Tanda Tangan Digital: Cara dan Tips Bikin Tanda Tangan Digital yang Sah dan Kredibel

Home ยป Tanda Tangan Digital: Cara dan Tips Bikin Tanda Tangan Digital yang Sah dan Kredibel

Seiring perkembangan teknologi, pertukaran informasi hingga proses transaksi beralih ke ranah digital tidak terkecuali tanda tangan. Tanda tangan ini penting sekali pada transaksi elektronik karena menunjukkan keabsahan atau legalitas suatu dokumen.

Namun dalam pembuatan tanda tangan digital tidak bisa sembarangan karena terkait UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Untuk itu perlu mengetahui cara dan tips membuat tanda tangan digital yang benar.

Sebenarnya tanda tangan digital tidak berbeda dengan tanda tangan yang ditulis dengan tangan yang didigitalisasikan. Namun tanda tangan digital perlu keabsahan dari pihak berwenang sehingga dinyatakan sah dan kredibel. Yuk, baca ulasan lengkap mengenai tanda tangan digital di bawah ini.

privy

Apa Itu Tanda Tangan Digital?

Secara definisi, tanda tangan digital adalah tanda tangan elektronik untuk membuktikan keaslian identitas pemilik dokumen atau pengirim pesan yang telah tersertifikasi. Tujuan dari tanda tangan digital ini adalah mengamankan dokumen dari pihak yang tidak berhak serta menguatkan kepemilikan si pemilik tanda tangan.

Banyak yang menyamakan antara tanda tangan digital dengan tanda tangan elektronik sehingga mengalami kekeliruan saat menandatangani dokumen. Padahal kenyataannya keduanya tidaklah sama baik definisi maupun fungsinya.

Sederhana, tanda tangan digital bagian dari tanda tangan elektronik yang memiliki cakupan yang sangat luas. Jadi, jangan sampai salah dalam menggunakan serta membuat tanda tangan digital.

Tips Membuat Tanda Tangan Digital yang Kredibel

Sama halnya dengan tanda tangan konvensional yaitu yang ditulis dengan tangan, tanda tangan digital memungkinkan untuk dipalsukan dan diragukan kredibilitasnya. Namun dengan hadirnya teknologi tanda tangan elektronik pemalsuan tanda tangan dapat dihindari. Untuk itu sebelum membuat tanda tangan digital perlu memperhatikan tips dibawah ini yaitu:

1. Pilih Layanan Tanda Tangan Digital yang Memverifikasi Data Pribadi Pengguna

Ketika pengguna akan membuat tanda tangan digital, terlebih dahulu harus menyerahkan bukti identitas diri yang masih berlaku untuk selanjutnya diverifikasi oleh penyedia layanan.

Setelah data valid dan terverifikasi, penyedia akan merilis tanda tangan digital sekaligus sertifikat digital yang berfungsi menandakan pemilik tanda tangan yang sah ketika bertransaksi elektronik.

Fungsi data pribadi yang valid mendukung keabsahan dan kekuatan tanda tangan digital di mata hukum.

cara membuat tanda tangan digital yang sah

2. Pastikan Sistem Keamanan Penyedia Layanan Mumpuni

Mengecek terlebih dahulu sistem keamanan penyedia tanda tangan digital penting sekali. Penyedia layanan bertanggung jawab besar menyimpan dan mengelola data pribadi penggunanya jangan sampai digunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Selain itu data akan terlindungi dan akan dapat digunakan jika sewaktu- waktu diperlukan.

Salah satu bukti perusahaan penyedia layanan memiliki sistem keamanan mumpuni yaitu memiliki sertifikat ISO 27001. Sertifikat ini menjadi standar keamanan informasi dari International Organization for Standardization (ISO) serta memiliki juga sertifikat dari International Electrotechnical Commission (IEC)

3. Menggunakan Kriptografi Asimetris

Masih menggunakan tanda tangan konvensional kemudian diunggah ke perangkat elektronik sebagai tanda tangan digital? Ternyata cara tersebut tidaklah benar.

Tanda tangan digital dikatakan sah, nir-sangkal dan memiliki kekuatan hukum jika membuatnya dengan sistem kriptografi asimetris dan instruktur kunci public.

Tidak hanya membuat tanda tangan digital, teknologi tersebut mampu mendeteksi perubahan yang dialami tanda tangan digital serta menunjukkan data resmi pemilik tanda tangan.

Untuk membuat tanda tangan digital dengan sistem kriptografi ini caranya cukup menggunakan layanan dari penyedia tanda tangan digital.

Cara Membuat Tanda Tangan Digital dengan Mudah

Setelah mengetahui pentingnya tips membuat tanda tangan digital secara sah, maka kali ini akan membahas cara membuatnya yang cukup mudah yaitu dengan menggunakan PrivySign dari Privy.

Privy adalah platform penyedia tanda tangan online terbaik dan resmi yang ada di Indonesia. Privy sendiri dapat diakses menggunakan aplikasi atau langsung melalui desktop komputer atau laptop

aplikasi tanda tangan digital

Via Aplikasi Privy

Untuk cara tanda tangan digital dengan mudah via aplikasi, langkah- langkahnya sebagai berikut:

  1. Unduh aplikasi Privy melalui Google Play Store atau App Store
  2. Buat akun Privy terlebih dahulu jika belum mempunyainya. Untuk jenis akun bisa pilih akun pribadi, akun enterprise atau akun perusahaan. Jika pendaftaran berhasil akan mendapatkan Privy ID dan password
  3. Saat akan login akun Privy, masukkan ID Privy dan password kemudian klik continue
  4. Pilih dokumen yang akan ditandatangani
  5. Klik insert signature
  6. Pindah tanda tangan ke lokasi yang sesuai
  7. Klik continue
  8. Klik yes
  9. Setelah semua proses sesuai, maka terdapat kode OTP yang dikirim ke handphone pengguna untuk selanjutnya menggunakan verifikasi biometric
  10. Klik continue
  11. Dokumen sudah tertandatangani sesuai keinginan

Via Desktop

Tidak jauh beda dengan aplikasi, membuat tanda tangan digital via desktop melalui langkah- langkah berikut:

  1. Buka website Privy melalui laptop atau PC
  2. Masukkan ID Privy beserta password kemudian klik continue
  3. Upload dokumen yang ingin ditandatangani digital
  4. Berbeda pada aplikasi, pada desktop terdapat pilihan dokumen yang ditandatangani saja atau sekaligus dibagikan kepada orang lain
  5. Setelah upload dokumen berhasil, selanjutnya klik sign document
  6. Atur tanda tangan sesuai posisi yang diinginkan
  7. Masukkan kode OTP yang didapatkan di handphone
  8. Klik sign
  9. Proses tanda tangan digital pada dokumen telah selesai.

Bagaimana, mudahkan membuat tanda tangan digital melalui platform Privy ini? Selain mudah, langganan pada akun personal tidak dikenakan biaya tetapi hanya perlu membayar Rp. 3.500.- pertanda tangan.

Terakhir, tanda tangan digital meskipun tampak sederhana namun penting keberadaannya karena menyangkut keabsahan dokumen di depan hukum. Untuk itu, membuat tanda tangan digital tidak boleh di platform sembarang. Pilih platform yang memiliki kredibilitas, yaitu Privy yang telah diakui oleh Bank Indonesia, Kominfo, Otoritas Jasa Keuangan dan pihak terkait.

25 thoughts on “Tanda Tangan Digital: Cara dan Tips Bikin Tanda Tangan Digital yang Sah dan Kredibel”

  1. Praktis banget ya kak. Kita ga perlu krn dokumen, tanda tangan basah, krm dokumen lagi. Pasti bnyk biaya utk mengurus semua.

    Skrg ada Privy yg bs menyederhakan itu smua. Tinggal daftar, sinkron akun, beres deh ya bikin tanda tangan digitalnya. Ga prlu krm2 dokumen lagi tuh.

    Reply
  2. Aku juga selalu pake Privy nih saat perlu menggunakan tanda tangan digital. Privy insyaAllah aman dan terpercaya yaaa

    Reply
  3. Saya juga menggunakan Privy sudah lama Mba Anis untuk membuat tanda tangan digital untuk urusan bank biasanya, merasa lebih aman dan terlindungi saja data-data kita

    Reply
  4. Di jaman yang serba canggih begini, segala urusan memang jadi lebih praktis. Tapiii.. Keamanan data harus jadi nomor satu dong. Untung ada Privy!

    Reply
  5. Di era digital seperti ini, banyak dokumen perjanjian yang membutuhkan tanda tangan digital
    Tanda tangan digital yang terpercaya ya Privy

    Reply
  6. Berarti penggunaan Privy enggak hanya di aplikasi tapi juga bisa via desktop ya kak. Kerwn banget, kebutuhan untuk ttd yang aman jadi lebih mudah serta cepat.

    Reply
  7. Di zaman serba digital ini, tanda tangan digital juga penting. Tapi aku baru banget tahu Privysign ini. Kepo banget pengen coba! Harganya super affordable dan verified lagi.

    Reply
  8. Keren ya kak sekarang sudah ada tanda tangan digital lewat aplikasi PRIVY sehingga lebih memudahkan untuk kirim dokumen secara online tanpa harus banyak edit2 hehe…privy memang tau apa yang sdibutuhkan di jaman serba online ini ๐Ÿ™‚

    Reply
  9. Saya sudah menggunakan Privy ini sejak lama untuk kepentingan tanda tangan perbankan saya dulu, dan sekarang makin paham fungsi dna manfaatnya seperti apa, yang pasti data kita jauh lebih aman

    Reply
  10. akhirnya ada aplikasi buat tanda tangan online, entah aku yang kudet atau emang baru ada tapi kayanya aku yang kudet sih..
    fix banget abis ini kalo tanda tangan mou online kerjaan gapake ribet lagi karna udah ada aplikasi ini hihi

    Reply
  11. Pas banget lagi nyari2 gimana biar bisa menggunakan tanda tangan digitak yang benar nih..eh ketemu artikel ini

    Reply
  12. Sebagai pekerja digital, aku juga sering membutuhkan tanda tangan digital
    Aku juga pakai privy
    Karena sangat mudah membuat tanda tangan digital dengn privy

    Reply
  13. aku dulu sebelum ada privy, masih manual banget kalau bikn tanda tangan. bikin tanda tangan dulu di kertas putih. terus di foto, terus diinsert di dokumen yang mau dipakai. terus edit lagi sampai bagus. rempog pokoknya. untung ada Privy sekarang

    Reply

Leave a Comment