Sealant Kaca: Atasi Aquarium Bocor Mudah dan Praktis

Home » Sealant Kaca: Atasi Aquarium Bocor Mudah dan Praktis

Pernah mengalami aquarium kesayangan Anda bocor? Tentu sedih, terlebih di dalamnya banyak ikan kesayangan serta menjadi spot favorit di rumah. Tentu Anda harus segera mengatasinya karena air di dalam aquarium jadi cepat berkurang. Belum lagi rembasan airnya di lantai membuat lantai kotor dan membahayakan penghuni rumah.

Untuk mengatasinya, ada dua pilihan. Pertama, mengganti aquarium dengan yang baru. Tentu pilihan ini Anda harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Sedangkan yang kedua memperbaikinya. Bagi  yang memilih opsi kedua, Anda berada di halaman yang tepat.  Di tulisan ini secara lengkap, step by step akan membahas cara atasi aquarium bocor dengan mudah dengan sealant kaca.

Untuk mengatasi aquarium bocor tentu dengan cara menembelnya. Sayangnya bagian yang bocor pada aquarium sulit untuk diketahui. Untuk itu, agar cara menembel aquarium lebih cepat dan hasilnya juga kuat, Anda perlu memperhatikan langkah di bawah ini.

Cara Memperbaiki Aquarium Bocor

Apakah aquarium bisa bocor? Tentu saja karena terbuat dari kaca yang rawan retak. Untuk mengatasinya tidak perlu mengganti kaca. Caranya bisa dengan menambal bagian kaca dengan langkah sebagai berikut:

aquarium bocor

Mencari Bagian yang Bocor

Untuk mencari bagian yang bocor, Anda dapat memperhatikan bagian aquarium mana yang terdapat rembasan. Setelah menemukan langkah selanjutnya menandainya untuk dilakukan perbaikan.

Menguras Aquarium

Jika penyebab aquarium bocor berada di bagian bawah mau tidak mau Anda harus menguras secara menyeluruh. Sedangkan jika berada bagian dalam atas atau bagian luar Anda bisa menguras sampai bagian yang bocor saja.

Bersihkan Bagian yang Bocor

Sebelum menembel aquarium yang bocor, Anda wajib membersihkan terlebih dahulu di area kebocoran. Bisa menggunakan kain bersih atau dengan bantuan cairan aseton untuk membersihkan sisa silikon yang menempel pada kaca aquarium.

Tujuan membersihkan area kebocoran sebelum menembelnya berguna agar proses penembelan dapat melekat sempurna sehingga tidak terjadi kebocoran secara berulang.

Sebelum melakukan langkah selanjutnya yaitu menembel kaca aquarium, pastikan kaca tersebut benar-benar kering. Anda bisa membantu mengeringkan dengan bantuan tisu atau lap bersih yang memiliki tekstur halus.

Tambal Kebocoran dengan Sealant Kaca

Jika langkah diatas sudah Anda lakukan, selanjutnya oles  sealant kaca pada bagian yang bocor pada aquarium. Pastikan lem kaca tersebut sudah berada di tempat yang tepat dan merata pada permukaan kaca. Langkah tesebut lakukan secara berlahan hingga area kebocoran sudah ditembel secara sempurna

Setelah menembel kebocoran kaca aquarium, Anda harus membiarkan benar-benar kering terlebih dahulu sebelum menggunakannya kembali. Biarkan lem mengering secara alami sehingga daya rekat benar-benar kuat.

Rekomendasi Sealant Kaca Terbaik

Memilih lem kaca harus benar-benar teliti terutama terkait daya rekat serta ketahanannya terhadap air. Untuk itu, kami rekomendasikan lem kaca berkualitas yaitu PRO-X 111 Multipurpose.

pro-x 111 multipurpose

PRO-X 111 Multipurpose memiliki fleksibilitas tinggi sehingga baik untuk mengisi celah kaca retak guna mengatasi aquarium bocor. Memiliki tiga varian warna yaitu transparan, hitam dan putih sehingga dapat disesuaikan dengan media yang direkatkan.

Selain itu, silicone sealant ini juga memiliki keunggulan antara lain :

Tahan Cuaca

Pertimbangan penting memilih sealant kaca yaitu ketahanan terhadap air dan sinar matahari. PRO-X 111 Multipurpose ini tahan di segala cuaca baik panas, dingin hingga air atau hujan

Daya Rekat Tinggi

Sealant satu ini memiliki daya rekat yang cukup kuat baik untuk bahan kayu, akrilik, beton dan kaca. Waktu pengeringan pun cukup singkat yaitu sekitar 24 jam saja

Daya Tahan Lama

Lem kaca ini memiliki daya rekat hingga 10 tahun. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lem cepat mengelupas.

Jadi dari uraian diatas, kini Anda memiliki solusi mengatasi aquarium bocor yaitu dengan menggunakan sealant kaca PRO-X 111 Multipurpose. Tunggu apa lagi, segera dapatkan di distributor atau toko bangunan terdekat di kota Anda.

Leave a Comment