Nutrisi Penting yang Wajib Ada dalam Tubuh

By | Januari 14, 2023

Terdapat beberapa bahan makanan memiliki berbagai nutrisi penting yang baik dalam tubuh. Tetapi, apa saja manfaat kandungan nutrisi yang ada di dalamnya tersebut? Yuk simak informasi berikut agar lebih paham!

Nutrisi penting dalam Tubuh

Karbohidrat

Senyawa karbohidrat menjadi sumber energi utama di dalam tubuh. Di samping itu, dengan mendapatkan asupan karbohidrat yang cukup, otak pun dapat bekerja lebih maksimal. Beberapa rekomendasi bahan makanan yang mengandung karbohidrat baik, misalnya biji-bijian utuh, buah, kacang-kacangan, serta berbagai macam sayuran.

Tetapi, terdapat pula bahan makanan karbohidrat yang harus dikurangi atau dibatasi jumlah pengkonsumsiannya, contohnya nasi putih, minuman soda, minuman buah di dalam kemasan, keripik kentang, permen, serta berbagai macam kue manis.

Protein

Protein juga dapat menjadi sumber energi di dalam tubuh. Dengan Anda memiliki asupan nutrisi protein yang cukup, maka dapat bermanfaat dalam pertumbuhan jaringan tubuh, membantu untuk menjaga kesehatan dalam tubuh, serta dapat membantu tubuh untuk menyembuhkan dengan sendirinya.

Kandungan protein dapat ditemukan di berbagai bahan makanan, contohnya ikan, daging, daging unggas, telur, keju, kacang-kacangan, serta kedelai.

Lemak

Terdapat banyak orang yang menghindari makanan dengan kandungan lemak di dalamnya. Padahal sebenarnya tubuh kita sendiri juga membutuhkan asupan lemak yang cukup agar bisa menjaga struktur sel. Di samping itu, lemak juga memiliki banyak manfaat lainnya seperti membantu jaringan tubuh untuk berfungsi dengan baik, membantu produksi hormon, dan juga membantu dalam proses penyerapan vitamin.

Vitamin dan Mineral

Vitamin serta mineral juga dapat membantu berbagai organ yang ada di dalam tubuh dapat berjalan dengan sesuai fungsinya. Terdapat beberapa vitamin yang dibutuhkan tubuh sendiri, contohnya vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, serta vitamin K. Di samping itu, beberapa mineral yang juga dibutuhkan di dalam tubuh, diantaranya zat besi, zinc, selenium, kalsium, serta kalium.

Air

Meskipun tidak memiliki nutrisi, air bisa memberikan manfaat bagi tubuh, yaitu menghindari tubuh dari dehidrasi. Hal tersebut dikarenakan tubuh manusia terdiri dari sekitar setengah air. Di samping dengan mengkonsumsi air,

Anda juga dapat mendapatkan kebutuhan cairan dalam tubuh dengan mengkonsumsi buah serta sayuran.

Serat

Serat merupakan nutrisi yang dapat memelihara mikroba di dalam usus untuk membantu proses pencernaan makanan. Mikroba ini pun bisa memecah serat menjadi asam yang dapat mengaktifkan sel imun. Karenanya, daya tahan tubuh akan lebih kuat untuk melawan penyakit.

Cara Memenuhi Nutrisi dalam Tubuh

Berikut adalah beberapa panduan yang bisa Anda ikuti agar makanan yang Anda konsumsi memenuhi kandungan nutrisi yang cukup dan kebutuhan gizi seimbang.

Konsumsi karbohidrat yang tidak berlebihan

Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh supaya memiliki tenaga dalam melakukan berbagai aktivitas. Dalam setiap 1 gram karbohidrat akan menghasilkan energi sebanyak 4 kalori. Sementara itu kebutuhan energi rata-rata manusia adalah sebanyak 1.200-2.000 kalori per hari.

Dari jumlah tersebut, maka disarankan karbohidrat menyumbang sebanyak 45%-60% dari kebutuhan kalori harian. Tetapi, umumnya masyarakat Indonesia mengonsumsi karbohidrat sebanyak 70%-80% dari total kebutuhan kalori.

Konsumsi lauk pauk yang berprotein tinggi

Protein bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan tubuh, menyembuhkan luka, membantu regenerasi sel, menghasilkan enzim dan hormon untuk metabolisme tubuh, dan sebagai sumber energi. Karena itu konsumsilah lauk pauk yang memiliki protein tinggi.

Makan sayur dan buah-buahan
Vitamin dan mineral berguna untuk mengatur dan mendukung semua proses dalam tubuh, seperti pembentukan energi atau ketika sedang berpikir. Vitamin dan mineral pun diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Anda bisa menemukan banyak kandungan vitamin dan mineral pada sayur-sayuran dan buah-buahan.

Batasi asupan lemak, minyak, dan gula dalam tubuh

Lemak adalah bahan makanan yang bermanfaat sebagai cadangan energi untuk melindungi organ tubuh. Lemak pun terdiri dari lemak baik dan lemak jahat. Lemak baik merupakan lemak tidak jenuh (unsaturated fat) yang ada pada kacang-kacangan, ikan salmon, dan alpukat.

Kandungan asam omega 3 dalam lemak tidak jenuh akan memelihara kesehatan jantung. Sedangkan lemak jahat merupakan lemak jenuh (saturated fat) dan lemak trans (trans fat) yang bisa ditemukan pada daging, jeroan, dan makanan yang digoreng. Lemak jahat bisa meningkatkan kadar kolesterol total dan low-density lipoprotein (LDL) dalam darah.

Karena itu Anda perlu menjaga asupan lemak yang seimbang untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, suhu tubuh, melarutkan vitamin, serta membantu metabolisme tubuh.

Minum air putih yang cukup

Setiap orang mempunyai kebutuhan cairan yang berbeda-beda. Di mana orang dewasa disarankan mengonsumsi air putih sebanyak delapan gelas ukuran 230ml per hari, atau 2 liter secara keseluruhan.

Author: Anis Khoir

Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagi melalui blog ini. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi email : bunhaz@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *