Desa Mliwang : Karma Menghadap ke Utara

Home ยป Desa Mliwang : Karma Menghadap ke Utara

 

Ada sebuah tradisi yang dipegang erat di suatu daerah secara turun temurun. Di wariskan dari generasi ke generasi. Tradisi yang seolah tak selaras dengan dengan zaman, nyatanya masih dipegang. Kepercayaan, mitos serta norma yang telah berlaku tersebut bernilai sebuah harga. Seperti di Desa Mliwang ini ada aturan tak memperbolehkan rumah menghadap ke utara.

karma hadap utara
Rumah penduduk yang berada di sebelah selatan jalan, tapi rumah tak menghadap ke utara(jalan)

Tidak ada yang berbeda jika memasuki Desa Mliwang. Sebuah desa kecil yang berada di Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban. Jalan desa yang telah teraspal halus, serta got yang tertata rapi menunjukkan desa telah tersentuh pembangunan. Di beberapa bangunan juga tertuliskan CSR dari beberapa perusahaan semen multinasional. Tak heran Desa Mliwang masuk dalam ring satu salah satu perusahaan semen tersebut. Jika lebih jauh mengamati, ada yang menarik di desa ini. Kebetulan jalan utama desa Mliwang membentang dari timur ke barat. Jadi rumah pun mengikuti disepanjang jalan. Untuk rumah yang berada di sebelah utara jalan, tak ada yang berbeda dengan desa lainnya. Namun untuk sebelah selatan akan tertemui keganjilan. Di Desa Mliwang tak ada sebuah rumah yng menghadap ke utara. Sehingga untuk menyiasati jika berada di selatan jalan, maka rumah tersebut tak menghadap ke jalan.

mliwang kerek tuban
Salah satu kegiatan penduduk yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani

Suatu aturan ada dan dibuat sebagai bentuk ketaatan atau bisa juga pencegahan terhadap hal yang tak diinginkan. Konon katanya adanya aturan yang melarang menghadap ke utara sebagai bentuk prefentif terhadap karna. Jika aturan itu di langgar maka yang terjadi adalah robohnya rumah yang dibangun. Tentang betul tidaknya hal itu sampai sekarang tak satu pun rumah yang menghadap ke utara.

15 pemikiran pada “Desa Mliwang : Karma Menghadap ke Utara”

  1. desa yang sepi mbak, dna bentar lagi gaks epi karena bakal dis erbu pasukan internet hehe… dan semoga makin diberikan jalan yang lurus didesa ini aamiin…. salam kenal mbak thx follownya cakep ^-^ #justfunplayandkidd

    Balas
  2. rumahku maep selatan, mbak, tapi yg belakangku jadi madep utara…. untungnya di kota besar ngga ada tradisi gitu ya, bisa pusing pala developernya nanti, hihi

    Balas

Tinggalkan komentar


labindo.co.id