Meningkatkan Literasi Keuangan Perempuan: Tips dan Manfaatnya

Perempuan sering kali dianggap sebagai tumpuan dalam menjalankan rumah tangga dan mengurus anak. Padahal, perempuan juga memiliki tanggung jawab dalam pengelolaan keuangan keluarga. Sayangnya, banyak perempuan yang masih kurang literat dalam hal finansial. Menurut survei Bank Indonesia pada 2020, hanya 21,3% perempuan yang memiliki tingkat literasi keuangan yang baik dibandingkan laki-laki yang mencapai 31,7%.

Sebuah studi menunjukkan bahwa kurangnya pengetahuan tentang keuangan dapat membawa dampak yang signifikan bagi perempuan. Hal ini karena, perempuan cenderung lebih rentan terhadap kemiskinan atau kesulitan finansial daripada laki-laki. Oleh karena itu, penting bagi perempuan untuk meningkatkan literasi keuangannya.

Tingkat Literasi Keuangan Perempuan di Indonesia

Menurut data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2019, tingkat literasi keuangan perempuan di Indonesia masih rendah. Hanya 32,2% perempuan yang memiliki literasi keuangan sedangkan laki-laki mencapai 41,5%. Sementara itu, hasil survei dari Dompet Dhuafa pada tahun 2021 juga menunjukkan bahwa hanya 12% perempuan yang memiliki literasi keuangan yang baik.
Perbedaan Antara Literasi Keuangan Pria dan Perempuan
Banyak faktor yang mempengaruhi tingkat literasi keuangan pria dan perempuan, mulai dari pendidikan hingga peran gender tradisional. Meskipun pada dasarnya pria dan perempuan sama-sama memerlukan pengetahuan tentang keuangan, namun ada beberapa perbedaan dalam hal ini.

Pada umumnya, perempuan cenderung lebih mengutamakan kebutuhan keluarganya daripada kebutuhan pribadinya. Hal ini terkadang menyebabkan perempuan kurang memperhatikan keuangan pribadi dan investasi di masa depan. Selain itu, perempuan juga harus menghadapi masalah kesenjangan upah dan kesulitan untuk mendapatkan akses ke produk keuangan yang sesuai.

Tokoh Wanita Dalam Bidang Literasi Keuangan

Menurut situs perbandingan harga gadget, banyak tokoh wanita inspiratif yang bisa menjadi panutan dalam kehidupan. Banyak juga tokoh wanita Indonesia yang konsisten dalam mempromosikan literasi keuangan di masyarakat, di antaranya adalah:

Vera Eve Lim

Vera Eve Lim adalah pendiri dan CEO Cermati.com, sebuah platform perbandingan produk keuangan online. Vera dikenal sebagai salah satu pelopor industri fintech di Indonesia dan ia aktif mengedukasi masyarakat tentang pentingnya literasi keuangan.

Ni Made Ayu Marthini

Ni Made Ayu Marthini adalah pendiri Yayasan Sahabat Kekayaan (YSK), sebuah organisasi nirlaba yang berfokus pada pengembangan literasi keuangan di Indonesia. Melalui YSK, Ni Made telah memberikan pelatihan dan bimbingan kepada ribuan orang untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang keuangan pribadi.

Nila Tanzil

Nila Tanzil adalah seorang aktivis sosial dan pendiri Komunitas Taman Bacaan Pelangi, sebuah organisasi yang bekerja untuk meningkatkan minat baca anak-anak di pedesaan Indonesia. Selain itu, Nila juga aktif dalam mengedukasi masyarakat tentang literasi keuangan melalui proyek-proyek sosial yang digagasnya.

Tokoh Literasi keuangan di Indonesia

Melanie Sedano

Melanie Sedano adalah pendiri dan CEO Investree, sebuah platform pinjaman peer-to-peer yang pertama kali diluncurkan di Indonesia. Melanie sangat aktif dalam kampanye literasi keuangan dan berupaya membantu masyarakat untuk memahami dunia investasi dengan lebih baik.

Manfaat Literasi Keuangan bagi Perempuan

Meningkatkan literasi keuangan bagi perempuan memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan, antara lain:

  • Membantu menjadi mandiri dalam mengelola keuangan, sehingga dapat memenuhi kebutuhan pribadi dan keluarga.
  • Menyusun rencana keuangan jangka panjang, sehingga dapat mencapai tujuan keuangan di masa depan.
  • Memiliki pengetahuan tentang investasi, sehingga dapat memilih produk investasi yang tepat dan menghasilkan keuntungan.

Tips Praktis Bagi Perempuan dalam Meningkatkan Literasi Keuangan

Tips bagi perempuan tingkatkan literasi keuangan

Berikut beberapa tips praktis yang dapat membantu perempuan dalam meningkatkan literasi keuangannya:

  1. Peningkatan pengetahuan tentang keuangan
  2. Cari sumber informasi tentang keuangan seperti buku, internet, dan seminar.
  3. Perbanyak membaca artikel tentang investasi dan produk keuangan.
  4. Membangun kebiasaan yang baik dalam mengelola keuangan
  5. Buatlah anggaran bulanan dan patuhi rencana pengeluaran.
  6. Simpan catatan mengenai pengeluaran harian dan evaluasi setiap akhir bulan.
  7. Kurangi penggunaan kartu kredit atau pinjaman online.
  8. Investasi
    Pelajari jenis-jenis investasi yang ada di pasaran seperti deposito, saham, atau properti.
    Pertimbangkan risiko dan keuntungan dari setiap jenis investasi.
    Pilih produk investasi yang sesuai dengan tujuan keuangan.

Manfaat Internet IndiHome untuk Literasi Perempuan

Di era digital seperti sekarang, akses internet sangat penting untuk meningkatkan literasi keuangan. Salah satu penyedia layanan internet yang dapat membantu perempuan dalam hal ini adalah IndiHome.

IndiHome dari Telkom Indonesia memberikan banyak manfaat bagi perempuan dalam mengakses informasi tentang keuangan, seperti:

Akses internet cepat dan stabil

IndiHome menyediakan akses internet dengan kecepatan yang tinggi dan stabil, sehingga perempuan dapat dengan mudah mengakses berbagai sumber informasi tentang keuangan.

Fitur TV Kabel

IndiHome juga menyediakan fitur TV Kabel yang menawarkan banyak program edukatif tentang keuangan yang dapat membantu perempuan dalam meningkatkan literasi keuangannya.

Layanan Digital Banking

IndiHome juga bekerja sama dengan beberapa bank besar di Indonesia untuk menyediakan layanan digital banking yang memudahkan perempuan dalam mengelola keuangannya.

Dengan adanya internet IndiHome, perempuan dapat dengan mudah mengakses informasi tentang keuangan, mengikuti program edukatif tentang keuangan, serta melakukan transaksi keuangan dengan mudah dan aman. Hal ini dapat membantu perempuan dalam meningkatkan literasi keuangannya dan mencapai kemandirian finansial.

Meningkatkan literasi keuangan perempuan merupakan langkah penting untuk mencapai kemandirian finansial. Perempuan harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang keuangan untuk dapat mengelola keuangannya dengan baik.

Beberapa tips praktis yang dapat membantu perempuan dalam meningkatkan literasi keuangan adalah meningkatkan pengetahuan tentang keuangan, membangun kebiasaan yang baik dalam mengelola keuangan, dan berinvestasi.

18 pemikiran pada “Meningkatkan Literasi Keuangan Perempuan: Tips dan Manfaatnya”

  1. Keren banget sih karena perempuan mampu mengerjakan berbagai hal dan profesi sesuai dengan minat, bakat serta kemampuannya. Dengan adanya internet cepat, maka informasi terkait literasi keuangan bisa dipelajari dan dipahami sehingga membuka mata perempuan untuk bisa gak hanya sekedar mengatur keuangan, siapa tau bisa semakin meningkat dengan memiliki investasi yang menjanjikan.

    Balas
  2. Dalam keluarga, ibu atau perempuan seringkali bertanggungjawab mengatur keuangan
    Akan sangat membantu jika perempuan memiliki literasi keuangan yang baik ya mbak

    Balas
  3. Sebagai menteri keuangan dalam rumah tangga memang harus tahu lebih dulu soal kenaikan dan turunan. Jangan sampai memberatkan. Yang penting bisa melakukan kewajibannya aja dulu
    Dan keesokan harinya tak dikira jika Iva malu bertemu dengan keluarga calon mama ipar.

    Balas
  4. Memang sudah saatnya perempuan terutama di Indonesia memiliki literasi yang baik termasuk untuk urusan keuangan, bagaimana pun perempuan umumnya yang memegang kendali keuangan keluarga sehingga harus tahu bagaimana mengelola keuangan yang baik agar tujuan jangka panjang yang disusun bersama keluarga bisa terwujud.

    Balas
  5. Perempuan perlu jadi sosok yang mandiri termasuk pandai dalam literasi keuangan. Setelah jadi ibu or istri kemampuan ini penting banget soalnya biar bisa lebih bijak ngelola keuangan terutama keuangan keluarga

    Balas
  6. Wah .. aku gak masuk nih dalam perempuan yg literasi keuanvannya bagus. Hiks. Tapi menyimak tokoh2 yang ditulis aku jadi terinspirasi dan berjanji mulai skrg blajar ttg literasi keuangan

    Balas
  7. Memang literasi keuangan tidak bisa disepelekan, terlebih untuk kaum perempuan, karena sangat penting bagi perempuan untuk mengelola keuangannya sendiri agar tidak selalu bergantung pada kaum pria

    Balas
  8. Literasi keuangan, sesuatu yang wajib diketahui tapi tidak dipelajari saat sekolah. Penting banget padahal perempuan punya literasi keuangan yang bagus karena banyak yang posisinya sebagai mentri keuangan keluarga

    Balas

Tinggalkan komentar