Tingkatkan Penjualan Dengan Business Strategy Berikut Ini!

Home » Tingkatkan Penjualan Dengan Business Strategy Berikut Ini!

Setiap pelaku usaha tentunya menginginkan agar bisnis mereka terus meningkat dan bisa mendapatkan keuntungan dari sana bukan. Karena kehidupan seorang wirausaha atau pebisnis pada dasarnya sangat bergantung dari sini. Namun di tengah persaingan yang cukup ketat tentunya tidak semudah yang dibayangkan guna bisa meningkatkan omset tersebut, dibutuhkan business strategy yang tepat juga.

Pengertian Strategi Bisnis

Sebelumnya wajib tahu apa itu yang dinamakan sebagai strategi bisnis, yaitu sebuah upaya yang dilakukan oleh perusahaan dengan mengambil sebuah kebijakan untuk bisa membangun keunggulan dalam persaingan bisnis.

Tujuannya tak lain adalah agar bisa memenuhi serta mencapai visi misi maupun target bisnis perusahaan tersebut. Sehingga nantinya perusahaan akan jadi lebih mudah di dalam menentukan arah tujuannya di masa depan.

Memiliki strategi bisnis ini tentunya sangatlah penting. Strategi bisnis berfungsi sebagai sarana untuk menilai atau melihat kelemahan serta kekuatan usaha dan juga dipakai untuk mencari peluang.

Selain itu, keberadaan strategi bisnis dapat menciptakan keunggulan dibandingkan dengan kompetitor sampai dengan mendongkrak atau meningkatkan penjualan produk maupun jasa yang ditawarkan. Tujuan akhirnya sebenarnya tidak jauh-jauh dari yang namanya mendapatkan keuntungan.

Contoh Strategi Bisnis Yang Bisa Dipakai Untuk Mendongkrak Penjualan

Ada banyak business strategy, namun jika Anda ingin mendongkrak atau menggenjot penjualan, sebenarnya dapat dilakukan dengan beberapa strategi berikut ini, diantaranya adalah:

1. Cross Selling

Faktanya ada banyak perusahaan yang fokusnya adalah dengan menjual banyak produk ke pelanggan yang sama, inilah yang dikenal sebagai istilah cross selling. Cara yang satu ini paling efektif digunakan untuk beberapa jenis perusahaan, seperti diantaranya adalah pemasok alat kantor maupun retailer online.

Karena sudah jelas siapa target market sekaligus juga yang akan menggunakannya. Cara ini akan membantu dalam meningkatkan ukuran belanja rata-rata konsumen tersebut, sehingga akan menciptakan penjualan dalam jumlah yang besar.

2. Berinovasi Dengan Produk atau Layanan

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan berinovasi, yaitu menciptakan sesuatu yang baru, tentunya ini akan menjadi nilai lebih yang membuat produk Anda dilirik oleh konsumen. Bagaimanapun dari tahun ke tahun trend selalu berubah, jika tidak mau berinovasi pastinya akan kalah tertinggal oleh yang lain.

Serta tidak menutup kemungkinan nantinya bisnis akan bangkrut. Anda harus menawarkan sesuatu yang baru untuk bisa meraih konsumen yang baru ataupun juga dilakukan untuk bisa menjaga konsumen loyal agar tidak bosan.

3. Mengembangkan Produk Baru

Selain dengan menghadirkan inovasi produk baru, maka bisa juga dilakukan dengan cara mengembangkan produk baru. Artinya adalah produk yang telah hadir sebelumnya dapat Anda kembangkan guna bisa memperluas jangkauan atau pasarnya.

Pastinya meskipun dikembangkan, produk tersebut harus tetap bisa menjawab kebutuhan dari konsumen Anda, sehingga akan tetap setia digunakan.

menciptakan peluang bisnis

4. Mengakuisisi Perusahaan Baru

Teknik lainnya bisa dengan cara akuisisi perusahaan yang baru. Berkolaborasi dengan pasar baru akan sangat membantu di dalam memperluas pasar Anda.

Hal ini nyatanya memang banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar ketika melihat adanya potensi dari perusahaan baru yang secara modal masih kurang, sehingga kemudian mengakuisisinya.

5. Meningkatkan Pelayanan serta Kualitas

Ketika pelayanan serta kualitas produk menjadi lebih baik, secara otomatis akan menarik pelanggan baru dan tetap mempertahankan yang lama. Terkadang perusahaan sendiri sering kali melupakan hal ini, padahal termasuk bagian yang tidak kalah penting untuk diperhatikan.

6. Memanfaatkan Peluang Pasar Online

Cara yang lainnya adalah bisa dengan menggaet segmen secara lebih luas, yaitu online. Manfaatkan berbagai market place atau media sosial yang Anda miliki untuk bisa mengoptimalkan penjualan, meraih lebih banyak target dibandingkan dengan sebelumnya.

Apalagi di era digital seperti sekarang ini jumlah pengguna internet juga jadi jauh lebih banyak dibandingkan dengan sebelumnya. Sehingga pangsa pasar menjadi lebih luas.

Pelajari ilmu business strategy  ini diantaranya adalah dengan mengikuti program pelatihan, salah satunya adalah kelas pelatihan yang dibuka oleh Prasmul-ELI, pastinya sudah tidak asing dengan nama tersebut bukan. Banyak pilihan pelatihan menarik yang ditawarkan, baik itu yang berbasis langsung atau offline hingga yang online.

Leave a Comment