio Tuban

Home » Berkunjung ke Kwan Sing Bio Tuban

Jika anda sedang berada atau melewati jalan utama pantura Tuban maka tepat di depan pantai utara ada sebuah klenteng yang cukup besar. Arsitektur khas China dengan warna merah yang mencolok membuat bangunan itu mudah dikenali. Klenteng Kwan Sing Bio namanya. Bagi yang ingin tahu lebih jauh, ternyata boleh lho masuk ke komplek klenteng terseb karena juga dibuka untuk umum. Tentunya dengan syarat dan ketentuan yang telah ditentukan pengelola ya.

Awal mula saya penasaran, beberapa teman meng-upload foto yang berlatar belakangkan sebuah bangunan khas China. Setelah ditelusuri dan bertanya, bangunan tersebut merupakan komplek  klenteng Kwan Sing Bio yang berada dijalan Martadinata Tuban. Maka kami, saya dan suami serta Baby Wan pun berniat kesana. Selain penasaran dengan bangunan yang luas dan menjulang tinggi jika dilihat dari jalan juga ngin mendapatkan foto dengan latar belakang yang instagramable.

Jika anda berkunjung ke Komplek Kwan Sing Bio, Pertama yang harus dilakukan setelah memparkir kendaraan ditempat parkir adalah lapor ke petugas keamanan yang berjaga disana. Di di pos keamanan akan  akan dijelaskan bagian komplek yang mana saja yang boleh dimasuki pengunjung, serta bagian mana saja yang termasuk area “hanya untuk yang berkenpentingan”. Dan di pos saptam pengunjung diminta untuk meninggalkan Kartu pengenal sementara selama pengunjung berada disana.

Secara keseluruhan komplek Kwan Sing Bio sangat besar. Sebelah timur terdapat area parkir Menuju area yang boleh dikunjungi, ada sebuah lorong besar aula. Di lorong tersebut dijual aneka souvenir berbau china. Dan diloong tersebut pada kanan kiri dindingnya terdapat relief gambar Candi Borobudur , tembok China serta Wilayah Negara Indonesia.

Selanjutnya pengunjung akan berada pada halaman komplek yang sangat luas serta dihiasi bangunan komplek yang menjulang. Ada kolam dengan jempatan berkelok- kelok khas china yang mengingatkan saya pada film ular putih yang mana bisa saja tiba- tiba si siluman ular putih muncul dari air. Diujung jempatan tersebut terdapat bangunan yang selayaknya mengapung di atas air.

Bagi yang ingin berkunjung ke komplek Kwan sing Bio, sekali lagi anda harus mematuhi peraturan yang telah diterapkan pengelola. Karena komplek Kwan Sing Bio terdapat klenteng untuk beribadah, jadi selayaknya kita menghormati dengan tidak mengganggu dan melewati batas- batas yang telah ditentukan pengelola. Dengan demikian akan tercipta toleransi serta kerukunan diantara umat beragama.

7 pemikiran pada “Berkunjung ke Kwan Sing Bio Tuban”

Tinggalkan komentar


labindo.co.id