Kenali Penyebab dan Ciri-ciri Asam Urat di Betis

Home » Kenali Penyebab dan Ciri-ciri Asam Urat di Betis

Sering merasa nyeri pada sendiri atau di sekitar area kaki? Bisa jadi karena asam urat. Umumnya penyakit ini sering dikaitkan dengan orang tua atau wanita menjelang menopause.

Nyatanya asam urat atau sering juga disebut gout bisa dialami oleh siapa saja dan pada usia berapa saja. Artinya, penyakit ini tidak hanya dialami oleh orang tua saja tetapi usia 20-an juga. Untuk lengkapnya baca ulasan di bawah ini ya.

Apa Itu Asam Urat?

Penyakit asam urat termasuk cukup populer karena banyak yang menderitanya. Terlebih salah satu penyebab penyakit ini karena gaya hidup tidak sehat. Namun, apakah sebenarnya asam urat itu?

asam urat di betis

Asam urat adalah rasa nyeri hebat pada sendi yang disertai rasa panas yang tidak tertahankan hingga terjadinya pembekakan di bagian lutut, pergelangan tangan dan juga jari kaki.

Khusus asam urat di bagian lutut dan pergelangan kaki dapat memicu terjadinya asam urat di betis yang menyebabkan kaki sulit bergerak.

Karena rasa nyeri ini, banyak yang menyamakan dengan rematik yaitu peradangan pada sendi dan otot. Padahal keduanya berbeda dan cara penanganannya pun berbeda.

Ciri-ciri Asam Urat Secara Umum

Perlu diketahui bahwa ciri ciri asam urat baik pada sendi maupun betis hampir sama. Ada beberapa ciri-ciri asam urat secara  umum yang patut diwaspadai antara lain:

Nyeri yang Menyiksa

Salah satu ciri asam urat yang paling umum yaitu nyeri yang tidak tertahan pada betis atau sekitar persendian. Nyeri ini berlangsung antara 3-10 hari dan jika tidak ditangani segera bisa memperparah keadaan.

Rasa nyeri tersebut berasal dari kadar asam urat yang tinggi di dalam darah sehingga menimbulkan penumpukan kristal pada sendi.

Pegal-pegal

Selain nyeri, pada area betis akan terasa pegal-pegal meskipun tanpa beraktivitas yang padat atau faktor kecapekan.

Terjadinya Peradangan

Tidak hanya terasa nyeri dan pegal, asam urat menyebabkan peradangan hingga pembekakan pada betis atau sendi. Pembekakan terjadi karena meningkatnya volume cairan pelumas sendi.

Sensasi Rasa Hangat atau Panas

Asam urat juga menyebabkan sensasi rasa hangat hingga panas pada betis atau sendi yang terserang asam urat

Kesulitan Berjalan

Akibat asam urat tidak segera tertangani dengan baik dapat menyebabkan penderitanya sulit berjalan hingga berminggu-minggu. Bahkan jika kambuh lagi, fase penyembuhan akan lebih lama dari sebelumnya dan asam urat dapat menyerang betis dan sendi atau bagian tubuh lainnya.

Terdapat Benjolan

Jika semakin parah, asam urat dapat menyebabkan benjolan yang disebut thopi. Benjolan ini tidak hanya menimbulkan rasa nyeri yang menyiksa tetapi juga merusak sendi, jaringan otot serta kulit secara permanen.

Cara Menurunkan Asam Urat

Asam urat tidak hanya membuat sakit penderitanya tetapi juga mengganggu aktivitas hariannya. Untuk itu, jika mengalami gejala seperti diatas segera mengatasinya agar tidak memperburuk keadaan.

Berikut ini beberapa cara mengatasi asam urat khususnya di betis antara lain:

Banyak Minum Air putih

Air putih penting untuk mencegah peradangan pada bagian yang sakit karena asam urat yang tinggi.

Menjaga Pola Makan

Pola makan yang salah menjadi faktor yang sering menyebabkan asam urat. Jika mengalami gejala asam urat, perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin C sehingga dapat menetralkan kadar asam urat.

Selain itu, hindari makanan yang mengandung kadar purin tinggi seperti daging, jeroan dan juga seafood. Purin yang teralu banyak menyebabkan tidak semuanya dapat dipecah oleh ginjal dan terbuang oleh urin.

Justru sisa purin yang tidak dipecah tersebut larut ke darah dan menjadi cikal bakal asam urat.

Kompres Dingin

Untuk meredakan nyeri pada bagian yang sakit, dapat mengompres dengan menggunakan kantong berisi es batu.

Letakkan Posisi Kaki dengan Tepat

Saat asam urat menyerang pada kaki, untuk mengurangi rasa nyeri atau pegal-pegal dengan cara memposisikan kaki lebih tinggi dari badan. Caranya dengan berbaring dan meletakkan kaki pada bantal atau tembok.

Konsumsi Suplemen Herbal

Jika berbagai upaya diatas tidak membuahkan hasil, maka cara terbaik yaitu memeriksakan diri ke dokter.
Selain itu, dapat juga mengonsumsi suplemen herbal penurun asam urat dari Sido Muncul

Sido Muncul Ricasid, Berkhasiat menurunkan Asam Urat

sido muncul ricasid

Sebagai brand yang terkenal akan produk herbalnya, Sido Muncul kembali menghadirkan produk berkualitas dan bermutu tinggi salah satunya Sido Muncul Ricasid. Produk ini secara khusus diracik untuk meredakan nyeri dan pegal karena asam urat.

Sido Muncul Ricasid ini terbuat dari tanaman obat tradisional Indonesia terkenal kasiatnya antara lain:

  1. Mahkota dewa, terkenal sebagai anti inflamasi sehingga efektif mengurangi peradangan pada persendian
  2. Bawang putih, bumbu dapur satu ini memiliki antioksidan yang cukup tinggi sehingga dapat mengelola kadar asam urat dalam darah.
  3. Sambiloto, tanaman ini sejak dulu menjadi obat tradisional untuk mengurangi peradangan
  4. Kunyit, kandungan kurkumin-nya mampu meredakan rasa nyeri serta mengurangi kadar asam urat.

Jadi, tunggu apalagi jika mengatasi gejala asam urat di betis atau persendian segera lakukan cara untuk menurunkan seperti diatas. Salah satunya dengan konsumsi Sido Muncul Ricasid secara rutin 2 kali sehari.

Leave a Comment