Tips Membeli Mobil Secara Tunai

By | Januari 22, 2023

Memiliki kendaran pribadi khususnya mobil jadi impian banyak orang. Untuk mewujudkannya berbagai upayapun dilakukan mengingat harga mobil cukup mahal. Dari mulai membeli secara kredit atau dengan cara menabung untuk beli mobil secara tunai. Baik mmebeli kredit atau tunai tentu tergantung dari kondisi masing- masing.

Sebagai kebutuhan tersier, saya sendiri masih sulit membuat keputusan finansial terkait pembelian mobil. Apalagi dengan adanya motor sudah cukup menjadi moda transportasi bagi kegiatan sehari- hari. Namun pandangan tersebut segera berubah ketika hadirnya anak kedua saya yang kini masih balita. Mungkin saya bisa nyaman menggunakan motor dalam keseharian, namun ketika harus perjalanan jauh atau mudik menjenguk keluarga saya yang notabene beda kota jadi kasian dengan anak- anak jika menggunakan motor. Selain jaraknya yang jauh, selama perjalanan anak rawan terkena polusi serta kehujanan atau kepanasan. Dari situ saya dan suami bertekat ingin memiliki mobil pribadi.

Dari keinginan tersebut saya pun sudah mencari berbagai info cara memilih mobil pribadi yang bisa aku terapkan saat membeli mobil nanti. Apalagi saya berkeinginan untuk membeli mobil bekas dahulu tidak mengapa asalkan  secara tunai.

Keuntungan Membeli Mobil Secara Tunai

Membeli mobil tidak sama dengan kendaraan lainnya karena dari segi harga tentu membutuhkan dana lumayan besar. Begitupun kami saat ini juga masih berjuang dengan mengumpulkan uang agar keinginan memiliki mobil pribadi bisa terwujud. Agar harganya bisa terjangkau kami berencana membeli mobil bekas yang masih layak untuk pakai.

Sebenarnya ada cara lain agar bisa mendapatkan mobil baru dengan kondisi keuangan kami yaitu dengan cara kredit. Namun dengan keadaan ekonomi saat ini yang tidak pasti maka kami lebih memilih untuk tidak terbebani dengan utang.

Selain itu ada beberapa keuntungan membeli mobil secara cash antara lain :

Harga lebih murah

Seperti yang kita ketahui harga mobil tunai tentu jauh lebih murah dari harga mobil secara kredit. Bahkan jika membelinya langsung ke dealer mobil biasanya pihak dealer akan memberikan potongan harga yang cukup besar.

Mudah menjual kembali

Kita tidak akan tahu kondisi perekonomiana seseorang. Bisa jadi setelah membeli mobil kemudian memerlukan dana besar. Jika membeli mobil kredit tentu untuk menjual kembali harus menunggu cicilan lunas terlebih dahulu. Berbeda dengan cara cash tentu saja sudah menjadi hak milik sepenuhnya sehingga bisa dijual kapanpun jika membutuhkan. Atau ketika menggunakan mobil tersebut kurang suka dan nyaman sehingga berkeinginan ganti type mobil bisa langsung menjualnya.

Menghindari gagal bayar

Membeli mobil secara kredit itu artinya harus siap melakukan angsuran tiap bulannya hingga selesai. Sehingga setidaknya harus ada dana khusus atau gaji rutin yang disiapkan tiap bulan untuk membayar angsuran. Jika dalam perjalanan angsuran mengalami keterlambatan tentu akan mendapatkan peringatan dari pihak leasing. Bahkan jika mengalami gagal bayar bisa saja mobil diambil secara paksa sehingga tentu saja merugikan pemiliknya.

Hidup lebih tenang

Saat membeli mobil secara tunai tidak tidak ada hubungannya dengan pihak bank atau leasing. Tidak perlu memikirkan tiap bulan harus membayar setoran. Pemilik mobil hanya perlu fokus biaya perawatan dan operasional mobil saja. Hal tersebut tentu menghindarkan pemilik mobil stress memikirkan membayar cicilan tiap bulan.

Sesuai anggaran

Sebelum membeli mobil secara tunai tentu sudah memiliki anggaran dana yang direncanakan sesuai dengan harga yang diinginkan. Biasanya harga mobil yang didapatkan pun tidak jauh beda dengan anggaran awal sehingga tidak menyebabkan pengeluaran membengkak. Berbeda dengan membeli mobil secara kredit bisa jadi membeli mobil dengan harga jauh lebih mahal karena memang tidak harus membayar secara keseluruhan. Memang hal tersebut membuat pemilik bisa mendapatkan mobil sesuai keinginan namun kedepannya jika tidak benar- benar memiliki dana yang cukup untuk cicilan tiap bulannya akan menjadi beban.

Tips Membeli Mobil Secara Cash

Setelah mengetahui berbagai kelebihan diatas membuat kami semakin yakin untuk membeli mobil secara tunai. Agar mobil yang kami miliki sesuai dengan harapan ada beberapa tips membeli mobil secara tunai yang perlu diperhatikan, antara lain :

Survei harga mobil

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil sebaiknya melakukan survei khususnya harga terlebih dahulu. Tentu harga mobil tiap type dan lokasi berbeda maka cari yang seseuai dengan keinginan. Jangan terburu- buru dalam mencari informasi untuk mendapatkan harga terbaik mobil baru atau bekas. Untuk melakukan survei harga bisa dilakukan banyak cara. Bisa melalui internet, bertanya pada teman yang telah berpengalaman hingga datang ke acara pameran.

Lakukan tes drive

Saat sudah menemukan mobil yang cocok baik type maupun harganya, langkah selanjutnya yaitu melakukan tes drive. Dengan melakukan tes drive bisa merasakan mobil secara langsung saat dikendarai apakah nyaman atau tidak serta mencoba berbagai fitur yag ada pada mobil.

Test Drive beli mobil

Bagi yang membeli secara cash di dealer, untuk melakukan tes drive bisa membuat janji terlebih dahulu. Sedangkan untuk mobil bekas sendiri penting melakukan tes drive untuk mengetahui kelebihan, kualitas hingga kekurangan mobil sehingga pada akhirnya memutuskan untuk jadi tidaknya membeli mobil tersebut.

Simpan berkas pembelian dengan baik

Setelah memenukan mobil yang diinginkan tentu bisa langsung memilikinya begitu mobil tersedia. Sayangnya tidak semua tipe mobil tersedia di dealer. Agar pihak dealer berani untuk memproses maka harus menyiapkan dana untuk tanda jadi pembelian. Setelah penyerahan dana jadi pembelian, maka pihak penjual akan menyiapkan surat tanda jadi pembelian sebagai bukti pemesanan.

Surat tanda jadi pembelian inilah yang harus disimpan dengan baik karena sebagai bukti pembayaran serta kepemilikan kendaraan.

Rutin Menabung

Rutin menabung bisa menjadi salah satu cara agar tujuan memiliki mobil segera tercapai. Saya sendiri agar rutin menabung wajib mengalokasikan dana tertentu tiap bulannya. Untuk mengetahui berapa lama tabungan yang saya butuhkan hingga tujuan pembelian mobil tercapai saya bisa menghitung dengan mudah menggunakan savingscalculator.org.

Dengan mengunjungi website tersebut siapapun bisa menghitung besaran uang yang akan didapat setelah jangka waktu tertentu. Termasuk nih bagi yang ingin mendepositokan uang yang dimiliki bisa juga menggunakan kalkulator tabungan ini.

Savingscalculator

Cara menggunakan kalkulator tabungan ini cukup mudah. Pertama cukup masukkan jumlah uang yang akan saya depositokan atau ditabung diawal beserta beserta bunga serta jangka waktunya. Kemudian masukkan nilai uang yang akan di tabung secara rutin tiap bulannya. Setelah itu klik hitung untuk mengetahui besaran uang yang akan diterima setelah periode tabungan yang telah ditentukan.

Jadi dengan menggunakan kalkulator tabungan ini bisa memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bisa membeli mobil impian dengan besaran tabungan rutin yg disetor tiap bulannya setelah ditambahkan bunga dan adanya inflasi.

Kesimpulan

Setelah mengetahui berbagai tips membeli mobil secara tunai diatas menjadikan keinginan memiliki mobil semakin kuat. Dengan adanya kalkulator tabungan diatas saja jadi bisa memperkirakan kapan kira-kira keinginan tersebut bisa terwujud.

 

 

Author: Anis Khoir

Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagi melalui blog ini. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi email : bunhaz@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *