Sumber Penghasilan Blog Terbaru yang Bisa Anda Coba

By | Desember 18, 2022

Berbicara tentang blog saat ini bukan sekedar platform untuk menulis saja tetapi juga sebagai sumber penghasilan. Memang blog sendiri jika dikelola secara serius akan mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah yang tidak sedikit. Beberapa blogger telah membuktikan jika blog bisa menjadi sumber penghasilan utama.

Sebagai blogger yang aktif menulis sekitar 10 tahun lalu, saya sendiri tidak menyangka jika kegiatan yang awalnya hobi ini bisa menghasilkan uang.
Maka ketika mengetahui jika blog menghasilkan secara materi saya pun berusaha memaksimalkan kinerja blog yang saya punya. Saya sadar blog yang menghasilkan cuan tentu bukan yang sembarangan. Minimal harus profesional sehingga meyakinkan siapa saja jika sang blogger serius mengelolanya.

Syarat blog menghasilkan cuan

Setiap orang punya parameter tersendiri terhadap blog yang dimiliki. Ada yang sekedar untuk berbagi tanpa mempertimbangkan secara materi itu sah-sah saja. Bagi saya, motivasi menulis blog selain sebagai sarana berbagi juga harus bisa menghidupi dirinya sendiri. Artinya minimal blog tersebut bisa menghasilkan sehingga bisa untuk sewa domain, bayar kuota internet serta beli jajan untuk teman menulis.

Untuk bisa menjadi blog yang menghasilkan, bagi saya setidaknya blog tersebut harus :

Blog TLD

TLD atau top level domain yaitu domain berbayar. Biasanya per tahun harus memperpanjang sewa nama blog agar bisa terus dipakai

Memiliki trafik yang mumpuni

Agar blog mampu mendapatkan penghasilan blog harus menunjukkan ada trafik atau pengunjung. Bisa secara organik dari hasil pencarian di mesin pencarian atau bisa juga melalui sharing ke media sosial.

Rutin update

Salah satu cara agar blog menarik perhatian dan berkualitas yaitu rutin update. Blog secara berkala selalu posting tulisan juga menunjukkan terawat serta pemiliknya benar- benar mengelolanya serta tidak menjadikan sarang laba-laba.

Memiliki nilai authority yang tinggi

Untuk menghasilkan cuan dari blog biasanya dilakukan dengan kerjasama dengan pihak lainnya. Beberapa kerjasama ada yang mengisyaratkan untuk memiliki authority blog yang tinggi.

Cara mendapatkan penghasilan dari blog terbaru

Jika sudah memiliki blog yang berkualitas baik itu konten, banyaknya pengunjung hingga nilai otoritas blog lumayan maka bisa mencoba berbagai cara mendapatkan penghasilan dari blog antara lain:

Iklan AdSense

Bisa dibilang iklan adSense ini menjadi cara terpopuler memperoleh penghasilan dari blog. Nyatanya saat ini tidak mudah bisa mendapatkan cuan dari adSense. Selain blog harus memiliki traffic yang tinggi juga nilai cpc dari google pun cukup kecil sehingga bagi pemula cukup lamaa untuk bisa merasakan cuan dari iklan adSense.

Job review

Bagi Anda yang sulit merasakan cuan dari AdSense tidak ada salahnya mencoba job review sebagai cara mendapatkan penghasilan dari blog. Apalagi saat ini banyaak brand ingin mendapatkan ulasan positif produknya di internet bisa bekerja sama dengan blogger.

Jual backlink

Salah satu penentu blog atau website bisa berada di atas atau halaman pertama mesin pencarian seperti Google yaitu mendapatkan backlink yang berkualitas. Untuk mendapatkan backlink tersebut biasanya website untuk bisnis atau berita membeli backlink dari para blogger. Caranya dengan kerjasamaa penempatan konten yang membahas suatu hal yang berkaitan dengan isi website yang akan diberi backlink serta menganddung backlink yang diarahkan ke website si pembeli jasa backlink berkualitas.

Afiliasi

Jika sudah memiliki blog dengan traffic tinggi dan berkualitas bahkan dikenal banyak orang bisa mencoba penghasilan blog dengan cara afiliasi. Cara ini biasanya si pemilik blog akan mendapatkan penghasilan jika apa yang terjual melalui blognya. SEmakin banayak traffic yang dimiliki blog, maka kemungkinan mendapatkan penghasilan juga semakin besar.

Reseller domain

Yang namanya blogger mesti berhubungan dengan domain dan juga hosting. Domain sendiri jadi kebutuhan yang harus dipenuhi oleh blogger agar tetap eksis. Sesuai prinsip ekonomi kebutuhan bisa juga diubah menjadi sumber penghasilan. Caranya selain menjadi pembeli domain, blogger bisa jadi penjual atau menyediakan domain bagi blogger lain yang membutuhkan. Dengan kata laian blogger bisa mendapatkan penghasilan dengan menjadi reseller domain.

Keuntungan menjadi reseller domain

Saat menjadi reseller domain akan banyak keuntungan yang didapat antara lain

Mendapatkan harga lebih murah

Sebagai reseller tentu saja akan mendapatkan harga lebih murah dari yang berlaku di pasaran. Selanjutnya bisa menjual kembali domain dengan harga sesuai yang diinginkan namun jangan terlalu mahal sehingga bisa bersaing di pasaran.

Fleksibel

Menjadi reseller domain sistem kerjanya sama dengan bisnis online lainnya yaitu bisa dikerjakan di mana saja dan kapan saja tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama. Jadi bisa dibilang sebagai pekerjaan sampingan yang menguntungkan

Pasive income

Sistem sewa domain memaksa pemiliknya membayar tiap tahunnya jika nama domain tersebut ingin digunakan terus menerus. Jadi bagi yang sudah berlangganan pada anda tentunya di tahun kemudian harus memperpanjang sewa domain tersebut. Hal itu bisa juga menjadi pasif income Anda tanpa harus promosi atau mencari pelanggan baru lagi

Bagaimana anda tertarik menjadi reseller domain? Jika iya bisa daftar menjadi reseller RNA. Di RNA memberi kesempatan bagi perorangan maupun perusahaan yang ingin gabung dengan program reseller RNA.

Di RNA sendiri saat ini khusus menyediakan reseller domain Indonesia terbaik. Untuk menjadi reseller caranya sangat mudah yaitu cukup melakukan pendaftaran dengan melengkapi dokumen yang dibutuhkan kemudian melakukan deposit sebesar Rp. 300.000,- yang selanjutnya bisa untuk digunakan membeli domain.

Sama dengan di penyedia domain lainnya, bagi yang ingin melindungi data diri pemilik blog bisa juga membeli layanan whois domain RNA. Jadi, dengan layanan ini data penting pemilik blog akan disembunyikan oleh provider sehingga tida dapat dilihat oleh orang lain.

Kesimpulan

Setiap oraang punya tujuan masisng- masisng saat membuat blog. Bagi yang menginginkan penghasilan dari blog bisa mencoba berbagai cara diatas termasuk menjadi reseller domain.

Author: Anis Khoir

Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagi melalui blog ini. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi email : bunhaz@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *