Yuk, Intip Urutan Pemakaian Skincare Pagi Yang Tepat

Home » Yuk, Intip Urutan Pemakaian Skincare Pagi Yang Tepat

Memakai produk skincare selain dilakukan saat malam hari sebelum tidur, namun dianjurkan juga untuk dipakai di pagi hari. Rutin melakukan perawatan bisa membuat kulit menjadi terlihat lebih sehat, cerah, dan glowing. Oleh karena itu, urutan pemakaian skincare pagi tidak boleh dilakukan sembarangan agar hasilnya maksimal.

Bila urutan pemakaiannya salah dan cenderung asal – asalan, maka akan menyebabkan penyerapan produknya menjadi kurang maksimal ke kulit, sehingga membuat manfaatnya jadi terasa kurang. Nah, agar produk skincare bisa memberikan manfaat maksimal pada kulit, simak urutan pemakaian skincare pagi yang tepat di bawah ini!

Urutan Skincare Pagi yang Tepat

1. Face Wash atau Sabun Muka

Sebelum menggunakan produk skincare, pastikan dulu kondisi wajah dalam keadaan sudah bersih. Karena itu, mencuci wajah menggunakan basic skincare tahapan awal yakni face wash atau sabun muka menjadi urutan pemakaian skincare pagi yang pertama dan wajib dilakukan.

Kulit wajah pada saat malam hari masih aktif memproduksi minyak dan keringat, sehingga menjadi menumpuk keesokan paginya. Tidak jarang juga debu menempel di wajah selama kamu tidur. Jika tidak dibersihkan bisa menyebabkan pori – pori tersumbat, kemudian menimbulkan jerawat dan komendo membandel.

2. Toner

Setelah membersihkan wajah dengan face wash, lalu membasuhnya dengan air bersih. Urutan pemakaian skincare pagi selanjutnya adalah toner. Pemakaian toner berfungsi untuk menghidrasi kulit dan mempersiapkan kulit sebelum mendapatkan rangkaian skincare berikutnya.

Karena termasuk dalam rangkaian basic skincare routine wajib, maka pemakaian toner ini tidak boleh terlewatkan. Selain berperan untuk menghidrasi kulit, beberapa jenis toner pun diformulasikan untuk membantu mengatasi berbagai macam permasalahan di wajah mulai dari jerawat, wajah kusam, komedo, iritasi dan kering, hingga minyak berlebih.

3. Essence

Setelah menggunakan toner, urutan pemakaian skincare pagi yang benar selanjutnya adalah mengaplikasikan essence. Meskipun essence tidak termasuk basic skincare routine, namun tidak ada salahnya diaplikasikan dalam rangakaian skincare pagi agar lebih sempurna hasilnya.

Pemakaian essence selain bermanfaat untuk menghaluskan dan memberikan kelembaban, namun juga untuk mempersiapkan kulit agar lebih optimal dalam melakukan penyerapan produk skincare berikutnya.

4. Serum

Urutan pemakaian skincare pagi yang tidak boleh ketinggalan selanjutnya adalah serum, karena bermanfaat untuk menutrisi kulit hingga lapisan terdalam. Serum mengandung bahan aktif berkonsentrasi tinggi, namun diformulasikan agar mampu meresap ke kulit dengan cepat.

Kandungan serum biasanya dirancang berbeda – beda disesuaikan dengan permasalahan dan jenis kulit. Misalnya serum khusus untuk jerawat, mencegah penuaan, mengontrol produksi minyak, mengatasi kusam, dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, serum dengan kandungan niacinamide berfungsi untuk mengatasi kusam sekaligus membuat wajah lebih cerah.

5. Moisturizer atau Day Cream

Urutan pemakaian skincare pagi yang tepat berikutnya setelah mengaplikasikan serum adalah menggunakan moisturizer atau pelembab. Moisturizer yang digunakan bisa dalam bentuk krim wajah dengan kandungan tertentu atau day cream.

Pemakaian moisturizer berfungsi untuk melembabkan, menghaluskan, memperbaiki skin barrier, menjaga elastisitas, mengontrol produksi minyak, dan mencegah penuaan dini. Melewatkan penggunaan day cream pada rangkaian skincare pagi akan menyebabkan wajah menjadi mudah mengalami berbagai permasalahan seperti mudah muncul jerawat dan muka terasa kering.

6. Sunscreen

Urutan pemakaian skincare pagi yang jelas tidak boleh terlupakan, apalagi jika hendak melakukan akivitas outdoor adalah mengaplikasikan sunscreen atau tabir surya. Sunscreen berperan untuk melindungi kulit dari efek buruk akibat paparan sinar matahari seperti kemerahan, iritasi, flek hitam, dan penuaan dini.

Sunscreen digunakan pada tahap akhir dalam urutan skincare pagi, yaitu setelah mengaplikasikan pelembab atau moisturizer. Setidaknya, aplikasikan tabir surya setengah jam sebelum memulai aktivitas di luar ruangan.

Nah, salah satu urutan pemakaian skincare pagi yang tak boleh dilewatkan adalah pemakaian serum yang berguna untuk menutrisi kulit hingga lapisan terdalam. Produk serum yang recommended digunakan adalah Naturally Speaking Baby Melon Skin Barrier Serum.

naturally speaking baby melon

Serum ini dirancang khusus untuk memperbaiki dan menguatkan skin barrier kulit wajah. Serum yang diformulasikan dengan ekstrak melon ini juga menawarkan hasil 7in1 yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan kulit secara menyeluruh.

Salah satu keunggulan utama serum ini adalah kemampuannya dalam mengunci kelembaban kulit sekaligus memperkuat skin barrier, sehingga membuat kulit wajah terasa lebih sehat dan terlindungi. Keunggulan lainnya yaitu kemampuan serum ini dalam menyerap ke dalam kulit dengan cepat, hingga 38% lebih cepat dibandingkan produk sejenis lainnya.

Selain itu, kandungan antioksidan 4x lebih tinggi daripada produk sejenis lainnya membuat serum ini dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, sementara efek melembabkan 4x dari bahan – bahan aktifnya bisa menjaga kulit tetap lembut dan terhidrasi.

Kemudian, kandungan betaine sebesar 1% membuat serum ini bisa membantu meningkatkan kekuatan skin barrier dengan meningkatkan TEER (Transepidermal Electrical Resistance) hingga 29% setelah 5 jam pemakaian.

Leave a Comment