Intip Yuk, Cara Memilih Provider Wifi Untuk Rumah yang Bagus

Home » Intip Yuk, Cara Memilih Provider Wifi Untuk Rumah yang Bagus

Bagaimana sih cara memilih wifi rumah yang bagus? Jika ada yang punya masalah tersebut, Kamu berada di halaman tepat. Di tulisan ini, aku akan membahasnya secara lengkap.

Sejak beberapa tahun lalu, setelah terjun ke dunia konten kreator aku ingin menggunakan wifi rumah. Pasalnya pemakaian paket data di hape lumayan besar sehingga menguras keuangan. Belum lagi kalau terlewat mengisi otomatis internet akan mati. Hal tersebut tentu saja menghambat pekerjaan.

Sayangnya letak tempat tinggalku yang lumayan ndeso saat itu tidak memungkinkan pasang wifi. Pernah bertanya ke gerai penyedia wifi kenamaan juga. Saat itu jawabannya sama, area di sekitar rumah belum masuk fiber optik. Jadi tentu saja belum bisa untuk pasang wifi.

Dengan berjalannya waktu, mau tidak mau akhirnya pake wifi hape dan melupakan untuk pasang wifi rumah. Dengan berjalannnya waktu, penyebaran wifi semakin masif. Termasuk di desaku sudah bisa pasang wifi rumah. Kesempatan itupun tidak aku sia-siakan dan segera aku memasangnya.

Ternyata memilih wifi rumah yang bagus dan harga terjangkau tidaklah mudah. Tentu banyak pertimbangan karena juga menyangkut kelancaran pekerjaan.

Tips Memilih Wifi Rumah

Ada beberapa cara memilih provider wifi untuk kebutuhan rumah, yaitu sebagai berikut:

Cek Jangkauan Lokasi Wifi

Seperti ceritaku diatas, sebelum memutuskan berlangganan provider wifi pastikan jaringannya sudah menjangkau area tempat tinggal kamu. Kamu bisa mencari tahu langsung dengan bertanya ke kostumer servis provider tersebut.

Bisa juga bertanya pada tetangga atau teman yang sudah menggunakan layanan wifi. Dari situ kamu bisa memutuskan apakah provider wifi tersebut layak kamu gunakan atau tidak

Perhatikan Kecepatan Wifi

Jika sudah menemukan provider wifi mana yang kamu pilih, langkah selanjutnya yaitu menentukan kecepatan internet yang dibutuhkan. Kecepatan inilah yang menentukan besaran biaya yang harus kamu keluarkan tiap bulannya. Semakin tinggi kecepatannya, itu artinya biaya semakin mahal.

Pertimbangkan juga berapa perangkat yang nantinya tersambung dengan internet. Termasuk juga apa saja yang diakses oleh anggota keluarga sehingga tepat menentukan paket internet. Jika semakin sering streaming atau download data yang besar, itu artinya kamu membutuhkan pake internet dengan kecepatan tinggi.

wifi rumah

Jadi, kalau ada pertanyaan berapa Mbps wifi yang lancar? Tentunya satu rumah dengan lainnya tidaklah sama. Tergantung berapa perangkat yang digunakan serta apa yang diakses oleh perangkat tersebut.

Pilih Modem yang Tepat

Sebagai pendukung layanan wifi rumah, provider akan menyediakan modem. Modem sendiri memiliki banyak jenisnya. Pastikan Anda memilih jenis modem yang sesuai dengan kebutuhan Kamu.

Untuk itu, kamu perlu berkonsultasi dengan provider rumah sehingga mendapatkan modem yang sesuai dengan kebutuhan rumah Kamu.

Cek Syarat dan Ketentuan yang Berlaku

Setiap provider pasti mempunyai sayarat dan ketentuan layanan yang berbeda satu dengan yang lainnya. Kamu harus memahaminya terutama terkait biaya, kecepatan hingga pemasangan. Hal ini penting sekali agar di kemudian hari tidak terjadi kesalahpahaman antara kamu dengan provider wifi.

Memiliki Banyak Promo

Selain beragam pertimbangan penting diatas, kamu juga bisa pilih provider yang memiliki banyak penawaran menarik. Misalnya saja promo gratis tv kabel, potongan harga dan lainnya.

Kesimpulan

Dengan berbagai pertimbangan serta cara memilih wifi yang bagus di atas, semoga saja mendapatkan provider wifi sesuai kebutuhan. Tentunya provider wifi yang berkualitas memberikan layanan terbaik untuk semua pelanggannya, termasuk Kamu.

 

 

Leave a Comment