Sssttt…Ini Dia Kuliner Yang Paling Dicari di Tuban

Home » Sssttt…Ini Dia Kuliner Yang Paling Dicari di Tuban

Setiap daerah memiliki kuliner khas yang hanya bisa di nikmati jika berkunjung atau datang ke warung makanan yang khusus menyediakan menu khas daerah tertentu. Begitu pula dengan Tuban, selain terkenal dengan pantainya, Kulinernya pun patut dicoba. Jika anda kebetulan datang ke Tuban, adalah wajib mencoba kuliner olahan dagingnya yang terkenal kelezatannya yaitu Becek.

Becek sendiri merupakan kuliner dengan kuah santan yang dipadukan dengan bumbu yang kaya akan rempah- rempah serta daging empuk di dalamnya. Sekilas, kuliner becek ini mirip dengan gule, namun dari segi rasa sangat berbeda. Gule yang lebih identik dengan daging kambing, sedangkan untuk Becek sendiri bisa menggunakan aneka daging, baik itu ayam, kamping, entong dan yang paling terkenal adalah becek daging sapi.

Jika anda ingin menikmatinya,bisa datang warung makan di Tuban. Namun jika itu tak memungkinkan, maka Anda bisa mencoba mengeksekusi resep becek dirumah sendiri sesuai dengan yang anda inginkan. Untuk bahan tentunya yang paling penting adalah daging (lagi-lagi menurut selera), kelapa untuk diambil santannya. Sedangakan untuk bumbunya, yaitu bumbu lengkap (biasanya ibu di desa saya menyebut bumbu lengkap untuk menujukkan masakan dengan hamper semua bumbu di dapur) yaitu : Bawang merah, bawang putih, cabe, kemiri, merica, pala, keningar, lengkuas, kunyit, ketumbar, daun jeruk, kencul, garam, gula dan terasi. Untuk penyedap rasa, opsional . Untuk ukuran banyaknya tergantung dari seberapa banyak masakannya ya. Sedamgkan untuk bahan tambahanya yaitu daun bawang, tomat dan bawang goreng.

Untuk cara memasaknya, tak berbeda dengan memasak daging pada umumnya. Rebus daging sampai empuk. Sementara itu semua bumbu dihaluskan, kemudian tumis dan masukkan ke daging yang telah direbus. Kemudian masukkan santan. Tunggu sampai matang. Sebelum diangkap dari kompor, masukkan bahan tambahannya. Becek yang lezat siap dinikmati.

Yang jadi cacatan adalah bagi anda yang kebetulan kolesterol tinggi, patut waspada jika ingin menikmati becek. Daging, minyak plus santal tentu bisa memicu kolesterol merangkak naik. Tapi jangan kawatir, masih banyak kuliner Tuban yang lainnya bisa anda nikmati, seperti Sayur asam klentang dengan ikan panggang

4 pemikiran pada “Sssttt…Ini Dia Kuliner Yang Paling Dicari di Tuban”

Tinggalkan komentar