MENGENAL CARA KERJA DAN FUNGSI ABS

By | Januari 9, 2023

Teknologi pengereman baru Anti-lock Braking System (ABS) pada sepeda motor konon mampu meredam kecelakaan sepeda motor sampai 27%. Sepeda motor keluaran terbaru, seperti Suzuki GSX-R150 atau Suzuki Gixxer SF250 juga telah dilengkapi fitur ABS ini.

Sebenarnya apa fungsi ABS itu sendiri. ABS atau rem ABS merupakan sebuah fitur keselamatan yang berperan untuk untuk mencegah roda mengunci saat mengerem mendadak sehingga mencegah motor tergelincir saat melewati jalanan licin maupun jalanan basah. Rem ABS juga bisa mengurangi risiko terjadinya selip pada ban karena akan cara kerjanya yang akan yang mampu melakukan pengereman secara bertahap dan cepat sehingga ban tidak terkunci dan tidak terjadi selip.

Dengan fitur ini, berkendara jadi semakin aman dan nyaman terutama bagi mereka yang sering melibas jalanan meskipun di tengah hujan.

Cara kerja rem ABS

Fitur ABS dilengkapi sensor canggih yang berguna untuk mendeteksi roda mengunci, sensor ini bekerja secara otomatis akan mengirimkan sinyal ke modulator. Sinyal ini akan memerintahkan piston rem untuk mengendurkan tekanan minyak rem yang berasal dari kaliper.

Saat penguncian roda berkurang, tekanan yang ada pada piston rem akan kembali ditingkatkan agar normal kembali. Minyak rem (fluida) akan mengalir dengan cepat kira-kira dalam waktu 15-50 kali per detik. Dengan kinerja ini, roda tidak akan mengunci saat melakukan rem mendadak.

Kelebihan dan kekurangan ABS

Sebagai sebuah fitur, tentunya rem ABS tak hanya memiliki keunggulan tapi juga kekurangan di baliknya. Hal ini bisa Anda pelajari sejauh mana pentingnya fitur ini terutama Anda yang berniat untuk beli mobil baru.

Kelebihan Rem ABS

  • Sistem rem ABS bisa digunakan dengan optimal di jalanan yang kondisinya rata
  • Lebih aman tanpa harus takut risiko slip ketika terpaksa harus melakukan rem mendadak
  • Kinerja sistem rem ABS lebih cepat dibanding rem biasa
  • Mampu meminimalisir kecelakaan, sehingga berkendara jadi lebih aman

Kekurangan Rem ABS

  • Tidak bisa digunakan dengan optimal saat berada di jalanan yang tidak rata apalagi jalanan yang rusak
  • Muncul bunyi seperti mengeruk apabila sistem rem ABS bekerja di jalanan yang tidak rata

Dari penjabaran di atas, bisa Anda lihat keuntungan sistem rem ABS masih lebih banyak dibanding dengan kekurangannya. Hal ini berarti sistem rem ABS layak jadi fitur yang harus dipertimbangkan saat memilih atau beli mobil baru. Sebab secara garis besar masih lebih banyak keuntungan menggunakan rem ABS ketimbang kerugiannya. Namun sebelum memutuskan membeli mobil dengan sistem rem ABS, perhatikan juga kondisi tempat tinggal Anda apakah jalanan yang ada cukup baik atau masih berkerikil. Pastikan fungsi sistem rem ABS bisa bekerja dengan optimal

Cari tahu sepeda motor keluaran Suzuki yang telah dilengkapi fitur ABS di sini www.suzuki.co.id/motorcycle

Author: Anis Khoir

Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagi melalui blog ini. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi email : bunhaz@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *