Rekomendasi 5 Buku Keuangan Terbaik

Sering mendengar orang terdekat Kamu mengalami kesulitan finansial karena besarnya pengeluaran dari pendapatan? Atau bahkan kamu sendiri yang mengalaminya? Jika iya, bisa jadi yang kamu alami atau orang terdekatmu tersebut bukan karena kecilnya pendapatan yang didapatkan. Hal tersebut terjadi karena masih minimnya literasi finansial yang dimiliki sehingga berdampak kesulitan dalam mengatur keuangan. Terus jalan keluarnya bagaimana? Kamu bisa memperkaya pengetahuan dengan membaca berbagai buku keuangan yang sudah banyak diterbitkan. Termasuk juga di tulisan ini aku mau memberikan rekomendasi buku yang membantu kamu agar melek literasi finansial. Baca ulasannya sampai selesai ya

Membaca sendiri sudah menjadi hobiku sejak lama. Selain membaca untuk hiburan, seperti membaca novel dan bacaan ringan lainnya aku juga banyak belajar dari buku yang aku baca. Termasuk juga bagaimana mengelola keuangan sebagai freelancer. Pengetahuan tersebut sangat membantuku mengingat penghasilan yang aku peroleh tidaklah menentu. Intinya agar dapur tetap mengepul harus melek literasi finansial. Dan, buku keuangan di bawah ini sangat membantuku untuk melek finansial.

Rekomendasi Buku Keuangan Terbaik

Your Money or Your Life

Bagi kamu yang masih pemula dan bingung dari mana memulai mengelola keuangan, rekomendasi buku keuangan yang pertama yaitu buku tulisan Vicki Robins dan Joe Domininguez yang berjudul Your Money or Your Life. Di dalam buku setebal xxx halaman ini membahas tuntas tentang keuangan dari mulai tujuan, perencaaan, penganggaran dan yang terakhir evaluasi. Pembahasan yang runtut serta di dasari teori fundamental tentu membantu siapapun untuk mengelola keuangan serta menambah pengetahuan tentang literasi finansial. Tidak hanya itu, isinya menjelaskan dengan gamblang dampak dari keberhasilan mengelola keuangan seperti menghadirkan rasa aman dan nyaman dalam hidup membuat buku ini mendapat skor cukup tinggi di Goodreads. Jadi, jika kamu belum membaca buku ini sebaiknya segera masukkan ke wise list bacaan kamu ya.

The Psychology of Money

Buku satu ini sangat populer sehingga sangat mudah ditemui. Buku karangan Morgan Housel menuliskan tentang konsep uang di mata psykologi. Ia menuliskan dalam mengelola keuangan pun dimulai dari membentuk kebiasaan terlebih dahulu. Di tuliskan dengan cerita pendek membuat buku ini terasa ringan untuk di baca namun memberikan insight baru dan pelajaran tentang keuangan.

Think & Grow Rich

Buku keuangan selanjutnya yang dapat kamu baca untuk memperkaya waawasan literasi finansial karangan dari Napoleon Hill yaitu Think & Grow Rich. Menjadi salah satu buku terlaris sepanjang masa ini tentu jadi jaminan jika buku ini memang berbobot isinya.

Di buku Think & Grow Rich ini Napoleon menjelaskan untuk bisa menggapai kesuksesan seseorang harus memiliki ambisi dan mimpi. Kesuksesan sendiri tidak selalu dikaitkan dengan kekayaan tapi lebih pada makna kehidupan.

Rich Dad’s Retire Young Retire Rich

Ingin kaya sepanjang masa? Buku selanjutnya yang berjudul Rich Dad’s Retire Young Retire Rich bisa juga jadi bahan bacaan kamu. Di tulis oeh Robert T. Kiyosaki yang sudah sukses dengan buku tentang finansial lainnya yang berjudul Rich Dad Poor Dad, di buku ini ia berkolaborasi dengan akuntan dan pengusaha sukses Sharon L. Lechter.

Di dalam buku ini terdapat berbagai tips menyusun rencana keuangan untuk masa pensin. Robert juga menyarankan agar bekerja keras sejak muda sehingga bisa berinvestasi sedini mungkin.

Broke Millenial

Permasalahan pengelolaan keuangan dihadapi oleh siapa saja termasuk generasi milenial. Masalah Tersebut terkait kredit rumah, utang, hingga keuangan bersama pasangan. Kesemua permasalahan tersebut di bahas dalam buku ini termasuk studi kasus serta solusinya. Meskipun membahas permasalahan keuangan tapi tulisan dalam buku tergolong cukup ringan untuk dibaca dan bisa diterapkan ke semua generasi tidak hanya terbatas generasi milenial saja lho. Tidak mengherankan jika buku karangan Erin Lowry ini mendapatkan skor 4,00 dari 5,00 di Goodreads.

Selain memdapatkan pengetahuan mengelola keuangan melalui buku, kamu juga bisa datang ke portal berita Beranda.co.id. Di situs ini kamu akan menemukan berbagai kategori tulisan sesuai dengan yang kamu butuhkan dari mulai keuangan, gaya hidup juga berbagai berita terkini. So, tidak ada kata untuk berhenti belajar ya karena bisa dilakukan kapanpun, dimanapun dan melalui media apapun termasuk melalui buku dan situs Beranda.co.id

 

 

Tinggalkan komentar