5 Tips Jitu dalam Memilih Lokasi Usaha yang Menjanjikan

By | Desember 30, 2022
tips memilih lokasi usaha

Lokasi usaha yang menjanjikan konsultan patendo bisa menjadi salah satu faktor penting untuk mencapai keberhasilan. Perlu diketahui, strategi dalam memilih lokasi usaha harus dipahami, terutama bagi pemula bisnis. Nah, untuk memahami lebih lanjut mengenai cara memiliki lokasi usaha yang strategis, simak ulasan berikut.

Strategi Tepat dalam Memiliki Lokasi Usaha yang Menjanjikan

Perkembangan UMKM saat ini semakin mendorong banyak masyarakat untuk membuka usaha sendiri. Akan tetapi, agar usahanya bisa berjalan dengan baik, maka diperlukan pemilihan lokasi yang tepat. Adapun beberapa strategi jitu yang bisa dilakukan dalam memiliki lokasi usaha, di antaranya:

Sesuaikan dengan budget

Langkah pertama dalam memilih lokasi suatu bisnis adalah menentukan budget atau dana yang dimiliki. Tak hanya biaya sewa, pastikan juga untuk menyiapkan dana lebih guna mengurus berbagai surat perizinan yang diperlukan. Pertimbangkan pula kemungkinan memberi deposit bila lokasi usaha dalam bentuk sewa.

Perlu diketahui, dana atau budget usaha yang dimiliki akan berpengaruh terhadap kualitas pilihan lokasi usaha. Semakin banyak uang dipersiapkan, maka akan semakin tinggi juga kesempatan untuk mendapatkan tempat dengan lokasi strategis.

Tentukan target pasar

Setelah menentukan budget, jangan lupa untuk mencari tahu target pasar dari produk atau bisnis yang ingin dibangun. Hal ini tentu sangat penting karena dapat membantu dalam mempersempit pilihan lokasi bisnis.

Misalnya, jika berencana untuk membuka toko kebutuhan sekolah yang menjual aneka produk dengan harga murah, maka carilah lokasi usaha dekat sekolah atau kampus. Cara ini terbukti mampu membuat bisnis berkembang dengan cepat dan tepat.

Lihat akses transportasi

Dalam memilih lokasi bisnis, pastikan untuk melihat akses transportasinya terlebih dahulu. Memilih lokasi usaha yang dapat dengan mudah diakses oleh transportasi umum akan meningkatkan minat dari konsumen untuk berkunjung.

Ketersediaan lahan parkir

Selain akses transportasi, strategi jitu dalam memilih lokasi usaha juga ditentukan dari ketersediaan lahan parkir. Pilihlah lokasi usaha yang memiliki lahan parkir agar dapat membuat konsumen mempertimbangkan untuk berkunjung dibandingkan datang ke bisnis lain tanpa tempat parkir.

Cari tahu kompetitor di lokasi usaha

Selanjutnya, ketika memilih lokasi usaha, perhatikan pula keberadaan kompetitor di sekitar. Jika baru memulai suatu usaha, dianjurkan untuk memilih lokasi dengan tingkat persaingan yang rendah.

Ada baiknya untuk menghindari berada satu lokasi dengan kompetitor yang sudah memiliki nama cukup besar. Langkah alternatif yang dapat dilakukan, yakni memilih lokasi di sebelah bisnis lain dengan jenis produk berbeda.

Bagaimana Langkah Mengurus Perizinan Lokasi Usaha?

Ketika sudah menemukan tempat yang cocok, jangan lupa untuk memperhatikan cara mengurus perizinan lokasi usaha. Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP sendiri adalah izin operasional bagi perusahaan atau badan yang melakukan usaha di bidang perdagangan di mana memiliki masa berlaku 5 tahun.

Cara mengurus perizinan lokasi usaha pun cukup mudah, yakni dengan menyiapkan dokumen. Beberapa dokumen yang dibutuhkan, seperti fotokopi identitas diri atau KTP, fotokopi kartu keluarga 3 lembar, fotokopi NPWP 3 lembar, serta surat perjanjian sewa-menyewa tanah.
Selain itu, ada dokumen penting lain yang perlu dipersiapkan, yakni fotokopi KTP pemilik tanah, pasfoto berwarna 3×4 sebanyak dua lembar, dan surat pernyataan bersedia mengurus IMB dalam jangka waktu satu tahun.

Kesimpulan

Demikian informasi terkait strategi jitu dalam memilih lokasi usaha yang menjanjikan beserta cara mengurus perizinan lokasinya. Jika ingin bisnis dapat berjalan dengan baik dan lancar, pastikan untuk menentukan lokasi yang tepat

Author: Anis Khoir

Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagi melalui blog ini. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi email : bunhaz@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *