Pengertian Kulit Kombinasi dan Cara Merawatnya

By | Desember 12, 2022

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda ada yang berkulit berminyak, kulit kering, kulit normal juga kulit kombinasi. Untuk jenis kulit yang terakhir ini memang masih jarang orang mengenalnya padahal kulit kombinasi ini perlu perawatan khusus.

Pengertian kulit kombinasi

Kulit kombinasi adalah gabungan antara kulit kering dan juga kulit berminyak. Kulit kombinasi ini umumnya terdapat pada dahi hidung dan dagu di mana pada bagian itu akan terasa berminyak sedangkan pada area lain seperti pipi atau bawah mata terlihat lebih tidak mengherankan karena kulit kombinasi ini beberapa orang terlihat lebih tua karena mengalami keriput, jerawat hingga komedo.

Selain masalah pada kulit kulit kombinasi biasanya menyebabkan kulit menjadi iritasi apabila seseorang hanya melakukan perawatan pada satu jenis kulit tertentu misalnya hanya pada kulit kering saja. Agar masalah tersebut tidak terjadi memang memiliki kulit kombinasi ini harus pintar-pintar mengetahui produk perawatan kulit yang sesuai dengan kondisi kulitnya

Ciri-ciri kulit kombinasi

Agar anda tidak bingung bagaimana sih ciri-ciri kulit kombinasi itu sehingga bisa tepat melakukan perawatan maka perlu Anda simak uraian berikut:

  1. Memiliki pori-pori kulit cukup besar
  2. Pada wanita ketika haid kulit cenderung lebih berminyak
  3. Sedangkan setelah haid kulit akan terasa kering
  4. Pada zonasi wajah yaitu dahi hidung dan dagu lebih berminyak dari bagian wajah lainnya

Cara merawat kulit kombinasi dengan tepat

Merawat kulit kombinasi berbeda dengan perawatan jenis kulit pada umumnya intinya harus menyeimbangkan antara kulit kering dan juga kulit berminyak. Berikut ini cara merawat kulit kombinasi yang bisa dicoba antara lain:

Membersihkan wajah secara rutin

Jenis kulit apapun perawatan yang paling penting yaitu rutin membersihkan wajah. Selanjutnya gunakan pembersih wajah yang kandungannya ringan dan lembut. Jika perlu Anda bisa menggunakan pembersih wajah khusus untuk kulit kombinasi sedangkan untuk mencuci wajah sendiri disarankan paling sedikit dua kali yaitu pagi dan malam hari agar hasilnya bersih maksimal setelah membersihkan dengan sabun cuci muka bisa dengan membilasnya dengan air hangat lalu mengeringkan dengan dengan handuk yang lembut secara perlahan.

Gunakan toner

Banyak yang beranggapan toner hanya berfungsi untuk membersihkan sisa-sisa susu pembersih atau kotoran yang masih menempel ketika dicuci dengan sabun pencuci wajah padahal fungsi toner lainnya yaitu sebagai penyeimbang wajah sebelum mendapat perawatan produk lainnya. Agar hasilnya maksimal bisa menggunakan toner yang mengandung antioksidan yang berfungsi menjaga elastisitas kulit.

Untuk cara menggunakan tonernya sama dengan lainnya bisa dengan menggunakan kapas atau langsung menuangkan pada telapak tangan kemudian oleskan pada wajah sambil ditepuk-tepuk secara ringan agar meresap ke dalam kulit.

Gunakan pelembab

Bagi kulit berminyak khususnya biasanya menghindari penggunaan pelembab karena menambah kadar minyak di wajah. Pada kulit kombinasi penggunaan pelembab cukup penting tapi gunakan pelembab yang bebas minyak

Gunakan sunscreen

Sama dengan jenis kulit lainnya penggunaan sunscreen sangat penting apabila berada di luar ruangan yang perlu jadi catatan ketika memiliki kulit kombinasi gunakan sunscreen yang tanpa minyak sehingga tidak menambah produksi minyak serta memperbesar pori-pori yang ada di wajah.

Gunakan clay mask

Saat ini sedang tren penggunaan clay mask yaitu masker yang terbuat dari tanah liat yang mengandung mineral mineral yang dibutuhkan oleh kulit seperti magnesium zat besi dan lainnya fungsi klaimers ini bisa menyerap produksi minyak yang berlebih serta mengecilkan pori-pori pada wajah.

Kesimpulan

Sebelum melakukan perawatan pada kulit sebaiknya mengetahui dahulu jenis kulit yang dimiliki.  Ketika memiliki kulit kombinasi dari ciri-ciri yang dimiliki, selanjutnya perlu melakukan perawatan sesuai dengan kulitnya. Hal tersebut perlu dilakukan agar hasil perawatan bisa maksimal.

 

Author: Anis Khoir

Hai saya Anis Khoir Seorang blogger yang suka berbagi melalui blog ini. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi email : bunhaz@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *